8 Pantai Di Bima Yang Indah Untuk Anda Kunjungi

8 Pantai Di Bima Yang Indah Untuk Anda Kunjungi

Pantai di Bima – Kabupaten Bima adalah salah satu kabupaten yang berada di pulau Sumbawa, propinsi Nusa Tenggara Barat, luas kabupaten Bima sekitar 4.389 km². Nama kabupaten Bima mungkin tidak terlalu dikenal oleh wisatawan apalagi wisatawan luar propinsi Nusa Tenggara Barat. Walaupun kabupaten Bima tidak terlalu terkenal dibandingkan daerah wisata lain pada umumnya tetapi wisata di kabupaten Bima tidak kalah indahnya dibandingkan wisata daerah lain di Indonesia.

Daftar 8 Pantai di Bima

Jika anda berkunjung ke kabupaten Bima, jangan lupa untuk mengunjungi 8 tempat wisata berikut ini, apalagi jarak antara tempat wisata yang kami rekomendasikan ini tidak terlalu jauh dan masih berada di dua kecamatan yang sama. Berikut ini daftar pantai indah di Kabupaten Bima yang bisa Anda kunjungi.

1. Pantai Lariti

Pantai Lariti Bima saat ini memang menjadi primadona wisatawan, khususnya wisatawan lokal kabupaten Bima, sehingga jangan heran apabila pantai yang satu ini tidak sepi dari pengunjung baik saat hari libur maupun hari biasa. Pantai Lariti berlokasi di desa Soro, kecamatan Lambu atau berjarak sekitar 7.1 km atau 21 menit dari pelabuhan Sape jika menggunakan kendaraan roda empat.

Gambar keindahan pantai Lariti di Bima, sumber ig @satyafaisal
Gambar keindahan pantai Lariti di Bima, sumber ig @satyafaisal

Keindahan pantai Lariti memang tidak bisa dipungkiri, apalagi disaat air laut surut, wisatawan bisa melihat pantai yang membelah laut untuk menghubungkan pantai Lariti Bima dengan Nisa Pualiman (pulau Pualiman) yang masih dalam satu kawasan dengan pantai Lariti.

2. Pantai Papa

Eksistensi pantai Papa saat ini mungkin tidak terlalu terkenal dibandingkan saat awal tahun 2010, apalagi semenjak pantai Lairiti dijadikan sebagai tempat wisata dan dibuka untuk umum. Walaupun demikian, tetapi nama pantai Papa masih banyak dikenal oleh wisatawan, wisatawan yang berkunjung ke pantai Papa juga masih lumayan banyak.

Foto pantai Papa di Bima, sumber ig @ansharyatsauri.jpg
Foto pantai Papa di Bima, sumber ig @ansharyatsauri.jpg

Pantai Papa merupakan salah satu pantai indah di Bima yang berlokasi di desa Sumi, kecamatan Lambu, lokasinya berjarak sekitar 12.7 km atau 27 menit menggunakan kendaraan roda empat dari pelabuhan Sape.

Baca juga: Pantai Lakey Sumbawa

3. Pantai Pink

Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memang merupakan pantai di Bima yang memiliki pasir disepanjang pantai yang kelihatan seperti warna merah mudah (Pink). Bagi wisatawan yang bosan melihat pantai dengan pasir putih maka datanglah ke pantai Pink agar melihat keindahan pasir di pintai ini yang berwana kemerah-merahan yang terkontraks dengan warna putih pasir sehingga menghasilkan warna merah muda.

Pantai Pink Lambu di kabupaten Bima, sumber ig @ikatri35
Pantai Pink Lambu di kabupaten Bima, sumber ig @ikatri35

Pantai Pink Bima ini berlokasi di desa Nggelu, kecamatan Lambu. Akses menuju ke lokasi pantai Pink masih menjadi kendala sehingga bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Pink maka harus menggunakan sampan atau boat yang berada di sekitar pelabuhan Sape. Selain di Bima, ada juga lho pantai Pink di Lombok. NTB memang kaya akan wisata pantai yang bagus-bagus.

4. Tanjung Meriam

Saat anda mengunjungi Tanjung Meriam, anda akan melihat pemandangan yang berbeda dibandingkan dengan tempat wisata lain pada umumnya. Di tempat wisata lain mungkin anda akan melihat keindahan pasirnya, keindahan lautnya, atau pemandangan bahari lainnya, tetapi jika anda berkunjung ke tempat wisata yang satu ini anda akan melihat banyak meriam. Walaupun kelihatannya begitu aneh tetapi tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk sekedar mengambil gambar atau video.

Tanjung Meriam berlokasi di desa Nggelu, kecamatan Lambu, lokasinya cukup dekat dengan pantai Pink, jadi bagi anda yang ingin mengunjungi pantai Pink maka mampirlah ke tempat wisata ini.

