Home » Informasi » Amazing Jatim Park yang Patut Dikunjungi

Amazing Jatim Park yang Patut Dikunjungi

Destinasi Wisata Kebun atau Taman di Pulau Jawa cukup banyak, saking banyaknya mungkin tidak bisa dihitung dengan jari jumlahnya. Salah satunya yang terkenal di mata wisatawan Nasional adalah Kebun Raya Cibodas yang berlokasi di Cibodas, Jawa Barat. Selain di Jawa Barat, ada juga di Jawa Timur tepatnya di Malang, mendengar nama Malang tentu sudah tidak asing lagi bagi Kita. Daerah yang terkenal dengan ikon apel malangnya ini patut dikunjungi jika anda berkunjung ke Jawa Timur.

Berbagai Destinasi Wisata di Malang yang dapat Anda kunjungi, salah satunya Jatim Park yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Terletak sekitar 20 km barat Kota Malang, objek wisata ini terbagi menjadi 3 tempat, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Lalu, destinasi wisata menarik apa yang ada di ketiga objek wisata tersebut? Berikut sedikit ulasannya dari gotripina.com.

Jatim Park 1

Jatim Park 1, Sumber IG @wisata_oke
Pesona Keindahan Jatim Park 1, Sumber IG @wisata_oke

Jatim Park 1 merupakan objek wisata pertama yang didirikan oleh Jawa Timur Park Group. Terletak di jalan Kartika, No. 2, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang. Jatim Park 1 buka sekitar jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Pada tahun 2013 Jatim Park 1 memenangkan juara 1 kategori wisata buatan berskala besar tingkat Nasional yang diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif waktu itu, Ibu Mari Elka Pangestu.

Ada berbagai wahana menarik yang dapat anda coba, seperti spinning coaster, drop zone, bombom car, halilintar, rumah hantu, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang membawa putera dan puteri, Anda dapat menambah wawasan mereka dengan mengunjungi galeri nusantara, dimana terdapat replika bangunan / rumah adat berbagai daerah. Selain itu ada juga taman reptil, taman burung, aquarium raksasa dengan berbagai macam spesies biota bawah lautnya. 

Jatim Park 1 menyediakan fasilitas seperti Shuttle Car & Dotto Train, Pasar Wisata, Pasar Bunga, Pasar Buah, dan juga soket pengisian baterai gratis. Anda juga dapat mencoba untuk memetik apel batu malang di objek wisata ini.  Bagi anda yang ingin berkunjung ke Jatim Park 1, Anda hanya perlu  membayar tiket sebesar Rp 70.000 pada weekday dan Rp 100.000 pada weekend.

Jatim Park 2

Jatim Park 2, Sumber IG @febrika_puntha
Pesona Keindahan Jatim Park 2, Sumber IG @febrika_puntha

Bagian selanjutnya dari Jatim Park adalah Jatim Park 2. Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 mengusung konsep yang dekat dengan alam. Di sini ada 3 area yang dapat dikunjungi, yaitu Museum Satwa, Secret Zoo, dan Pohon Inn Hotel. Ada banyak jenis hewan yang dapat Anda lihat di area Secret Zoo, seperti gajah sumatera, singa, macan, kera, reptil, badak, zebra, jerapah, dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mengambil foto dengan bayi hewan yang lucu dan jinak di Zona Baby Zoo. Untuk melihat aneka spesies biota laut, Anda dapat mengunjungi Zona Aquarium. Untuk melihat para reptil Anda dapat mengunjungi Zona Reptile Garden.

Jatim Park 2 terletak di Jalan Oro Oro Ombo, No. 9, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu.  Jatim Park 2 buka mulai jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap, seperti food court, cafe, mushola, toilet, tempat parkir yang cukup luas dan juga ada tempat penyewaan E-bike. Untuk anda yang ingin berkunjung ke Jatim Park 2, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 85.000 pada weekday dan sebesar Rp 120.000 pada weekend.

Jatim Park 3

Jatim Park 3, Sumber IG @desimegasari
Pesona Keindahan Jatim Park 3, Sumber IG @desimegasari

Jatim Park 3 juga dikenal sebagai Dino Park karena mengusung kehidupan hewan purbakala, khususnya dinosaurus. Jatim Park 3 terletak di Jalan Ir. Soekarno, No. 144, Kelurahan Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Ada 4 zona yang dapat Anda kunjungi, yaitu Museum Dino, 5 Zaman, The Rimba, dan Live with Dino. Selain 4 zona tadi, Anda juga dapat mengunjungi wahana Jembatan Akar, 6D Animasi, Jurrasic Action, Ice Age, dan replika dinosaurus yang dapat bergerak.

Jatim Park 3 juga memiliki Galeri Musik Dunia dan Fun Tech Plaza yang memiliki puluhan permainan dengan teknologi tinggi. Selain itu, Jatim Park 3 juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan mall serta food court yang memiliki sajian masakan mulai dari tradisional, eropa, jajanan ringan sampai minuman segar. 

Berbeda dengan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, Jatim Park 3 buka mulai jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Jika anda ingin mengunjungi Jatim Park 3 Fun Tech, anda dapat membayar tiket sebesar Rp 30.000 pada weekday dan Rp 40.000 pada weekend. Harga tiket untuk Jatim Park 3 Galeri Musik Dunia sebesar Rp 37.500 pada weekday dan Rp 50.000 pada weekend. Sedangkan untuk Dino Park sendiri sebesar Rp 75.000 pada weekday dan Rp 100.000 pada weekend.

Baca Juga Taman Mayura Lombok

Banyaknya pilihan wisata di Jatim Park, tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan bila anda berkunjung ke Malang. Harga yang terjangkau dan banyaknya wahana, tentu akan menjadi pengalaman yang menarik bagi liburan anda. Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan liburan terbaik Anda. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Sekian. Terima kasih.

Leave a Comment