Home » Danau / Waduk » Serunya Adrenalin Di Kali Pusur Klaten (Daya Tarik + Foto & Lokasi)

Serunya Adrenalin Di Kali Pusur Klaten (Daya Tarik + Foto & Lokasi)

Kali Pusur Klaten – Cukup berbeda dengan tempat wisata sebelumnya, Kali Pusur Klaten bisa menjadi rekomendasi tempat liburan selanjutnya bagi yang suka menantang adrenalin. Para turis lokal maupun manca negara sering hilir mudik ke wisata ini di hari libur ataupun hari biasa. Selain pemandangan yang elok di wisata ini ada beberapa aktivitas yang berbeda dengan sehari-hari. berikut ini ulasannya.

Daya Tarik Dari Kali Pusur Klaten

Wisata tubing kali pusur klaten salah satu tempat wisata yang harus dicoba. Pasalnya tempat wisata ini terkenal dengan wisata river-boardingnya. Kali Pusur sangat cocok digunakan bagi river-boarding pemula ataupun profesional. Kali Pusur mempunyai kontur sungai yang tidak terlalu dalam dengan dikelilingi bebatuan sehingga menjadi tantangan bagi para pengunjung. Apalagi dengan naik driver-boarding semakin menyenangkan karena dapat berlenggak lenggok terbawa arus air yang cukup deras.

Aktivitas lainnya yang ada di wisata ini bisa menyusuri sungai dengan menggunakan ban truk besar atau yang dikenal sebagai tubing. Ada dua rute yang ditawarkan di sini yaitu rute panjang atau rute pendek. Untuk rute panjang maka akan lebih melewati tantangan dengan medan cukup berat dan arus yang deras.

Derasnya air yang mengalir di Kali Pusur Klaten, sumber ig @tutik_ind
Derasnya air yang mengalir di Kali Pusur Klaten, sumber ig @tutik_ind

Tubing Kali Pusur Klaten ini sebenarnya merupakan ide dari masyarakat setempat untuk memanfaatkan potensi yang ada. Sebelumnya, banyak sampah di sungainya. Dari kesadaran masyarakat maka setiap hari Jumat dan Minggu melakukan kerja bakti bersama membersihkan sungai dari sampah. Pada akhirnya kegiatan ini menjadi rutin dan kemudian dibukalah tubing kali usur Klaten. Awalnya juga peminat yang datang ke sini masih sedikit sebatas tetangga ataupun warga daerah sekitar. Namun, dari tahun ke tahun pengunjung semakin meningkat yang penasaran dan ingin menikmati tubing maupun driver-board di sini.

Baca juga: Wisata Museum Gula di Klaten

Awal mula berdirinya wisata river-boarding dari salah seorang yang memiliki hobi pecinta alam. Kemudian pada tahun 2012 didirikanlah tempat wisata ini. meskipun terbilang baru, namun banyak pengunjung yang sudah menyempatkan diri untuk datang ke Kali Pusur Klaten. Selain menikmati jeram yang asyik, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang masih alami dan segar. Beberapa alat bagi pengunjung yang ingin melakukan riverboarding juga disediakan diantaranya ada helm, pelampung, pelindung kali, dan boardnya.

Hampir setiap pengunjung ke Kali Puncur merasa puas dengan fasilitas layanan dan river tubing maupun river boarding yang seru. Dengan kondisi sungai di beberapa area yang sempit semakin menambah keseruan bermain air di sini. Kuota minimal river tubing di Kali Puncur yaitu 5 orang dan kuota maksimal untuk sekali perjalanan yaitu 25 orang.

Wahana outbound anak di Kali Pusur, sumber ig @rivermoonpusur
Wahana outbound anak di Kali Pusur, sumber ig @rivermoonpusur

Jadi tak ada salahnya liburan mendatang mencoba adrenalin tubing maupun riverboard di kali pusur klaten. Sembari bermain sambil menikmati suguhan pemandangan yang asri. Dengan begitu pikiran lebih tenang setelah menikmati area wisata air ini dan siap kembali dengan kesibukan aktivitas sehari-hari. Tubing kali pusur klaten juga tak kalah dengan wisata air lainnya.

Informasi Letak dan harga Tiket Masuk Kali Pusur Klaaten

Untuk letak dari tempat wisata ini seperti arti namanya berada di desa Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Indonesia. fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini diantaranya yaitu area parkir, kamar mandi, tempat istirahat, warung makan, dan sebagainya. Sementara untuk masalah transportasi tidak menjadi kendala.

Entah menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum sama-sama dapat mencapai tujuan ke tempat wisata. Harga tuntuk riverboarding di kali pusur ini terbagi menjadi dua bagian yaitu paket kecil tanpa makanan dengan biaya 45.000 sedangkan paket besar ddengan makanan ringan dan teh hangat dengan harga 65.000.

River tubing di Kali Pusur Klaten, sumber ig @rivermoonpusur
River tubing di Kali Pusur Klaten, sumber ig @rivermoonpusur

Meskipun dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih leluasa. Tapi tak apa jika harus menggunakan transportasi umum seperti bus. Apabila memutuskan untuk naik bus maka berhenti di daerah Polanharjo kemudian dilanjutkan untuk memesan ojek untuk menuju desa Kali Pusur Klaten. Sebaliknya, jika menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih mudah mengakses jalurnya bisa melalui Gmaps.

Saran dan Tips Liburan Ke Kali Pusur Klaten

Beberapa saran dan tips sebelum mengunjungi tubing Kali Pusur Klaten maka hendaknya menyiapkan bekal seperti air minum dan lainnya. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen bersama kelaurga ataupun teman-teman. Selain hal tersebut, peralatan penting lainnya yaitu membawa perlengkapan kesehatan seperti sabun, tisu basah, antiseptik, dan obat-obatan. Siapkan pula kondisi fisik dan armada untuk menuju ke Kali Pusur sehingga liburan menjadi semakin seru dan menyenangkan.

Jadi bagaimana tertarik untuk datang dan mencoba adrenalin di Kali Pusur Klaten? Tak perlu ragu lagi karena jalur akses menuju ke tempat wisata ini juga mudah dan harga sangat bersahabat di kantong. Bahkan di Kali Pusur ini dapat menikmati bermain tubing dengan meluncur dari ketinggian 2 meter, tentu yang menyukai tantangan hal ini menjadi seru dan memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Leave a Comment