Desa Wisata Nganggring : Sensasi Wisata Sambil Belajar Ternak Kambing

Susu kambing mungkin tidak sepopuler susu sapi. Namun, belakangan susu kambing etawa mencuri perhatian. Disebut-sebut susu kambing etawa lebih bergizi dibandingkan susu sapi maupun susu kambing lainnya. Populernya susu kambing etawa juga mendorong orang untuk beternak kambing etawa. Salah satu sumber susu kambing etawa yang terkenal (khususnya di Jogja) yaitu di Desa Wisata Nganggring.

Anda tentu bisa mengunjunginya, untuk sekadar melihat peternakan maupun proses pemerahan susu kambing etawa. Bisa juga mencari tahu perbedaan susu kambing etawa dengan susu kambing biasa atau susu sapi.

Di sisi lain, meskipun tentu manfaat kambing selain bisa diperah susunya juga bisa diambil dagingnya. Khusus bagi orang Islam, kambing bisa juga dijadikan sebagai hewan aqiqah. Bagi Anda yang hendak menunaikan aqiqah, sudah banyak jasa aqiqah Jogja yang profesional dan berpengalaman.

Mengenal Desa Wisata Nganggring

Desa Wisata Nganggring
Desa Wisata Nganggring, Sumber : achmadmuttohar.web.id

Desa Wisata Nganggring berada di Dusun Nganggring, Girikerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keindahan alam kaki Gunung Merapi tentu menjadi salah satu andalan yang ditawarkan bagi para wisatawan yang mengunjungi desa Girikerto Turi ini. Meskipun desa ini juga memiliki potensi atau peluang wisata menarik lainnya.

Pengembangan desa ini menjadi desa wisata sudah dimulai sejak tahun 2005. Saat itu memang potensi alam yang ada belum dimaksimalkan. Potensi paling menonjol di desa ini adalah perkebunan salak dan peternakan kambing Peranakan Etawa (PE).

Selain itu, desa ini pun dikenal juga sebagai desa yang berupaya untuk menjaga lingkungannya terutama lingkungan desa. Hal ini dibuktikan pada tahun 2007 desa ini sempat memperoleh penghargaan Kalpataru karena mampu menjaga kelestarian lingkungan desa.

Peternakan Kambing Peranakan Etawa (PE)

Mungkin memang belum terlalu banyak yang mengetahui tentang peternakan kambing etawa di Sleman. Tidak mengherankan karena memang susu kambing segar Jogja tidak sepopuler susu sapi segar yang bisa diperoleh dengan mudah.

Ada banyak kedai susu sapi segar baik tradisional atau kaki lima maupun kedai susu sapi segar yang dibuat semacam kafe. Nah, di Desa Nganggring ini Anda bisa mengunjungi peternakan kambing etawa yang juga memproduksi susu bubuk kambing etawa.

Kambing etawa yang ada di Indonesia sebenarnya merupakan kambing Peranakan Etawa (PE) yaitu hasil perkawinan silang kambing Jamnapari India dengan kambing lokal Indonesia. Kambing ini banyak diternakkan di wilayah Gunung Merapi.

Selain diperah susunya, kambing unik ini juga bisa diambil dagingnya. Namun di Desa Nganggring ini, kambing etawa hanya dimanfaatkan susunya saja.

Manfaat Susu Kambing Etawa

Tempat Produksi Susu Kambing Etawa Nganggring
Tempat Produksi Susu Kambing Etawa Nganggring, Sumber : achmadmuttohar.web.id

Setiap desa wisata di Jogja tentu punya ciri khas dan keunikannya masing-masing, tak terkecuali Desa Nganggring. Jika berkunjung ke Desa Wisata Nganggring maka Anda bisa melihat peternakan kambing etawa dan melihat bagaimana postur tubuh kambing etawa yang besar dengan telinganya yang panjang.

Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu mengenai keunggulan susu kambing etawa ini. Disebutkan bahwa nutrisi maupun komposisi alami susu ini memiliki kandungan mendekati ASI. Selain itu disebutkan juga bahwa susu kambing etawa ini memiliki sifat antiseptik yang mampu menekan perkembangbiakan bakteri dalam tubuh.

Dibandingkan susu sapi maupun susu kambing lainnya dikatakan susu kambing etawa memiliki kelebihan yakni 20 menit lebih cepat dicerna oleh manusia.

Paket Wisata Desa Nganggring

Dengan menjunjung tinggi budaya masyarakat pedusunan tersebut, serta kondisi alam yang sedemikian rupa menjadikan desa ini memiliki potensi wisata yang mengasyikkan dan menyenangkan yang dikemas dalam bentuk paket.

Beberapa paket wisata yang disediakan di desa ini antara lain sebagai berikut.

1. Paket Live In dan Keliling Desa, yakni penjelajahan dusun Nganggring dengan jalan kaki untuk menikmati keunikan tradisi dan budaya masyarakat setempat, kesenian dan membaur dengan aktivitas sehari-hari. Di antara aktivitas tersebut yaitu memberi susu untuk anak kambing.

2. Paket Wisata Merapi, paket ini akan membawa Anda untuk menikmati pengalaman kehidupan sehari-hari warga yang tinggal di lereng Merapi serta dapat menemukan habitat asli dari burung-burung yang hidup di daerah ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan kebun-kebun tanaman obat dan juga perkebunan salak. Di perkebunan salak ini Anda akan diajari metode penyerbukan secara tradisional.

3. Paket Wisata Kesenian Tradisional, dengan memilih paket ini berarti Anda berkesempatan menyaksikan berbagai kesenian tradisional di Desa Nganggring. Di antaranya adalah Hadroh, Shalawatan, Kubrosiswo, serta beberapa tarian Jawa tradisional maupun kreasi modern.

4. Paket Wisata Dolanan Anak, seperti halnya desa Pandes yang melestarikan dolanan anak tradisional, di sini pun Anda dapat bermain bersama anak-anak desa di lereng Merapi, yakni berupa permainan Galasin atau Gobak Sodor, Gangsingan, Congklak, serta Petak Umpet.

5. Paket Berkemah dengan Kegiatan Outbond dan Tracking, para pengunjung di paket ini akan merasakan keagungan Tuhan yang luar biasa dengan menikmati indahnya alam lereng Gunung Merapi dengan berkemah ditambah beberapa aktivitas yang menyenangkan dan mengasyikkan yakni outbond dan tracking dengan beberapa rute pilihan.

Adapula beberapa fasilitas yang mendukung antara lain akses jalan yang mudah dan beraspal, gazebo, pendopo, lapangan voly, camping ground dan homestay.

Untuk menuju desa wisata ini bisa dengan dua cara. Pertama, dengan kendaraan umum jurusan Turi, turun di pertigaan arah ke Turgo. Kemudian dari situ masih ada jarak 6 km dan sesampainya di desa Kemiri belok ke kiri. Kedua, dengan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Demikianlah ulasan mengenai Desa Wisata Nganggring yang menjadi pusat susu kambing etawa yang terkenal. Bagi Anda yang ingin menikmati sensasi wisata sambil belajar ternak kambing etawa, bisa mengunjungi desa wisata yang satu ini. Simak artikel tentang wisata lainnya di Gotripina.

Leave a Comment