Surga Bawah Air Laut Di Gili Trawangan Lombok Utara

Surga Bawah Air Laut Di Gili Trawangan Lombok Utara

Jika membicarakan keindahan lombok memang tiada habisnya. Bagaimana tidak, setiap pulau yang ada di sana mempunyai keunikan masing-masing. Bahkan di Lombok mempunyai 3 gili yang populer dan terkenal. Para wisatawan lokal ataupun mancanegara hilir mudik ke berbagai desrinasi wisata di Lombok. Gili Trawangan Lombok Utara menjadi salah satu gili yang paling banyak dikunjungi karena memang merupakan awal pemberdayaan dari potensi gili di Lombok.

Daya Tarik Gili Trawangan Lombok Utara

Gili Trawangan terletak di barat daya Pulau Lombok dan menjadi tempat wisata peringkat ke 6 se-Asia yang paling diminati oleh para wisatawan. Jika dari Pelabuhan bangsal menuju Gili ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. sedangkan perjalanan dari Bali ke Gili Trawangan dengan perkiraan 1,5 jam.

Gili Trawangan, sumber ig @simon_pn

Sebelum menjadi obyek wisata, Gili Trawangan Lombok Utara merupakan kawasan kampung nelayan. Dari pemerintah dan masyarakat sekitar melihat adanya potensi maka belakangan ini bertransformasi menjadi tempat wisata yang menyuguhkan keasrian alamnya. Gili Trawangan juga menyediakan beragam akomodasi, restoran, dan aktivitas seru dari backpacker sampai exclusive. Bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang terpikat untuk melakukan liburan ke pulau ini.

Trawangan tidak pernah gagal menarik perhatian wisatawan di seluruh dunia. mulai dari kejernihan pulaunya hingga keindahan bawah lautnya tak ayal jika banyak wisatawan yang menetapkan liburannya untuk datang ke Lombok. Di musim liburan gili ini dipadati oleh para pengunjung bahkan bisa kehabisan kamar jika tidak memesan jauh-jauh hari.

Baca juga : Surga Tersembunyi Di Gili Sudak Lombok

Transportasi dan Makanan di Gili Trawangan

Hampir di semua gili di Lombok tidak diperkenankan transportasi dengan mesin. Maka jika ingin berkeliling pantai bisa menyewa sepeda atau naik cidomo atau biasa dikenal dengan delman. Dengan berjalan kaki juga bisa menjadi ide bagus jika ingin berlama-lama dan lebih santai untuk mengamati begitu menakjubkannya pulau ini.

Restoran Gili Trawangan, sumber ig @waldyhafizi

Sementara untuk makanan tak perlu khawatir karena gili ini ada beberapa restoran yang menawarkan olahan makanan dari khas Prancis sampai Korea. Akan tetapi, kenapa tak mencoba makanan khas yang ada di Lombok dengan berkunjung ke Pasar Sentral yang berada di tengah-tengah yang mana tepat berada di belakang dermaga speed boat.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Gili Trawangan

Selain menikmati keindahan alam, ada beberapa kegiatan lainnya yang tak kalah seru dan menyenangkan. Berikut inilah ulasannya:

1. Menikmati Sunrise Dibalik Rinjani

Jika menetapkan untuk menginap maka aktivitas yang jangan terlewatkan yaitu melihat sunrise di pagi hari. apalagi sunrise ini berbeda dengan tempat yang lain dengan background Gunung Rinjani dan Gili Trawangan. Lokasi yang paling seru untuk menikmati pemandangan ini berada di sebelah utara pulau di depan masjid ataupun penangkaran penyu.

2. Snorkeling

Berenang, sumber ig @ahmadbarok7

Untuk snorkeling di gili Trawangan bisa bebas berenang dari pantai tanpa harus menyewa perahu. saat berada di dalamnya maka pemandangan semakin menakjubkan dengan beragam karang dan ikan berwarna-warni. Selain itu masih ada banyak biota lainnya yang akan menemani aktivitas ini. jangan khawatir jika tidak membawa perlengkapan snorkeling karena di sini banyak operator yang menyediakan perlengkapan untuk menyelam. 

3. Transparan Kayaking

Aktivitas selanjutnya yang tak kalah seru dengan menyewa kayak. Dengan menggunakan kayak bisa menjadi ide yang tepat untuk kegiatan outdoor di sekitar pulau. Bagi yang menyukai tantangan maka bisa menggunakan kayak untuk menjelajahi perairan di sekitar pulau. 

Dengan kayak juga tetap bisa melihat keindahan bawah laut dengan karang dan ikan yang berwarna dari bagian dasarnya. Jika pengunjung cukup berani bisa melakukan perjalanan lebih jauh lagi sehingga bisa melihat kura-kura berenang di bawah kayak.

4. Glass Bottom Boat

Surga Bawah Laut Gili Trawangan, sumber ig @vandanathacker

Jika datang ke Lombok dengan membawa si kecil tetap bisa mengajaknya melihat kura-kura dan belajar tentang konservasi kehidupan laut. Salah satu caranya dengan melakukan snorkeling dengan perahu kaca (glass bottom boat). Pasalnya tempat terbaik terletak di pulau berikutnya yaitu Gili Meno yang menyuguhkan karang biru hingga kapal titanic lombok yang ditenggelamkan. 

Baca juga : Gili Meno Lombok, Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi

5. Bersepeda keliling pulau

Bersepeda menjadi cara terbaik untuk berkeliling mengitari sekitar pulau. Dengan bersepeda bisa mengikuti garis pantai ataupun melewati lorong rahasia yang bisa sampai ke area perkampungan penduduk setempat. Hal yang perlu diketahui bahwa hampir sebagian besar jalan di sekitar area ini berpasir sehingga sebaiknya menyewa sepeda dengan ban yang sedikit lebih besar.

6. Diving

Diving, sumber ig @travelwithmazur

Aktivitas berikutnya yak tak dilewatkan oleh para wisatawan yaitu menyelam. Meskipun arus di gili ini cukup kuat tapi jangan khawatir karena di sini disediakan spot sesuai dengan level para penyelam. Selain kura-kura masih ada biota lainnya yang berada di bawah laut gili ini. masih banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Gili Trawangan.

Jadi itulah beberapa review dari transportasi sampai aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Trawangan Lombok Utara. Lombok memang menjadi daya pikat sedemikian rupa sehingga banyak wisatawan lokal bahkan luar yang ingin menikmati langsung keindahannya. Destinasi wisata ini juga sudah mempunyai fasilitas yang lengkap dan memadai.

Leave a Comment