Pesona Eksotis Keindahan Hutan Pinus Pengger Jogja

Yogyakarta memang surganya wisata di Indonesia dengan memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan alam. Beberapa tempat seperti  kawasan hutan pinus di daerah Dlingo Bantul, menambah deretan panjang obyek wisata keren di Kota Gudeg Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger di Dlingo Bantul yang belakangan foto-fotonya kerap diunggah oleh para traveler di media sosial. Tempat hutan Pinus Pengger ini di malam hari, cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan karena memang spot fotonya sangat instagramable dan juga sering dipakai untuk lokasi syuting.

Hutan Pinus Pengger, dulunya hanya dikenal sebagai hutan pinus biasa yang gelap, sunyi dan menyeramkan, kini berubah menjadi salah satu destinasi wisata Hutan Pinus terbaik di kawasan Dlingo Bantul Yogyakarta. Tidak hanya siang hari saja wisatawan mengunjungi hutan pinus ini melainkan malam hari pun masih banyak wisatawan yang mengunjungi Hutan Pinus Pengger ini. Alasan utama wisatawan tetap datang saat malam hari adalah karena letaknya yang berada di perbukitan, dari sini anda dapat melihat indahnya pemandangan lampu kota Yogyakarta.

Hutan Pinus Pengger sumber ig @lazzyframe
Hutan Pinus Pengger sumber ig @lazzyframe

Hutan Pinus Pengger dipasang berbagai mahakarya seni beragam bentuk yang dibuat menggunakan ranting pohon yang sudah kering, yang paling iconic adalah karya seni berupa tangan raksasa berlatarkan pemandangan indah panorama Kota Yogyakarta yang sekaligus menjadi spot untuk berfoto bagi wisatawan yang berkunjung di Hutan Pinus Pengger.

Pesona Panorama Hutan Pinus Pengger di Malam Hari

Tidak hanya karya seni berupa tangan raksasa saja yang menghiasi Hutan Pinus Pengger melainkan terdapat beberapa mahakarya seni serupa namun dengan bentuk yang berbeda seperti sapu raksasa, sangkar burung dan ada yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai gapura. Dalam setiap mahakarya seni tersebut memiliki makna yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk masing-masing yang diberikan oleh sang seniman yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di Hutan Pinus Pengger.

Ketika matahari terbenam, keindahan Hutan Pinus Pengger tidaklah pudar. Justru nama Hutan Pinus Pengger semakin dikenal karena pesona keindahan malam harinya yang bertebaran di media sosial. Pengelola kawasan Hutan Pinus Pengger memang sukses memaksimalkan potensi yang ada. Kini pengunjung bisa berfoto di berbagai spot yang ada ketika malam hari melalui penambahan ornamen dan pencahayaan. Spot foto malam favorit di Hutan Pinus Pengger ada di sisi barat dengan medan terbuka. Saat malam, cahaya lampu Kota Yogyakarta menjadi panorama yang membuat latar belakang  spot foto sebelah barat Hutan Pinus Pengger menjadi semakin menawan. Guna semakin membuat unik spot foto, pengelola menambahkan beberapa ornamen pada tempat-tempat favorit berfoto tersebut.

Hutan Pinus Pengger sumber ig @zaqyiqbl_
Hutan Pinus Pengger sumber ig @zaqyiqbl_

Selain mahakarya seni yang menjadi spot foto yang instagramable di Hutan Pinus Pengger, kawasan ini juga terdapat gardu pandang untuk menikmati indahnya pemandangan perbukitan hingga panorama Kota Yogyakarta. Anda juga bisa menyewa sebuah hammock atau tempat tidur gantung yang diikatkan pada pohon pinus, jika ingin yang lebih menantang anda bisa menyewa hammock bersama teman-teman dan membuatnya bertingkat atau membuat hammock tower sesuai jumlah teman anda, semakin banyak tentunya akan semakin tinggi hammock tower anda. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri di Hutan Pinus Pengger ini.

