Berani ? Menguji Adrenaline di Jembatan Pantai Timang Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah suatu daerah atau tempat yang tidak pernah habisnya untuk pembahasan mengenai lokasi wisatanya. Lokasi Wisata yang mendorong wisatawan untuk mengunjungi Yogyakarta adalah karena panorama pantainya yang begitu indah nan esotis. Tak hanya jumlahnya yang mencapai ratusan dan bentangnya yang sangat Panjang dari ujung timur hingga barat. Pantai di Yogyakarta juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan memiliki daya tarik tersendiri disetiap pantainya.

Salah satu dari sekian banyak di Jogja, ada pantai yang memiliki keunikan tersendiri dan bahkan tidak dimiliki pantai lain di Yogyakarta atau bahkan di Indonesia yaitu Pantai Timang.

Jembatan Pantai Timang sumber ig @katakbackpacker
Jembatan Pantai Timang sumber ig @katakbackpacker

Pantai Timang berbeda dengan pantai pada umumnya, karena terdapatnya pulau kecil dan tebing yang cukup curam yang bernama Pulau Timang. Pulau Timang memiliki keunikan dan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Pulau kecil yang tak berpenghuni ini memiliki pemandangan yang cukup indah karena menghadap laut lepas. Di pulau ini juga terdapat spot untuk memancing lobster yang biasa dilakukan oleh para nelayan dari warga setempat. Untuk dapat menuju pulau di Pantai Timang, salah satu caranya adalah dengan menyeberanginya dengan jembatan gantung yang cukup menguji adrenalin Anda.

Keseruan Wahana Uji Adrenalin di Jembatan Pantai Timang

Jembatan Pantai Timang sumber ig @ardiansyah.205
Jembatan Pantai Timang sumber ig @ardiansyah.205

Jembatan Pantai Timang merupakan hasil dari inisiatif dan kreatif para warga sekitar yang ingin memfasilitasi wisatawan agar bisa menuju ke Pulau Timang agar bisa menikmati keindahan panorama dari spot pulau yang begitu eksklusif tersebut. Jembatan Pantai Timang ini dibangun oleh warga setempat yang juga sebagai pengelola Pantai Timang. Biaya yang dihabiskan warga untuk dapat membangun jembatan ini lebih kurang mencapai 50 juta rupiah. Jembatan Pantai Timang ini dibangun setelah sebelumnya telah terdapat gondola atau kereta gantung.

Jembatan Pantai Timang secara resmi dibuka untuk wisatawan umum sejak bulan Maret 2017. Sehingga, jembatan ini dapat menjadi alternatif lain bagi wisatawan untuk menuju Pulau Timang. Jembatan Timang, namanya. Bukan jembatan kokoh yang stabil dan tenang, namun struktur Jembatan Timang lebih mirip seperti jembatan gantung atau jembatan goyang. Jembatan ini akan berayun-ayun saat Anda meniti setiap langkah di atasnya, ketika menuju Pulau Timang. Keunikan inilah yang membuat wisatawan banyak yang penasaran hingga menguji adrenalinya untuk menyeberangi pulau ini menggunakan jembatan gantung yang dikenal dengan Jembatan Timang.

Menyeberangi jembatan Pantai Timang akan sangat berbeda dengan menyeberangi jembatan pada umumnya. Setelah membeli tiket masuk jembatan, wisatawan akan menuju lokasi jembatan yang berada di ujung tebing. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 120 meter dengan ketinggian 12 meter di atas permukaan laut. Keseruan wahana inilah yang menjadi salah satu atraksi wisata adrenalin yang cukup diminati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jembatan Pantai Timang sumber Rihlah Dakwah 2
Jembatan Pantai Timang sumber Rihlah Dakwah 2

Tak cukup disitu, saat menyeberangi jembatan Pantai Timang, wisatawan akan merasakan sensasi yang luar biasa yaitu saat terkena hempasan angin. Tentu saja jembatan ini akan bergoyang. Selain itu, di tengah perjalanan saat menyeberangi jembatan Pantai Timang, wisatawan akan merasakan cipratan air laut yang tentu saja akan membasahi seluruh badan. Dalam menyeberangi jembatan Pantai Timang, wisatawan juga dituntut untuk tidak takut, karena apabila sudah berada di tengah jembatan tidak akan ada cara lain untuk sampai ke Pulau Timang atau sebaliknya tanpa berjalan terus.

