Home » Kuliner » Kuliner Makanan Khas Labuan Bajo Yang Penting Diketahui

Kuliner Makanan Khas Labuan Bajo Yang Penting Diketahui

Makanan Khas Labuan Bajo – Labuan Bajo adalah salah satu daerah pariwisata yang berada di bagian timur Indonesia tepatnya di kabupaten Manggarai Barat, propinsi Nusa Tenggara Timur. Saat anda mengunjungi Labuan Bajo tentu tempat wisata yang paling utama yang akan anda kunjungi pasti Taman Nasional Komodo. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa penarik utama wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang berwisata ke Labuan Bajo yakni Taman Nasional Komodo.

Jika anda berwisata ke Labuan Bajo untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo sempatkanlah diri untuk mencicipi kuliner khas Nusa Tenggara Timur yang berada di Labuan Bajo agar ketika anda pulang dari Labuan Bajo anda akan selalu mengingat nama Labuan Bajo melalui kuliner khas daerahnya.

Daftar Makanan Khas Labuan Bajo

Bagi anda yang belum tahu kuliner khas propinsi Nusa Tenggara Timur di Labuan Bajo, berikut ini kami akan memberikan informasinya untuk anda:

1. Se’i

Se’i (daging asap) adalah makanan khas Labuan Bajo yang terbuat dari daging sapi. Dalam proses pembuatannya daging sapi dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Apabila baru diasap, daging ini bisa langsung dimakan dengan mengirisnya secara tipis dan akan lebih gurih jika dimakan dengan menggunakan sambal matang. Namun apabila daging ini telah disimpan beberapa hari, maka harus digoreng kembali atau dimasak dalam tumisan bunga pepaya dan sayur-mayur lainnya agar menambah citarasa gurih pada masakan ini.

Sei Daging Sapi Asap, Sumber IG @seisapilamalera
Sei Daging Sapi Asap, Sumber IG @seisapilamalera

2. Jagung Bose

Jagung Bose adalah masakan khas di Labuan Bajo yang berbahan utama jagung dengan bahan tambahan campuran dari kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah. Tidak lupa, yang menambah citarasa gurih jagung bose karena adanya tambahan santan kelapa dan bumbu penyedap rasanya yang khas. Serta yang tidak kalah penting jagung bose ternyata mengandung karbonhidrat yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi.

Jagung Bose, Sumber IG @ntt_hidden_paradise
Jagung Bose, Sumber IG @ntt_hidden_paradise

3. Jagung Catemak

Jagung Catemak berbeda dengan jagung bose, walaupun kedua masakan ini sama-sama berbahan utama jagung tetapi keduanya memiliki pebedaan. Jagung catemak adalah masakan yang berbahan dasar jagung yang di tambah dengan labu lilin dan kacang hijau. Mungkin banyak di antara anda yang menyangka bahwa masakan ini memiliki citarasa manis dan cocok dijadikan menu makanan ketika panas terik karena kurang lebih jika bahan-bahan tadi di campur menjadi satu akan terlihat seperti kolak. Namun, jagung catemak ternyata memiliki citarasa asin yang berbeda dengan menu masakan lainnya dan biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

Jagung Catemak, Sumber @sumber.com
Jagung Catemak, Sumber @sumber.com

4. Rumpu Rampe

Rumpu rampe adalah tumisan yang menggunakan beragam bahan utama seperti daun pepaya, bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, dan daun ubi, serta ditambah dengan bumbu khasnya seperti udang rebon sangrai, tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa lainnya sehingga menambah citarasa tersendiri bagi masakan yang satu ini. Masakan yang satu ini menyajikan beberapa bahan masakan dengan kombinasi dan campuran yang tidak biasa dijumpai pada masakan lain.

Rumpu Rampe, Sumber @gotravelly.com
Rumpu Rampe, Sumber @gotravelly.com

5. Kolo

Bisa jadi ada yang asing dengan nama makanan khas Labuan Bajo yang satu ini. Kolo adalah nasi bakar yang sudah diberikan bumbu. Jadi untuk menikmatinya, kita harus bersabar agak lama hingga nasi ini matang. Kira2 kita perlu menunggu sekitar 30 menit. Baiknya Anda mencoba nasi kolo yang masih fresh untuk mendapatkan cita rasa terbaiknya.

Nasi Kolo khas Labuan Bajo, sumber ig @bocahtuanakal88
Nasi Kolo khas Labuan Bajo, sumber ig @bocahtuanakal88

6. Aneka Seafood

Labuan bajo merupakan yang kaya akan sumber hasil laut. Maka tak heran jika ada banyak jenis makanan seafood di Labuan Bajo. Ada banyak jenis olahan seafood mulai dari Tongkol, Cumi hingga Udang yang bisa Anda nikmati dengan harga yang tidak menguras kantong tentunya.

Seafood disekitar Labuan Bajo, sumber ig @kedaianalabuanbajo
Seafood disekitar Labuan Bajo, sumber ig @kedaianalabuanbajo

7. Sambal Ikan Teri

Jika di Jogja ada angkringan yang menyediakan nasi kucing + sambel Teri. Di Labuan Bajo anda bisa menjumpai sambel teri khas Labuan Bajo yang akan tambah nikmat disantap bersama nasi bakar Kolo. Semoga penikmat sambal tidak sampai keluar air liur membayangkan nikmatnya masakan ini, he he.

Baca juga: 10 Makanan Khas dari Pulau Sumbawa

8. Ikan Kuah Asam

Anda ingin cari yang seger-seger sehabis seharian berpanas ria menikmati pantai disekitar Labuan Bajo? Yup pilihan menu masakan ikan kuah asam ini cocok Anda nikmati. Rasanya yang asam serta daging ikan yang segar akan membuat fresh kembali tubuh Anda.

Ikan kuah asam khas Nusa Tenggara Timur, sumber ig @finnymuwarman
Ikan kuah asam khas Nusa Tenggara Timur, sumber ig @finnymuwarman

Jika anda penasaran dengan citarasa kuliner khas Labuan Bajo diatas, maka berkunjunglah ke Labuan Bajo atau daerah lain yang berada di Nusa Tenggara Timur. Perlu anda ketahui bahwa masih banyak makanan kuliner khas Nusa Tenggara Timur selain kuliner yang kami informasikan diatas. Melalui informasi diatas semoga memberikan pengetahuan tambahan bagi anda tentang kuliner khas Nusa Tenggara Timur. Semoga bermanfaat dan salam hangat dari kami.

Leave a Comment