Home » Informasi » 15 Agrowisata Terbaik Di Indonesia yang Patut Dikunjungi

15 Agrowisata Terbaik Di Indonesia yang Patut Dikunjungi

Berbicara tentang wisata, kita tentu sudah tidak asing lagi. Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa wisata hanya tentang menghabiskan masa liburan bersama keluarga entah itu ke pantai, ke pegunungan, dan lain sebagainya. Namun tahukah anda jika tempat wisata sudah semakin berkembang yang mana bukan hanya berlibur tetapi dapat melihat langsung kegiatan bercocok tanam oleh para petani.

Tempat wisata yang dimaksud pada pernyataan diatas adalah agrowisata yang dimana saat melakukan kegiatan liburan akan melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait. Dalam kegiatan agrowisata juga biasanya tidak lepas dari pemanfaatan pupuk bioneensis atau pupuk hayati yang dirasa lebih aman untuk kesehatan tanah dan tanaman.

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tempat agrowisata terbaik untuk dikunjungi. Anda jangan khawatir karena kegiatan wisata ini lebih menyenangkan dan dapat bermain langsung dengan alam serta akan diajarkan berbagai proses pemanfaatan kekayaan hayati dan pembuatan pupuk kompos untuk merawat kembali tanaman yang telah dimanfaatkan tadi.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tempat agrowisata terbaik yang dapat anda kunjungi saat liburan telah tiba

1. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Kopeng gunung sari merupakan tempat agrowisata yang terdiri dari taman bunga dan kebun jambu yang dapat anda petik secara langsung saat sedang berlibur. Yang unik dari tempat ini adalah selain menikmati kebun bunga, anda juga disuguhkan dengan panorama gunung merbabu yang menakjubkan. Alamat tempat ini sendiri berada di Jl. Umbul Songo, Kopeng, Getasan, Semarang.

1. Agrowisata Kopeng Gunungsari, Sumber: Instagram/@suikalova
Agrowisata Kopeng Gunungsari, Sumber: Instagram/@suikalova

2. Agrowisata Bhumi Merapi

Bhumi merapi merupakan tempat pariwisata yang menyediakan kegiatan outbound and survival, dan yang paling menarik disuguhkan dengan panorama gunung merapi yang sangat menakjubkan. Alamat tempat ini sendiri berada di Jl. Kaliurang, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3. Kusuma Agrowisata Batu

Agrowisata Batu Malang merupakan tempat yang menyuguhkan berbagai jenis kebun buah dan bunga dengan luas lahan sekitar 70 hektar. Selain itu juga tempat ini menyediakan permainan airsoft gun, flying fox, paintball combat, dan sekalian dapat mengendarai ATV. Alamat agrowisata ini sendiri berada di Jl. Abdul Gani, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

4. Mekarsari

Agrowisata mekarsari merupakan tempat yang menjadi favorit banyak orang di jabodetabek, alasannya karena bukan hanya melihat tumbuhan tetapi juga disediakan tempat bermain seperti banana boat, floating doughnut, water bike, dan sekaligus mengendarai ATV yang tentu tidak akan membosankan. Alamat tempat ini sendiri berada di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

5. Vin’s Berry Park

Merupakan kebun buah berry seluas 2 hektar dan ditumbuh sekitar 60 ribuan pohon meliputi strawberry, raspberry, dan blackberry. Alamatnya sendiri berada di Jl. Kolonel Masturi No.577, Jambudipa, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

6. Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai

Agrowisata taman anggrek merupakan salah satu tempat wisata yang cocok buat anda pecinta tanaman anggrek. Warna warni dan berbagai jenis bunga anggrek dapat anda temui di tempat ini. Untuk alamatnya sendiri berada di Jl. Taman Mini Indonesia Indah No.I, RT.4/RW.2, Pinang Ranti, Kec. Cipayung, Jakarta Timur.

Taman Anggrek Indonesia Permai, Sumber: Instagram/@nurorchid27
Taman Anggrek Indonesia Permai, Sumber: Instagram/@nurorchid27

7. Agrowisata Kebun Strawberry Lembang

Bagi anda pecinta tanaman strawberry, mungkin tempat ini cocok bagi anda. Deretan tanamannya yang terlihat cantik dan dengan buahnya yang kemerahan membuat siapapun akan terpesona saat melihatnya.

8. Bagus Agro Pelaga

Tempat agrowisata agro pelaga bali mengusung tema jejeran kebun sayur, buah, dan bunga dengan pesona yang indah sekaligus dapat menghirup udara segarnya. Untuk alamatnya berada di Jl. Raya Pura Pucak Mangu, Pelaga, Petang, Kabupaten Badung, Bali

9. Agrowisata Kebun Teh Rancabali

Tempat wisata kebun teh ranca yang satu ini merupakan salah satu primadona yang berada di dataran tinggi tepat di bawah kaki gunung patuha. Suasana sejuk dapat anda nikmati di tempat ini dan akan membuat betah. Alamatnya sendiri berada di Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

10. Merapi Farma Herbal Wisata Agro

Tempat agrowisata ini adalah salah satu destinasi yang memperlihatkan proses penanaman tanaman herbal untuk jamu tradisional. Yang membuatnya menarik adalah tempat ini juga disuguhkan dengan pemandangan indah dan sejuk. Untuk alamatnya berada di Jl. Kaliurang No.21 km.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

11. Narmada Botanic Garden

Narmada botani garden adalah salah satu tempat agrowisata yang sedang populer di kota lombok. Tempat ini menyuguhkan pemandangan indah berupa aneka warna bunga serta kebun buah yang dapat dipetik secara langsung. Selain itu juga spot foto sangat banyak ditempat ini dan tentu sangat instagramable. Untuk alamatnya sendiri berada di Jl. Wirabakti, Gandari, Lembuak, Narmada, Lombok Barat.

Narmada Botani Garden, Sumber: Instagram/@antiiiiiik__
Narmada Botani Garden, Sumber: Instagram/@antiiiiiik__

12. Agrowisata Sondokoro

Merupakan tempat agrowisata unik yang mengusung tema tempo dulu. Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga anda karena banyak yang dapat dinikmati. Alamatnya sendiri berada di Jl Mangkunegara Bojonegara, Ngelande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

13. Agrowisata Kebun Naga

Merupakan tempat yang menyuguhkan kebun buah naga yang terlihat indah dan menyejukkan. Alamatnya sendiri berada di Jl. Raya Bululawang, Sidomulyo, Wandanpuro, Kec. Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

14. Agrowisata Taman Turi

Merupakan tempat yang menyuguhkan pemandangan kebun salak yang rasanya sangat manis. Selain itu anda dapat melihat 17 jenis tanaman salak yang sekaligus dapat anda petik dan rasakan langsung ditempat. Alamatnya sendiri berad di Gadung, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

15. Agrowisata petik kurma

Merupakan tempat wisata yang berusaha tampil beda dengan tempat agrowisata lainnya. Alasannya karena tempat agrowisata Petik Kurma Pasuruan mencoba memberikan pengalaman memetik buah yang benar-benar atraktif dan unik. Untuk alamatnya berada di Karanglo, Sukorejo, Kec. Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur.

Itulah beberapa tempat agrowisata terbaik di Indonesia yang wajib anda kunjungi. Semoga informasi yang kami ulas diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment