Home » Kuliner » Camilan Sehat Kekinian untuk Kuliner Anak-Anak

Camilan Sehat Kekinian untuk Kuliner Anak-Anak

Camilan sangat penting untuk menemani anak ketika beraktivitas bukan hanya bisa menunda rasa lapar sampai saat waktu makan tetapi memberikan banyak manfaat buat kebutuhan tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, bagi para orang tua harus pandai – pandai memilih cemilan sehat kekinian buat anak agar melalui camilan sehat itu bisa memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh anak.

Pertumbuhan anak memang menjadi hal penting khususnya kebutuhan nutrisi untuk tulang, otot dan otak. Banyak hal dilakukan oleh orang tua salah satunya dengan menemui Dokter gigi Jogja agar masalah gigi anak menjadi lebih sehat. Selain itu, memberikan makanan yang memiliki nutrisi baik untuk meningkatkan kecerdasan otak juga direkomendasi oleh dokter.

Dan masih banyak lagi cara lain yang dapat dilakukan agar anak tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Nah berikut, ini camilan sehat kekinian untuk menemani aktivitas anak – anak anda untuk pemenuhan kebutuhan tumbuh kembangnya.

1. Potongan Buah Cocok Jadi Camilan Sehat Kekinian

Buah merupakan salah satu kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan kebutuhan metabolisme tubuh. Dalam buah terdapat banyak sekali asupan energi berupa vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh. Biasanya jenis-jenis buahnya terdiri dari pisang, pepaya, apel, pir dan stroberi.

Potongan Buah Cocok Jadi Camilan Sehat Kekinian, Sumber: Pinterest/@gastrostudent.co.uk
Potongan Buah Cocok Jadi Camilan Sehat Kekinian, Sumber: Pinterest/@gastrostudent.co.uk

Makanan khas Labuan Bajo menggunakan buah sebagai bahan dasar, seperti banana cake dan jagung bose mungkin bisa menjadi pilihan untuk menjadi camilan sehat kekinian buat anak anda.

2. Keju

Salah satu Produk olahan susu yang banyak memiliki manfaat buat kesehatan tubuh anak yaitu keju. Keju memiliki kandungan bernutrisi berupa karbohidrat, lemak, kalsium, protein, zinc, magnesium, fosfor dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12.

Mengonsumsi keju mampu memberikan manfaat pada kekuatan dan kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan protein yang dimiliki oleh keju. Selain tulang, keju juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.

Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi keju dapat melindungi gigi dan resiko gigi berlubang. Maka memilih jenis cemilan menggunakan bahan keju buat anak adalah pilihan yang tepat.

3. Yoghurt

Yogurt memiliki kandungan sumber nutrisi yang baik buat tubuh. Kandungan yang dimiliki yogurt mampu memberikan kebutuhan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh anak dan cocok bagi anak yang sedang dalam proses masa pertumbuhan.

Makanan Sehat Kekinian : Yogurt, Sumber: Pinterest/@kaynutrition.com
Makanan Sehat Kekinian : Yogurt, Sumber: Pinterest/@kaynutrition.com

Kandungan pada yogurt yang kaya akan protein dan lemak ini memiliki banyak manfaat pada tubuh seperti bisa menjaga kesehatan usus, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh anak, serta menjadi sumber protein dan kalsium.

4. Camilan Sehat Kekinian Dengan Kacang–kacangan

Kacang menjadi bahan pangan dengan sumber protein tertinggi yang dapat dikonsumsi. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin A dimana berfungsi mampu meningkatkan kualitas penglihatan dan juga merupakan antioksidan kuat.

Kacang–kacangan juga mengandung asam folat yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah agar mampu memberikan nutrisi bagi tubuh anak sehingga tubuh anak bisa berkembang dengan tepat dan cepat.

Kacang memiliki banyak jenisnya dan juga kini sudah tersedia di toko oleh-oleh. Camilan oleh-oleh Haji biasanya menyediakan jenis kacang – kacangan khas Arab yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh khususnya buat anak yang sedang masa tumbuh.

5. Sandwich

Sandwich dengan aneka isian memberi asupan nutrisi lebih lengkap. Untuk sandwich yang sehat, mulailah dengan roti gandum dan sertakan buah atau sayuran. Tambahkan telur atau potongan daging untuk memberi anak Anda kalori dan protein yang dibutuhkan tubuh. Rasa asin dan mengenyangkan ini baik untuk meningkatkan energi anak Anda.

6. Telur Rebus

Telur terdapat di semua jenis makanan mulai dari makanan yang modern sampai makanan lokal mulai dari makanan padang sampai makanan khas Jogja bukan hanya sebagai pelengkap pada makanan tapi juga karena memiliki kandungan gizi yang baik buat tubuh.

Telur Rebus Makanan Sehat Kekinian, Sumber: Pinterest/@cookpad.com
Telur Rebus Makanan Sehat Kekinian, Sumber: Pinterest/@cookpad.com

Telur memiliki kandungan yang kaya akan protein berkualitas tinggi dan berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin dan selenium. Selain itu, telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Oleh karena itu, telur menjadi pilihan cemilan sehat dan bergizi untuk anak dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan perkembangan otak anak.

7. Camilan Sehat Kekinian Bisa Juga Dengan Salad Sayur

Salad sayur menjadi pilihan buat anak yang biasanya tidak suka dengan sayur-sayuran. Anggapan terhadap sayur yang tidak menarik dan tidak populer dan rasanya tidak begitu enak membuat anak kebanyakan tidak suka mengkonsumsi sayuran.

Oleh karena itu, membuat tampilan sayuran menjadi lebih menarik misalnya dengan membuatkan salad sayuran. Salad sayuran ini dapat mencakup jagung, jamur, wortel, dan banyak lagi. Dengan begitu nutrisi yang terdapat dari sayuran untuk tubuh anak bisa terpenuhi.

8. Buah Pir

Buah pir merupakan sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan anak. Buah pir memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral juga menjaga fungsi sistem saraf dan otot anak.

9. Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak nutrisi dan zat penting untuk tumbuh kembang anak, baik untuk perkembangan fisik maupun kecerdasan otak. Kandungan yang ada pada oatmeal yaitu berupa karbohidrat kompleks, kalsium, zat besi, zinc, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, niacin, vitamin B6, serta asam folat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama masa tumbuh kembangnya anak.

Itulah manfaat cemilan yang sehat buat kebutuhan nutrisi anak anda. Semoga artikel yang kami tulis ini dapat bermanfaat buat kita semua.

Leave a Comment