Menyingkap Keindahan Tersembunyi Desa Bilok Petung

Masih bingung menetapkan tempat liburan mendatang? Berkunjung ke daerah Lombok sepertinya ide yang bagus. Lombok memiliki bukan hanya satuan bahkan puluhan destinasi wisata yang memukau. Tempat wisatanya terbilang lengkap mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah seperti Desa bilok Petung.

Ya, beberapa desa di Lombok menjadi tonggak sejarah dan adat kebudayaan turun temurun yang masih dijaga sampai saat ini. Salah satu desa yang menjadi favorit oleh para wisatawan adalah desa Bilok Petung. Desa ini mempunyai keindahan alam yang indah dan tentu tak akan rugi untuk datang ke sini untuk menikmati panoramanya.

Baca juga : Mengupas Keunikan Dari Desa Sade Lombok

Daya Tarik Desa Bilok Petung Yang wajib Dikunjungi

Air terjun mangku sakti, sumber ig @hildazein

Setiap desa di Lombok mempunyai keunikan masing-masing. Mulai dari tradisi hingga bangunan yang dimiliki. Begitu halnya dengan Desa Bilok Petung yang mempunyai beberapa wisata alam yang tak boleh terlewatkan begitu saja. Berikut ini penjelasan dari tempat wisata alam tersebut:

1. Air Terjun Dewi Selendang

Seperti arti nama dari tempat ini, konon air terjun ini digunakan oleh Dewi Selendang bersama pengikutnya untuk berendam. Dewi Selendang merupakan pengikut setia dari Dewi Rinjani. Air terjun di sini mempunyai aliran air yang bersih dan sejuk sehingga cocok untuk berenang maupun berendam.

Air terjun dewi selendang, sumber ig @_syarifhid

Di atas air terjun ini ada beberapa batu cadas yang dulunya digunakan oleh Dewi Selendang oleh para pengikutnya untuk berjemur dan mengeringkan rambut. Cerita itu yang turun temurun disampaikan oleh masyarakat sekitar. Untuk kebenaran maupun tidaknya dari cerita tersebut belum bisa dibuktikan karena memang mitologi tersebut yang beredar.

Sementara untuk kedalaman air terjun ini sekitar 50 cm sampai 3 meter. Setelah berendam di sini badan kembali terasa segar. Apalagi dengan tambahan keindahan alam di sekeliling telaga ini. pemandangan seperti ini jarang untuk ditemukan ditempat lain. dari atas hamparan bebatuan juga bisa bermain lompat-lompatan terjun di telaga ini. namun, tetap menjaga diri dan berhati-hati.

Baca juga : Pesona Eksotis di Air Terjun Sendang Gile Lombok Utara

Di sebelah timur dari telaga tersebut ada sebuah tugu batu. Tugu tersebut dahulunya digunakan oleh Dewi Selendang untuk menikmati pemandangan hamparan di sekitar desa ini dari ketinggian. Tugu ini mempunyai tinggi sekitar 5 meter dengan bentuk lancip ke atas.

Bagi yang mempunyai nyali maka bisa memanjatnya dan melihat keindahan alam yang memesona. Perlu hati-hati saat memanjat ke tugu tersebut. Apalagi ada hamparan tebing-tebing rapi yang menjulang tinggi. Lanskap yang sangat indah untuk dinikmati bersama keluarga.

Air terjun dewi selendang, sumber ig @adhy_nata

Jika melakukan perjalanan sekitar 3 menit juga akan dijumpai air terjun susu. Seperti nama tempatnya air terjun ini memiliki air seperti susu yang jernih dan bersih. Masyarakat setempat juga menyebut tempat ini sebagai air terjun kembar. Jika dilihat memang air terjun ini mempunyai 2 tumpahan air dengan ketinggian yang sama pula yaitu 11 meter.

Air terjun susu ini memiliki satu tumpahan air yang sama yaitu sebuah telaga. Telaga ini memiliki kedalaman 30-80 cm. Jadi apabila berdiri di dalamnya mungkin hanya sebatas dada saja. Apalagi jika berenang di telaga ini tentu akan sangat segar dan seru. Di sini juga ada beberapa spot foto bagus diantaranya yaitu di belakang air terjun yang mempunyai batu cekung. Dari situ maka bisa bebas berswafoto untuk mengabadikan momen yang jarang untuk ditemukan. Tetap menjaga diri saat melakukan pemotretan.

Jangan khawatir untuk menuju ke tempat wisata ini juga cukup mudah. Membawa kendaraan pribadi maupun menyewa mobil tak menjadi kendala. Harga tiket masuk untuk ke air terjun ini juga terbilang murah. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen dan perlengkapan makanan ringan untuk berjaga-jaga jika tidak terlalu banyak warung yang tersedia.

2. Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun selanjutnya yang agak berbeda dengan yang lainnya. Air terjun ini mempunyai warna air yang tak sejernih dewi Selandang, namun mempunyai warna hijau toska. Warna ini diperoleh dari campuran belerang pada air terjun. Untuk aliran air terjun ini ternyata bersumber dari Kokoq Puteq. Yang mana airnya langsung dari Danau Segara Anak yang terletak di kawasan Gunung Rinjani.

Air terjun mangku sakti, sumber ig @oshirini

Air terjun di sini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kuit. Tak heran jika air terjun ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa pengunjung tidak diperbolehkan membawa lumpur belerang dari Air Terjun Mangku Sakti.

Berikut ini ada beberapa tips saat mengunjungi Air Terjun Mangku Sakti:

  • Sebaiknya kunjungan dilakukan pada musim kemarau supaya jalan tanah tidak becek
  • Hendaknya menggunakan ojek tiket ke tujuan karena jalanan masih kurang baik dan membutuhkan pengendara yang sudah berpengalaman
  • Sebaiknya menggunakan guide supaya tidak tersesat ke dalam hutan
  • Yang terpenting adalah tetap mengawasi diri dan keluarga saat berenang di sini karena dikhawatirkan dapat tenggelam karena pusaran air terjun ini.

Jadi itulah beberapa review dari wisata yang ada di Desa Bilok Petung. Keindahan air terjunnya memang tiada tandingannya. Air terjun yang mempunyai keistimewaan dan kegunaan masing-masing. Selain berenang di air terjun, menikmati panorama keindahan juga bisa menjadikan liburan semakin seru. Simak juga ulasan mengenai menyapa keindahan alam di pantai senggigi Lombok.

Leave a Comment