Home » Air Terjun » Mengenal Jenis Air Terjun di Indonesia!

Mengenal Jenis Air Terjun di Indonesia!

Air terjun di Indonesia adalah kenampakan alam menakjubkan dan sangat indah untuk dilihat. Hal ini menyebabkan air terjun menjadi tempat wisata yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang mengunjungi air terjun untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Air terjun adalah fenomena kenampakan alam yang terbentuk dari formasi geologi akibat arus air yang terus-menerus mengalir melalui bebatuan yang mengalami erosi sehingga, air jatuh ke bawah. Dinamakan air terjun karena air seolah-olah “terjun” dari ketinggian menuju ke badan air dibawah. 

Cocok untuk Berlibur dan Self-Healing

Karena keindahannya yang sangat menakjubkan, air terjun kerap menjadi tempat favorit untuk dikunjungi oleh masyarakat Indonesia ketika sedang berlibur baik secara pribadi atau dengan keluarga tercinta. Selain bisa menikmati keindahan air terjun, beberapa wisata air terjun di Indonesia juga memperbolehkan bagi pengunjung untuk beraktivitas seperti berenang di bawah air terjun.

air terjun di indonesia
Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sangat menakjubkan. Sumber: Advontura.com

Ketika anda sedang suntuk dan lelah dari bekerja sehari-hari dan tengah mencari tempat untuk self-healing, istirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari, air terjun juga bisa menjadi opsi. Selain indah di mata, suara air terjun dan hawa sejuk ketika berada didekatnya mampu memberikan efek relaksasi terhadap pikiran yang lelah. Apalagi jika air terjun yang anda kunjungi memiliki rumah tropis.

Terutama jika anda bekerja di perusahaan besar di kota besar seperti Jakarta. Namun, biasanya yang menjadi kendala dalam berlibur ke tempat wisata air terjun adalah transportasinya. Air terjun biasanya terletak pada wilayah yang tertutup dengan jalur yang sulit dilalui. Tapi, jika anda tidak ingin repot, anda bisa menyewa kendaraan seperti di sewa elf Jakarta.

Adanya pelonggaran aktivitas masyarakat oleh pemerintah, menambah angin sejuk bagi masyarakat yang ingin bepergian berwisata seperti ke air terjun. Hampir dua tahun mendekam di dalam rumah akibat pandemi akhirnya masyarakat dapat kembali berwisata. Tentunya dengan membawa tips-tips bepergian aman di masa pandemi masing-masing.

Apa Jenis-Jenis Air Terjun di Indonesia?

Tahukah anda jika air terjun ternyata memiliki bermacam-macam jenis? Air terjun memiliki beberapa jenis dilihat dari formasi geologis dan geografisnya. Apa saja jenis-jenis air terjun yang ada di Indonesia? Simak ulasannya dibawah ini!

Air Terjun Jenis Plunge

Air terjun jenis ini terkenal dengan ketinggian air terjun yang sangat tinggi dan mengagumkan. Ketinggian air terjun jenis plunge merupakan ciri khasnya. Selain itu, ciri khas lain dari air terjun berjenis plunge adalah badan air terjun yang tidak menyentuh batuan atau tebing ketika aliran air mengalir ke bawah. Inilah asal dari penamaan jenis air terjun ini plunge yang berarti terjun langsung ke air di bawah.

air terjun
Air Terjun menakjubkan bernama Luhur Cibinong berlokasi di Cianjur, Jawa Barat. Sumber: gotravelly.com

Air Terjun Luhur Cibinong yang berada di Cianjur Selatan, Jawa Barat termasuk pada jenis air terjun jenis plunge. Seperti yang sudah dijelaskan, air terjun ini langsung mengalir ke bawah tanpa menyentuh tebing seperti air terjun jenis lain. Hal ini membuat Air Terjun Luhur Cibinong terlihat memiliki aliran air yang sangat deras.

Walaupun lokasi air terjun kebanggaan Cianjur Selatan ini sedikit tersembunyi, harga tiket masuk menuju pesona alam yang indah ini sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket parkir dan infaq atau sedekah seikhlasnya. Perjuangan anda pada perjalanan tentu akan terbayar puas ketika anda melihat air terjun ini.

Air Terjun Jenis Tiered

Air terjun jenis tiered adalah air terjun yang biasanya memiliki ketinggian tidak terlalu tinggi. Dibandingkan jenis plunge, air terjun jenis tiered memiliki ketinggian yang lebih rendah. Namun, air terjun tiered memiliki bentuk yang melebar bukan meninggi. Sehingga, air terjun jenis tiered dan jenis plunge dapat dibedakan dengan jelas hanya dari melihatnya.

air terjun
Air Terjun Kanto Lampo di Bali memiliki beberapa “tingkatan”. Sumber: ayobali.net

Sesuai dengan namanya, air terjun jenis ini memiliki beberapa tier atau tingkatan/jenjang. Air terjun ini biasanya memiliki satu sampai empat jenjang vertikal dimana air mengalir dari jenjang di atas ke jenjang yang berada di bawahnya sampai jenjang terakhir. Mata anda akan dimanjakan dengan pesona alam yang sangat lebar dan indah.

Air Terjun Kanto Lampo di Provinsi Bali termasuk pada jenis ini. Uniknya, untuk ukuran air terjun tiered atau berjenjang, Air Terjun Kanto Lampo memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Air terjun di Bali ini memiliki hawa yang sejuk dan menenangkan karena air terjun ini dikelilingi tanaman-tanaman tinggi sehingga, sedikit cahaya matahari yang bisa masuk.

Tidak seperti Air Terjun Luhur Cibinong, air terjun yang berlokasi di Desa Beng ini relatif mudah untuk diakses. Harga tiket yang ditawarkan juga sangat murah yaitu hanya lima ribu rupiah saja per orang. Namun, pemandangan yang ditawarkan Air Terjun Kanto Lampo sangatlah berharga.

Air Terjun Jenis Segmented

Air terjunjenis segmented adalah air yang berasal dari air terjun yang terbagi menjadi dua atau lebih segmen atau aliran. Alasan mengapa air terjun ini dipecah menjadi dua atau lebih segmen/aliran yang berbeda adalah karena adanya formasi batuan pengganggu yang mungkin berada di tengah aliran air tepat sebelum air mulai jatuh kebawah. Hal ini membuat seolah-olah ada dua air terjun.

Untuk ukuran dan volume dari air terjun jenis ini sendiri sangat beragam dan bervariasi karena yang membedakannya dari jenis lain hanyalah dari bentuknya yang tersegmentasi saja. Keindahan dari air terjun jenis segmented juga tak kalah dari jenis-jenis lain.

air terjun
Air Terjun Cikaso memiliki dua aliran atau segmen berbeda. Sumber: nativeindonesia.com

Indonesia ternyata juga memiliki air terjun yang termasuk jenis segmented ini. Air terjun ini terletak di pedalaman Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Cikaso atau Curug Cikaso. Air Terjun Cikaso memiliki aliran air yang terpisah menjadi dua. Membuatnya seolah-olah ada dua air terjun dalam satu lokasi.

Harga tiket masuk ke Curug Cikaso terbilang cukup murah. Anda hanya perlu membayar tiket parkir dan tiket masuk dengan total biaya 15.000-20.000 rupiah saja. Dengan biaya yang sangat murah anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan air terjun “kembar” ini.

Jadi, air terjun jenis apa yang paling anda sukai dan ingin segera anda kunjungi? Selain air terjun, jika anda tengah mencari tempat wisata yang menenangkan, anda bisa cek wisata kebun teh di Indonesia yang sedang viral!

Leave a Comment