Namun demikian ketika anda telah berhasil melalui jembatan ini, anda akan melihat keindahan Pulau Timang yang mempesona. Pulau Timang memang memiliki spot foto yang instagramable sekaligus spot memancing yang bagus. Pasalnya, di tempat wisata ini Anda akan banyak sekali menemukan lobster dengan ukuran yang relative besar. Ditambah lagi daya tarik karena kedatangan artis Korea dalam serial acara Running Man yang menjadikan Pantai Timang sebagai salah satu lokasi pengambilan gambarnya. Tentu saja fenomena ini menyebabkan kunjungan wisatawan ke Pantai Timang bertambah secara signifikan.

Lokasi dan Rute Jembatan Pantai Timang Jogja

Lokasi Jembatan Pantai Timang berada di kawasan Pantai Timang yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Jembatan Pantai Timang termasuk ke dalam kawasan paling timur dalam peta pantai selatan Yogyakarta.

Menuju Jembatan Pantai Timang hanya dapat diakses menggunakan mobil atau motor pribadi atau dengan sewa tidak bisa dilalui oleh bus wisata. Akses menuju Jembatan Pantai Timang sendiri masih belum sebaik pantai-pantai lain di sekitarnya. Masih terdapat jalan-jalan yang rusak dan berlubang, sehingga perlu kehati-hatian dalam perjalanan menuju destinasi ini.

Setelah melalui jalur utama pantai selatan Gunung Kidul, wisatawan akan dihadapkan dengan jalanan pedesaan dengan batu yang cukup terjal. Sekitar 2 km sebelum memasuki kawasan Pantai Timang, warga sekitar menyediakan lahan parkir dan layanan transportasi menuju bibir pantai. Lahan parkir ini dimaksudkan bagi kendaraan wisatawan yang tidak dapat melalui jalan yang cukup terjal, terlebih apabila pada hari sebelumnya telah turun hujan. Untuk itu, warga juga menyediakan layanan persewaan jeep dan ojek bagi para wisatawan. Namun jangan khawatir, sesampainya di lokasi pantai maka rasa lelah akan segera terganti dengan keindahan panorama alam pantai yang begitu memukau.

Jembatan Pantai Timang sumber Rihlah Dakwah
Jembatan Pantai Timang sumber Rihlah Dakwah

Rute menuju Jembatan Pantai Timang dari Kota Yogyakarta yang cukup mudah adalah melalui Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Gading – Kota Wonosari – Jalan Baron – Jalan Tepus – Jalan Pantai Selatan – Jalan Menuju Pantai Timang. Jarak menuju Jembatan Pantai Timang dari Kota Yogyakarta adalah 72 KM, waktu tempuh normal dengan menggunakan mobil atau motor adalah 2 jam 30 menit. Untuk lebih memudahkan perjalan Anda, bisa langsung klik alamat gmapsnya disini.

Harga Tiket Masuk Jembatan Pantai Timang Jogja

Untuk memasuki wisata atau wahana di Jembatan Pantai Timang Yogyakarta memang cukup lumayan mahal. Untuk menguji adrenalin Anda dengan melewati wahana Jembatan Pantai Timang ini, Anda harus membayar sebesar Rp 100.000,00 untuk setiap orangnya, dan harga ini berlaku untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara biaya masuknya adalah Rp 150.000,00, tentu biaya sebesar ini sudah include dengan pemandu dan asuransinya.

Sedangkan untuk harga parkir motor di kawasan Pantai Timang adalah Rp 3.000,00 dan untuk mobil adalah Rp 5.000,00. Perlu diketahui juga, bagi wisatawan yang tidak dapat mencapai Jembatan Pantai Timang dengan kendaraan pribadinya dapat menggunakan jasa ojek atau menyewa jeep. Harga ojek untuk setiap satu penumpang dengan rute bolak-balik dari parkiran menuju pantai adalah Rp 50.000,00 sedangkan untuk harga jeep dengan kapasitas maksimal 4 orang adalah Rp 350.000,00.

Fasilitas di Jembatan Pantai Timang Jogja

Mengingat Jembatan Pantai Timang ini cukup ekstrim, tentunya wisatawan yang akan menyeberangi Pulau Timang akan didampingi oleh petugas pengelola. Selain itu wisatawan juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan yang sudah termasuk dalam harga tiket masuk Jembatan Pantai Timang. Fasilitas lain yang terdapat di sekitar kawasan Jembatan Pantai Timang adalah toilet, warung makan, lahan parkir dan beberapa spot foto yang menarik dan instagramable.

Jembatan Pantai Timang sumber Rihlah Dakwah 3
Jembatan Pantai Timang sumber Rihlah Dakwah 3

Demikian ulasan kami mengenai tempat wisata di Jembatan Pantai Timang Yogyakarta, semoga bisa menambah referensi Anda sebelum mengunjungi lokasi wisata tersebut. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai support kecil untuk kemajuan wisata Yogyakarta. Matur Nuwun (GoTripIna)

Leave a Comment