Lokasi dan Rute Hutan Pinus Pengger Jogja

Lokasi Hutan Pinus Pengger beralamatkan di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger ini memang berada lumayan jauh dari pusat Kota Jogja, tepatnya berada di sebelah tenggara Kota Jogja. Karena letaknya yang berada diperbukitan jalan yang harus ditempuh pun cukup menantang yaitu berliku dan menanjak, untuk kondisi jalan sudah cukup bagus meskipun terdapat jalan yang tidak rata atau berlubang di beberapa ruas jalan menuju lokasi Hutan Pinus Pengger. Jarak dari Kota Jogja ke Hutan Pinus Pengger kurang lebih adalah 22 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Hutan Pinus Pengger sekitar 44 menit.

Rute menuju Hutan Pinus Pengger jika dari arah Kota Yogyakarta anda harus menempuh perjalanan menuju Jalan Jogja-Wonosari hingga naik menanjak menuju arah Patuk, Gunungkidul. Sesampainya di perempatan Koramil Patuk belok ke kanan menuju jalan Patuk-Dlingo, setelah masuk di jalan Patuk- Dlingo dijamin anda tidak akan bosan karena terdapat pemandangan yang indah disepanjang rute menuju Hutan Pinus Pengger. Atau untuk memudahkan, bisa langsung klik alamat mapsnya di sini.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger Jogja

Untuk memasuki kawasan Hutan Pinus Pengger Yogyakarta sangatlah murah dan terjangkau untuk seukuran tempat wisata yang wajib dikunjungi di wilayah Yogyakarta. Anda dapat masuk ke area kawasan Hutan Pinus Pengger ini hanya dikenakan biaya sebesar Rp2.500 perorang.

Sedangkan untuk harga parkir Hutan Pinus Pengger untuk sepeda motor yaitu Rp2.000 dan Mobil Rp5.000. Cukup murah, bukan? Tak heran bila obyek wisata dengan pemandangan super indah ini sangat cocok untuk wisatawan dengan budget terbatas. Murah, namun kita bisa mendapatkan pemandangan panorama yang tak ternilai harganya.

Hutan Pinus Pengger sumber ig @_lorenzo__greco_
Hutan Pinus Pengger sumber ig @_lorenzo__greco_

Disarankan untuk mengunjungi Hutan Pinus Pengger ini tidak pada saat kondisi musim hujan, dikarenakan area medan perbukitan Hutan Pinus Pengger adalah tanah liat yang mudah licin dan terpeleset sehingga membahayakan bagi para pengunjung.

Fasilitas di Hutan Pinus Pengger Jogja

Untuk Fasilitas yang ada di Hutan Pinus Pengger Yogyakarta sudah cukup lengkap bagi bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Hutan Pinus Pengger. Diantaranya adalah beberapa mahakarya seni yang sangat cocok bagi generasi milenial untuk mencari spot foto yang instagramable, tempat penyewaan Hammock, Gardu Pandang dan lain sebagainya.

Hutan Pinus Pengger sumber ig @ningsih.teci
Hutan Pinus Pengger sumber ig @ningsih.teci

Karena kondisi malam yang kurang cahaya sehingga pengambilan foto lebih sulit, anda tidak perlu khawatir karena disana sudah terdapat petugas photographer beserta camera profesionalnya yang membantu untuk mengambilkan gambar dengan hasil yang memuaskan. Untuk tarif sewa jasanya, pengunjung hanya cukup membayar Rp4.000 perfotonya.

Fasilitas pendukung lainnya seperti tempat parkir yang luas, toilet, Musholla dan Food court atau pusat kuliner tentu sudah disediakan disini. Jadi, anda tidak perlu khawatir untuk mencoba mengunjungi Kawasan Hutan Pinus Pengger Yogyakarta. Ayoo rencanakan liburan ke Hutan Pinus Pengger Yogyakarta bersama keluarga dan orang tersayang anda, dijamin seru dan asik pastinya.  Matur nuwun (GoTripIna)

Leave a Comment