Berfoto di pantai Tanjung Meriam, sumber ig @fredy_pradana545
Berfoto di pantai Tanjung Meriam, sumber ig @fredy_pradana545

5. Pantai Pulau Kelapa

Walaupun nama pantai ini adalah pantai Pulau Kelapa tetapi bukan berarti di pulau yang satu ini banyak pohon kelapa, malahan pohon kelapa di pantai ini hanya ada satu pohon saja. Saat anda mengunjungi pantai Pulau Kelapa anda akan disuguhkan dengan keindahan alam pulau ini dari atas bukitnya, ditambah dengan keindahan baharinya sehingga anda tidak sia-sai untuk mengunjungi pantai yang satu ini.

Pantai Pulau Kelapa berlokasi di desa Nggelu, kecamatan Lambu. Akses menuju ke lokasi pantai Pulau Kelapa harus menggunakan sampan atau boat yang berada di sekitar pelabuhan Sape. Ketika ingin mengunjungi pantai Pulau Kelapa jangan lupa untuk mampir ke pantai Pasir Putih, pantai Pink, dan Tanjung Meriam yang lokasinya masih satu jalur menuju pantai Pulau Kelapa.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Cukup Jdi diri sendiri. Karna menruh bukan ke ahlian ku. #larity_community #thisisbima #ayokebima #pesonabima #explorebima #pulaukelapa #tripsantai

Sebuah kiriman dibagikan oleh vion (@vion_revolusi_) pada

6. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih adalah salah satu pantai di Bima yang memang masih menjadi incaran wisatawan sampai saat ini, walaupun di kabupaten Bima sudah mulai banyak wisata bahari yang dijadikan sebagai tempat wisata dan dibuka untuk umum tetapi nama pantai Pasir Putih tetap tidak bisa digantikan di hati wisatawan.

Walaupun pasirnya tidak seputih dengan namanya tetapi pantai yang satu ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi pantai Pasir Putih berada di dusun Bajo Timur, desa Bajo Pulo, kecamatan Sape. Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini maka harus menggunakan sampan atau boat yang berada di sekitar pelabuhan Sape.

Pantai Pasir Putih bi Bajo Pulo kabupaten Bima, sumber ig @maz_xaz28
Pantai Pasir Putih bi Bajo Pulo kabupaten Bima, sumber ig @maz_xaz28

7. Pantai Nisa Wawi

Nama pantai Nisa Wawi mungkin cukup asing ditelinga wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar kabupaten Bima. Padahal pantai Nisa Wawi lebih dahulu dijadikan sebagai tempat wisata dan dibuka untuk umum dibandingkan pantai Lariti, pantai Pink, Tanjung Meriam, dan pantai Pulau Kelapa tetapi sayangnya eksplorasi pantai Nisa Wawi tidak seperti 4 tempat wisata tersebut. Sehingga tidak heran jika pantai Nisa Wawi masih sepi dikunjungi oleh wisatawan. Ditambah akses menuju pantai ini juga lumayan sulit, jika wisatawan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua maka harus parkir di sekitar rumah penduduk kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sepanjang ±5 km. Alternatif lain bisa menggunakan sampan atau boat yang berada di sekitar pelabuhan Sape.

Walaupun pantai Nisa Wawi tidak terlalu terkenal tetapi keindahan pantai Nisa Wawi tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Baik dari pemandangan alam dari atas bukitnya maupun keindahan bahari lautnya. Lokasi pantai Nisa Wawi berada di dusun Nanga Nur, desa Sangia, kecamatan Sape.

Pemandangan di pantai Nisa Wawi kabupaten Bima, sumber ig @nurkhoiriyah495
Pemandangan di pantai Nisa Wawi kabupaten Bima, sumber ig @nurkhoiriyah495

8. Pantai Moti To’i

Sama hasnya dengan pantai Nisa Wawi, pantai Moti To’i merupakan salah satu pantai di Bima yang juga cukup asing ditelinga wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar kabupaten Bima. Padahal keindahan pantai ini juga tidak kalah menariknya dari pantai lainnya karena pasir di pantai ini cukup bersih ditambah lautnya yang jernih.

Foto pantai Moti Toi, sumber ig @suharyanto_prasetyo
Foto pantai Moti Toi, sumber ig @suharyanto_prasetyo

Lokasi pantai Moti To’i berada di desa Sangia, kecamatan Sape atau cukup dekat dengan pantai Nisa Wawi, sehingga jika ingin berkunjung ke pantai Nisa Wawi maka sempatkan berkunjung ke pantai Moti To’i. Akses menuju ke pantai ini juga masih menjadi kendala, wisatawan harus berjalan kaki melewati bukit atau bisa menggunakan sampan atau boat yang berada di sekitar pelabuhan Sape.

Demikian informasi tentang 8 pantai di kabupaten Bima yang dapat anda kunjungi hanya dengan 1 hari saja di 8 tempat wisata tersebut. Semoga menambah pengetahuan bagi anda dan meningkatkan keinginan anda untuk menjadikan kabupaten Bima sebagai tempat tujuan wisata anda. Semoga bermanfaat, dan dukung dunia wisata Indonesia meski hanya dengan share informasi ini kepada sahabat Anda.

Leave a Comment