Gili Air Lombok, Keindahan Wisata Alam Yang Memukau Mata

Gili Air Lombok – Jika membicarakan keindahan alam lombok memang tiada habisnya. Tampaknya lombok seperti surganya destinasi wisata. Tak heran banyak para wisatawan hilir mudik ke daerah ini, mulai dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Lombok identik dengan keindahan pulaunya. Selain itu, ada juga 3 gili yang menjadi tempat favorit oleh para wisatawan. Salah satunya yaitu Gili Air Lombok yang paling dekat dengan Lombok. Gili air memang menjadi daya tarik pemandangan yang berbeda dengan tempat wisata lainnya.

Jalur Menuju Gili Air Lombok

Dibandingkan dengan 2 gili lainnya ( Meno dan Trawangan) gili air lebih dekat dengan pulau Lombok. Gili ini tepatnya terletak di desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Untuk bisa sampai ke tempat wisata Gili Air ini maka harus menyeberang melalui pelabuhan Bangsal menggunakan kapal motor (boat) sekitar 25 menit.

Baca juga: Keindahan Gili Meno Lombok

Untuk jarak pelabuhan Bangsal dari ibu kota propinsi yaitu 225,1 km atau dengan menggunakan roda empat yang mana estimasi waktu sekitar 50 menit. Namun, jangan bingung jika sampai tertinggal jadwal keberangkatan boat karena bisa menyewa boat namun dengan harga yang lebih mahal. Jadi sebisa mungkin dapat sampai sebelum jadwal sehingga tidak perlu menyewa kembali boat tersebut.

Matahari terbit di Gili Air Lombok, sumber ig @dewisa.jpg
Matahari terbit di Gili Air Lombok, sumber ig @dewisa.jpg

Sepanjang perjalanan maka para wisatawan akan dimanjakan dengan suguhan lanskap keindahan alam Lombok. Jika memilih jalur pertama maka akan melewati area pasuk yang mana nantinya bisa masuk di area gunung rinjani. Sementara jika melewati jalur kedua maka pengunjung bisa dengan bebas menikmati garis pantai sampai ke pelabuhan Bangsal.

Harga tiket masuk Gili Air Lombok

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam Gili Air Lombok terbilang cukup murah hanya perlu merogoh kocek 50.000/orang. Sedangkan jam buka maupun tutupnya hingga 24 jam. Keindahan pantai semakin terasa dari sunrise maupun sunset-nya. Jadi itulah beberapa review dari daya tarik gili air hingga rute dan harga tiket masuknya.

Daya Pikat Gili Air Lombok

Seperti uraian di atas bahwa Lombok memiliki 3 gili salah satunya yaitu Gili Air Lombok. Gili ini merupakan daerah yang ditempati paling banyak oleh penduduk setempat meskipun tidak terlalu ramai. Suku yang masih ada di sekitaran daerah ini diantaranya yaitu suku Sasak dan Bugis. Penduduk setempat menamai gili ini dengan ‘Tengaq Aiq’ yang artinya tengah laut. Penduduk daerah ini juga rata-rata bekerja sebagai pedagang, pemandu, dan nelayan.

Mola mola resort di Gili Air, sumber ig @r.hgl
Mola mola resort di Gili Air, sumber ig @r.hgl

Gili Air Lombok mempunyai air laut yang jernih sehingga sangat cocok bagi yang menyukai kegiatan snorkeling ataupun diving. Jangan khawatir tak perlu membawa peralatan snorkeling jika tak ingin repot karena ada operator yang menyewakan peralatan tersebut. dengan air laut yang berwarna biru maka bawah laut semakin terlihat menakjubkan. Untuk mendapatkan spot terbaik bisa menuju ke arah timur dengan kedalaman 1,5 – 3 meter.

Bagi pemula yang ingin menyelam dan menikmati keindahan alam lombok maka bisa meminta pemandu profesional untuk menemani. Di bawah laut gili ini bisa menemukan berbagai aneka ikan, kura-kura, ataupun kuda laut. Sedangkan tempat wisata lainnya yang menjadi spot paling dicari oleh wisatawan diantaranya yaitu Air Wall, Frogfish Point, Air Slope, Malang Reef, dan Segaluh. Hampir dari keseluruhan spot tersebut menawarkan keindahan alam berupa gugusan terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang berenang kian kemari.

Setiap tempat tersebut mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri. Contoh kecilnya seperti di air wall yang akan disuguhi pemandangan terumbu karang yang membentang luas bak sebuah dinding. Di sini pula kan menemukan berbagai biota laut yang selalu ada di setiap gili ataupun spot terbaik di Lombok.

Pantai di gili Air Lombok, sumber ig @steppingstones17
Pantai di gili Air Lombok, sumber ig @steppingstones17

Selain bermain snorkeling maupun diving bisa pula dengan berjalan-jalan santai di sekitaran pulau. Selain itu, pengunjung juga bisa bercengkrama dengan penduduk sekitar daerah ini. penduduk juga terkenal dengan keramahannya sehingga tak perlu ragu lagi untuk memulai mengobrol dengan warga sekitar. Suasana yang nyaman dan tenang di Gili Air Lombok menjadi ide bagus untuk rencana liburan mendatang. Tempat ini juga cocok bagi orang yang sering berada di tempat keramaian dan bising.

Baca juga: Pesona Gili Nanggu Lombok

Gili Air mempunyai pasir pantai putih yang semakin menambah keelokannya. Bagi yang tidak menyukai snorkeling maka bisa bermain-main di pinggir pantai sambil menikmati suguhan pemandangan memukau. Air lautnya pun bersih dan berwarna biru jernih yang membuat semakin lengkap keindahannya. Bagi yang menyukai mandi dengan air laut ataupun hanya sekedar bermain air maka gili air lombok bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun gili ini berada di tengah laut namun fasilitas yang disediakan terbilang lengkap. Mulai dari penginapan, restoran, kafe, atau yang lainnya pun tersedia di sini. Jadi tak perlu bingung lagi jika ingin berhari-hari menikmati segala keindahan yang tersuguh di pulau Lombok. Maka tak ayal lagi jika wisatawan yang telah berkunjung ingin kembali lagi ke sini.

Leave a Comment