Menikmati Panorama Alam Dari Atas Mercusuar Pantai Baron Jogja

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta khususnya ke daerah Gunung Kidul, maka panorama keindahan pantai tidak bisa anda lewatkan. Wisata pantai Gunung Kidul memang menyimpan sejuta keindahan dan keunikan sehingga memberikan daya pikat tersendiri. Salah satu pantai yang terkenal akan keindahan teluknya adalah Pantai Baron yang berlokasi di Desa Kemadang, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Baron menyuguhkan keindahan pasir yang lembut hingga panorama keindahan pantai dari atas ketinggian.

Pantai Baron merupakan salah satu tempat wisata pantai yang unik karena memiliki dua jenis air yaitu air asin dan air tawar yang ada di Yogyakarta. Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan dari Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan itu pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang sekarang dikenal dengan sebutan Pantai Baron.

Pantai Baron ig @m_fatkhun
Pantai Baron ig @m_fatkhun

Keunikan Pantai Baron yaitu jika Anda melihatnya dari atas, pantai tersebut membentuk huruf “U” bukan hanya itu Pantai Baron juga memiliki 2 aliran air sungai yaitu air asin dan air tawar. Konon katanya setiap 5 tahun sekali aliran air sungai tersebut bisa berubah dengan sendirinya yang sebelumnya mengalir ke arah barat menuju laut menjadi ke arah timur menjadi membelah pasir pantai sebelum mengalir ke laut.

Pertemuan antara kedua aliran sungai tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Baron karena penasaran untuk melihat fenomana tersebut. Aliran air tawar yang berasal dari bawah laut berwarna kehijauan dan aliran air laut berwarna kebiruan. Saat aliran tersebut tergabung dan membuat warna yang memikat hati, wisatawan pasti akan betah melihat kedua aliran itu.

Menikmati Panorama Pantai Baron Dari Puncak Mercusuar

Menikmati pemandangan pantai tidak harus dari dekat atau harus ke bibir pantai, kita bisa menikmatinya dari atas bukit untuk bisa melihat keindahan pemandangan pantai agar lebih menikmati panorama dan begitu eksotis alamnya. Tidak hanya terkenal dengan pantai yang berbentuk teluk, Pantai Baron juga memiliki mercusuar di atas karang.

Mercusuar di Pantai Baron ini bisa menjadi tempat bagi Anda untuk melihat keindahan perbukitan karst yang membentang ke utara dan samudera yang bergelombang di selatan. Jika Anda melihat ke timur, maka anda dapat melihat hamparan pantai-pantai nan indah. Meskipun harus menaiki tangga yang cukup curam untuk sampai keatas Mercusuar ini, perpaduan yang kontras dan angin semilir yang berhembus pun dapat membuat pengunjung melupakan segenap rasa lelahnya.

Pantai Baron ig @perospero99
Pantai Baron ig @perospero99

Menurut petugas penjaga Mercusuar, menara putih ini diresmikan pada bulan Desember tahun 2014. Dari atas menara ini Anda dapat menikmati hembusan angin dan pemandangan matahari terbenam yang tentunya menjadi moment yang harus Anda abadikan.

Akan tetapi, menara mercusuar ini masih aktif dan berfungsi, sehingga Anda harus berhati-hati ketika ingin mengabadikan moment Anda di atas menara ini. Hindarilah untuk menyentuh lampu putar, baterai dan panel surya yang menyuplai tenaga listrik ke seluruh Mercusuar agar tetap terjaga dan tidak rusak, dikarenakan fungsinya yang sangat penting bagi para pelaut yang melintas di Samudera Hindia.

Lokasi dan Rute Pantai Baron Gunung Kidul

Lokasi Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Baron memang cukup jauh jika Anda dari Pusat Kota Yogyakarta, namun lokasi pantai ini sudah cukup baik dan layak untuk dilewati kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Tetapi akses menuju Pantai Baron berbelok-belok dan naik turun. Jadi jika Anda ingin mengunjungi Pantai Baron disarankan untuk berhati-hati.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke wisata Pantai Baron yaitu lebih kurang sekitar 57,1 kilometer dan waktu tempuh untuk kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Pantai Baron sekitar 1 jam 34 menit. Rute menuju ke Pantai Baron masih naik turun dan berbelok-belok tetapi cukup mudah dicapai. Jika Anda mengunakan kendaraan pribadi, dari kota Yogyakarta teman-teman hanya menuju ke arah Kabupaten Gunungkidul via jalan Wonosari-Yogyakarta. Pengunjung juga akan melalui Kecamatan Patuk dan sebagainya.

Tenang petunjuk arah wisata sudah ada di sepanjang perjalanan, bila ingin informasi lebih detail, teman-teman bisa bertanya langsung warga sekitar. Warga Yogyakarta terkenal menjunjung tinggi sopan santun dan berhati baik. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk membimbing dan memudahkan dalam perjalanan, bisa klik di sini .

Harga Tiket Masuk Pantai Baron Gunung Kidul

Harga Tiket untuk memasuki wisata Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta lumayan cukup terjangkau. Anda akan diminta membayar tiket retribusi sebesar Rp. 10.000 per orang. Jadi jika Anda datang dengan satu rombongan membawa mobil, maka Anda harus membayar sesuai jumlah orang yang ada.

Pantai Baron ig @ephongephong
Pantai Baron ig @ephongephong

Sedangkan naik keatas bukit untuk menuju ke menara Mercusuar akan ada biaya retribusi seiklasnya, biaya tersebut belum termasuk biaya masuk ke dalam Mercusuarnya. Untuk tiket masuk ke dalam menara Mercusuar Pantai Baron adalah Rp. 10.000 per orangnya, dan jika ingin naik Mercusuar ini diharapkan berhati-hati dan kalau Anda takut dengan ketinggian kami menyarankan untuk tidak naik. Dikarenakan Ketinggian Mercusuar ini cukup tinggi yaitu 40 meter, dan jika Anda naik bawalah air mineral dikarenakan saat menaiki tangga akan sangat menguras tenaga yang lebih.

Pihak petugas penjaga menara Mercusuar juga menyediakan sewa teropong seharga Rp. 20.000, bagi Anda yang ingin melihat lebih jelas indahnya panorama alam berserta hamparan pantai-pantai nan indah. Selain itu Anda juga akan diminta untuk membayar biaya parkir sepeda motor sebesar Rp.2000 dan Rp. 5000 untuk mobil per unitnya.

Fasilitas di Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Fasilitas yang ada di kawasan Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta sangatlah cukup memadai dan dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. Di kawasan bibir pantai sudah terdapat Camp Ground bagi para traveller yang ingin camping, Gardu Pandang, toko souvenir, tempat memancing dan tentunya menara Mercusuar agar bisa menikmati panorama alam pantai Baron dari atas Mercusuar tersebut.

Pantai Baron ig @pantai.jogja
Pantai Baron ig @pantai.jogja

Pantai Baron juga memiliki kapal nelayan yang di design menarik yang seringkali digunakan wisatawan untuk berfoto. Selain bisa menikmati keindahan alam dan spot-spot unik, Pantai Baron juga menyajikan banyak kuliner laut seperti kepiting, ikan kakap, udang,tongkol, dan masih banyak lagi. Wisatawan dapat memilih sendiri menu yang diinginkan. Fasilitas pendukung lainnya seperti area parkir yang luas, toilet, Musholla dan penginapan juga sudah disediakan disini.

Demikian ulasan kami mengenai menikmati panorama alam dari atas Mercusuar Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta, Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata Yogyakarta. Matur nuwun (GoTripIna)

Leave a Comment