Latihan Mendaki di Bukit Sembalun Lombok

Semakin hari, semakin banyak pula destinasi wisata di Lombok yang dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya Gili Trawangan dan Pantai Pink yang terkenal dengan keindahan wisata baharinya, kini terdapat berbagai tujuan wisata yang menggoda yang dapat dikunjungi ketika sedang berada di Pulau Lombok. Salah satunya adalah Bukit Sembalun Lombok atau disebut pula dengan Bukit Pergasingan. 

Bukit Pergasingan ini mempunyai pesona alam yang menarik. Pemandangan alam yang disajikan mulai dari jalur awal hingga ke puncak bukit sangat beragam. Pada awal pendakian akan disuguhkan pemandangan persawahan yang kotak-kotak, pemukiman penduduk Desa Sembalun yang tenang, landskap perbukitan, hingga Gunung Rinjani yang megah. 

Rute Menuju Ke Bukit Sembalun

Lokasi Bukit Pergasingan ini tidak jauh dari Gunung Rinjani, yaitu di Desa Sembalun, Lombok Timur. Untuk sampai pada lokasi tersebut, dapat dilakukan dengan perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih 2 hingga 3 jam dari Kota Mataram. Kemudian setelah sampai di pintu masuk Bukit Pergasingan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga ke puncak bukit. 

Hal Menarik Yang Ada Di Dalamnya 

Bukit Sembalun Lombok, sumber ig @wiranto_abdurrahman

Bukit Pergasingan Sembalun kini naik ke permukaan sebagai sebuah destinasi wisata alam yang menjadi unggulan bagi para petualang, seperti pecinta alam, pendaki gunung, dan sebagainya. Bukit ini berlokasi di daerah Sembalun yang berada di samping Gunung Rinjani yang merupakan salah satu gunung tujuan utama petualang di Indonesia. 

Ketinggian yang dimiliki oleh bukit ini hampir sama dengan Gunung Andong yang ada di Jawa Tengah yaitu 1670 Mdpl. Biasanya, bukit ini dimanfaatkan oleh para petualang sebagai sebuah pemanasan sebelum melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Selain itu, tempat ini merupakan alternatif pendakian yang dapat dilakukan apabila jalur pendakian Rinjani sedang ditutup. 

Baca juga : Panorama Maha Karya Tuhan, Wisata Gunung Rinjani Lombok

Pendakian yang dilakukan untuk menaklukkan bukit ini tidak sesulit pendakian di gunung. Meskipun demikian, dalam hal melakukan pendakian tetap harus mengutamakan safety prosedur untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Menuju ke puncak bukit, pendakian akan dimudahkan dengan adanya anak tangga, baru kemudian melewati tanah berbatu. Selanjutnya pendaki akan disambut dengan jalur pendakian dengan kemiringan 60 hingga 70 derajat. 

Mendaki Bukit Sembalun, sumber ig @andin.01

Untuk jarak tempuh yang dilakukan pada saat pendakian yaitu sekitar 600 meter karena lokasi Desa Sembalun sendiri sudah berada di ketinggian 1100 Mdpl. Disebabkan oleh mudahnya jalur pendakian yang dilewati, banyak pengunjung yang datang untuk melakukan pendakian dan menikmati pemandangan yang ada. 

Pendaki yang telah berada di puncak bukit dapat mendirikan tenda untuk kemping di lokasi ataupun langsung melakukan perjalanan turun dari bukit tersebut. Pemandangan matahari terbit yang disajikan di tempat ini juga tidak kalah bagus dengan pemandangan di gunung-gunung lainnya. Apalagi dipadukan dengan adanya Gunung Rinjani yang berdiri kokoh di sebelahnya di mana dapat menambah keindahan yang ada. 

Wisata pendakian Bukit Sembalun Lombok ini dikelola oleh pemuda Desa Sembalun yang tergabung dalam Sembalun Development Community Center (SDCC). Hasil dari biaya masuk ke lokasi wisata ini akan digunakan dengan baik dan bijak untuk menjaga dan merawat kelestarian alam yang berada di lingkungan Desa Sembalun. 

Tips Mendaki Di Bukit Sembalun 

Bukit Sembalun Lombok, sumber ig @lomboktourplus

Meskipun pada dasarnya pendakian yang dilakukan merupakan pendakian untuk menakhlukkan bukit, peralatan mendaki yang digunakan harus memadai. Seperti misalnya penggunaan sepatu hiking dan pakaian tebal untuk meminimalisir kecelakaan pendakian yang ada di dalamnya, seperti misalnya kaki terkilir dan sebagainya. Dengan penggunakan alat pendakian yang sesuai dengan prosedur juga akan lebih membuat diri terlindungi. 

Selain itu, untuk pendaki yang ingin menginap di Bukit Sembalun Lombok ini juga harus membawa perlengkapan sesuai dengan yang dibutuhkan seperti tenda, flysheet, dan sebagainya. Di sini juga sudah terdapat porter yang bisa membantu untuk membawakan barang bawaan yang diperlukan. Selain untuk menghemat tenaga, dengan menyewa porter juga membantu masyarakat memperoleh pemasukan tambahan. 

Tips selanjutnya yang harus dilaksanakan dan dipatuhi oleh setiap pendaki yaitu tidak membuang sampah sembarangan. Hal tersebut juga berlaku bagi yang bermalam di puncak yang juga harus membersihkan lokasi berkemahnya dan membawa sampah yang dihasilkan ke bawah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membuat wisata alam yang ada tetap lestari dan terjaga. 

Biaya Yang Perlu Dikeluarkan 

Panorama Indah Bukit Sembalun, sumber ig @farisro

Untuk dapat melakukan pendakian ke Bukit Sembalun Lombok ini diperlukan beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Biaya yang pertama dimulai dari biaya angkutan dari Bandara Lombok menuju ke Selong menggunakan bus Damri sebesar Rp 30.000,- hingga Rp 45.000,- ,  kemudian dilanjutkan dengan naik angkot ke Aikmel dengan biaya sebesar Rp 5.000,-. Perjalanan kemudian dilanjutkan dari Aikmel menuju ke Sembalun dengan harga Rp 35.000,- hingga Rp 40.000,-. 

Tiket Masuk SembalunSebelum memasuki kawasan pendakian di Bukit Sembalun Lombok, wisatawan terlebih dahulu membayar tiket masuk yang dikenakan oleh pihak pengelola. Tiket masuk sebesar Rp 15.000,- tersebut digunakan untuk biaya perawatan dan pengelolaan Bukit Sembalun. Selain itu, hasil yang didapatkan dari penjualan tiket masuk juga digunakan sebagai penghasilan tambahan masyarakat sekitar.

Demikian ulasan mengenai bukit sembalun lombok yang menunggu Anda untuk mendakinya. Berwisata alam sembari menikmati serunya latihan mendaki di bukit sembalun lombok tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment