Bermain Bersama Monyet & Menikmati Panorama Hutan Pusuk Monyet

Hutan Pusuk Monyet

Lombok bukan hanya memiliki destinasi wisata berupa pantai. Banyak wisata alam lainnya yang memikat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Lombok. Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi adalah Hutan Pusuk Monyet. Satu jalur yang sama dengan Rinjani membuat hutan ini banyak dikunjungi oleh para pendaki. Seperti arti nama tempatnya, memang tempat ini banyak dihuni oleh kawanan monyet.

Daya tarik Hutan Pusuk Monyet

Hutan Monyet Turis, src marlionllc.com
Hutan Pusuk Monyet bersama Turis, src marlionllc.com

Hutan Pusuk ini juga dikenal dengan nama pusuk pass. Pusuk mempunyai makna yang menunjukkan puncak. Hutan ini memang cukup berbeda dengan hutan pada umumnya. hutan ini menjadi rumah tinggal bagi para monyet. Namun, jangan khawatir monyet yang berada di sini jinak bukan termasuk kategori yang nakal. Bagi yang ingin menguji adrenalin bisa berkeliling di kawasan hutan ini. para wisatawan juga tertantang untuk berinteraksi langsung dengan monyet-monyet.

Seperti hutan lainnya, tentu hutan memberikan suasana yang sejuk dan segar. Apalagi pemandangan asri yang masih kental terasa di sini. pohon-pohon menjulang tinggi dengan monyet berseliweran di hutan ini. dari puncak ketinggian Hutan Pusuk Monyet juga bisa melihat pemandangan kota Lombok dari ketinggian.

Daya tarik dari hutan ini seperti yang telah dijelaskan di atas yaitu keberadaan monyet-monyet. Monyet dalam bahasa latin adalah Macaca Fascicularis. Meskipun monyet di Hutan Pusuk telah jinak namun jangan sekali-kali mengganggu habitat ataupun ketenangan dari tempat tinggal mereka. tentu hal itu membuat ketidaknyamanan para monyet sehingga bisa memicu peristiwa yang tidak diinginkan. Tampaknya juga kawanan monyet telah terbiasa dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Hutan Monyet Pusuk, src youtube
Hutan Monyet Pusuk, src youtube

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Hutan Pusuk selain menikmati pemandangan dari ketinggian yaitu melihat secara langsung hidup monyet-monyet. Pengunjung juga bisa memberikan makanan dan berswafoto bersama monyet. Namun, tetap perhatikan peraturan dan ketentuan yang berlaku di hutan pusuk. Jangan lupa untuk tetap menjaga diri dan tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh petugas.

Apalagi mengunjungi hutan ini sambil berjalan kaki bersama teman ataupun keluarga dijamin menambah liburan semakin seru dan menyenangkan. Di hutan ini akan melihat pemandangan yang tak bisa diperoleh di tempat lain, monyet beratus-ratus berkeliaran dan dilepas bebas di Hutan Pusuk.

Setelah lelah berkeliling hutan, ada tempat beristirahat yang nyaman dengan mengunjungi beberapa warung di sekitar hutan. Para pedagang di Hutan Pusuk Monyet tidak merasa terganggu dengan adanya monyet-monyet karena dengan keberadaannya membuat warungnya menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Ada pula mitos positif yang bermunculan di kawasan ini. salah satunya yaitu tentang perihal membuang sampah. Konon, orang yang membuang sampah sembarangan di hutan ini akan memperoleh kendala selama perjalanan berkeliling di hutan ini. mitos yang dipercaya bahwa orang yang melakukan tindakan tersebut tidak akan bisa menemui jalan pulan sehingga akan tersesat di dalam hutan.

Membuang sampah sembarangan merupakan tindakan yang tidak baik. maka dari itu, dengan adanya mitos tersebut membuat para pengunjung berhati-hati untuk membawa sampah mereka. apalagi di hutan ini banyak pohon-pohon rindang dan menjadi habitat monyet. Dengan mitos tersebut membuat hal positif bagi semuanya sehingga hutan tetap terjaga kebersihan. Para monyet pun bisa tetap hidup nyaman di hutan ini.

Hutan Pusuk Monyet Biberi Makan, src flickr.com
Hutan Pusuk Monyet Biberi Makan, src flickr.com

Tips Saat Mengunjungi Hutan Pusuk Monyet

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke Hutan Pusuk:

Memang di Hutan Pusuk ada beberapa warung yang menyediakan makanan. Untuk berhemat bisa pula membawa perbekalan makanan dari rumah. Namun, perlu berhati-hati karena hutan ini yang ditinggali oleh kawanan monyet maka bisa mencium tajam beberapa bekal makanan yang dibawa.

Memakai pakaian yang nyaman untuk berkeliling di hutan. Tentu setiap orang mempunyai standar kenyamanan dalam berpakaian.

Seperti peraturan di Hutan Pusuk tidak boleh membuang sampah sembarangan maka sebaiknya membawa kantong plastik untuk menyimpan bungkus-bungkus sisa makanan

Hal yang vital untuk dibawa saat liburan yaitu uang. Hendaknya membawa uang cash yang cukup untuk berjaga-jaga.

Berhati-hati ketika memberikan makanan ke monyet. Meskipun para monyet terbialng jinak tetap menjaga diri dan waspada terhadap segala hal yang mengancam.

Hutan Pusuk Monyet, src triptrus
Hutan Pusuk Monyet, src triptrus

Rute Perjalanan Menuju Hutan Pusuk Monyet

Hutan Pusuk tepatnya terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara dengan jarak 17 km dari Kota Mataram. Hutan Pusuk sendiri merupakan alternatif jalur yang dilewati menuju Air Terjun Tiu Teja, sehingga banyak para pengunjung yang datang baik untuk berkunjung maupun hanya lewat saja.

Jadi itulah beberapa review dari Hutan Pusuk monyet. Bak hutan yang menjadi kerajaan para kawanan monyet. Bagaimana tertarik bukan untuk segera berkunjung ke Hutan Pusuk? Harga tiket masuk ke hutan ini terjangkau dan akses jalan menuju ke Hutan Pusuk juga mudah. Seraya berada di hutan ini juga bisa melihat hamparan pantai dan garis laut dari ketinggian.

Kunjungi artikel Go Trip Indonesia ya…

Leave a Comment