3 Pantai di Dompu Yang Indah dan Sayang Dilewatkan

Saat anda berwisata ke pulau Lombok maka sempatkan diri menyeberang ke pulau Sumbawa untuk mengunjungi wisata bahari yang ada di kabupaten Dompu karena ada 3 pantai nan indah yang patut untuk anda kunjungi. Pantai  yang akan kami bahas kali ini tidak kalah bagusnya lho dengan pantai-pantai yang ada di pulau Lombok. Berikut ini akan kami berikan informasi 3 pantai di Dompu untuk anda, yakni :

Pantai Wadu Me’e

Pantai Wadu Me’e berlokasi di desa Lasi, kecamatan Kilo, kabupaten Dompu. Akses menuju ke pantai ini tidak terlalu sulit karena jalan yang di tempuh sudah beraspal dan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari ibu kota Dompu. Pantai Wadu Me’e memiliki garis pantai pasir putih yang panjang dan bersih, air laut yang biru jernih, ditambah jajaran pohon kelapa menambah eksotisnya pemandangan pantai ini.

Bagi anda yang ingin berwisata ke pantai ini, datanglah saat sore hari agar anda dapat melihat keindahan sunset, apalagi dipadukan dengan gunung tambora. Dimana ketika sang mentari ufuk barat mulai terbenam atau bersembunyi disisi bagian utara Gunung Tambora sehingga membuat peraduannya terlihat indah.

Pantai Wadu Mee di Dompu Sumbawa, sumber ig @rojifhr
Pantai Wadu Mee di Dompu Sumbawa, sumber ig @rojifhr

Pantai Lakey

Bagi anda yang menyukai olahraga selancar, pantai ini sangatlah cocok untuk anda karena cara menikmati keindahan pantai lakey yakni dengan berselancar. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang memiliki ombak terbaik dan berlokasi di kecamatan Hu’u, kabupaten Dompu. Wisatawan yang datang dan sering berselancar di pantai ini menyebut ombak yang ada di pantai ini dengan sebutan ombak kidal karena karakteristik ombaknya sangat beda dari ombak biasanya. Ombak kidal ini memiliki arah sapuan ke kiri sedangkan arah sapuan ombak pada umumnya yaitu ke arah kanan.

Wisatawan berselancar di pantai Lakey Dompu, sumber ig @m.cahyadi_bgr
Wisatawan berselancar di pantai Lakey Dompu, sumber ig @m.cahyadi_bgr

Selain ombaknya yang menantang, di pantai ini juga menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dan menawan. Jika anda datang ke pantai ini maka datanglah antara bulan april – oktober karena diwaktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga selancar. Jika nanti saat anda berkunjung ke pantai ini jangan heran karena ternyata wisatawan yang berkunjung ke pantai ini di dominasi oleh wisatawan mancanegara.

Selengkapnya baca: pantai Lakey Sumbawa

Pantai Pulau Satonda

Pulau Satonda memiliki bentuk yang unik karena berupa daratan vulkanis yang terbentuk karena letusan gunung api. Pulau Satonda memiliki pantai yang berpasir putih dan menyimpan kekayaan terumbu karang di perairan sekitarnya. Pulau Satonda telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL) pada tahun 1999 oleh Menteri Kehutanan dan Perkebunan karena potensi alam lautnya memiliki kekayaan terumbu karang.

Secara administratif pulau Satonda masuk dalam wilayah kecamatan Pekat, kabupaten Dompu. Saat anda berkunjung ke sini, anda tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja melainkan dapat menikmati keindahan danaunya juga. Danau yang terbentuk di kawah Satonda dulunya terisi air tawar. Letusan Gunung Tambora yang mengakibatkan tsunami mengantar air laut mengisi kawah tersebut dan mengubahnya menjadi danau air asin hingga sampai saat ini.

Pulau Satonda di kecamatan Dompu, sumber ig @funtasticindonesia
Pulau Satonda di kecamatan Dompu, sumber ig @funtasticindonesia

Jika anda ingin melihat secara langsung keindahan 3 pantai diatas maka sempatkan diri anda untuk berwisata ke kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner Sumbawa saat berkunjung ke salah satu pantai indah di kabupaten Dompu yang kami sebutkan diatas ya.

Semoga dengan informasi pantai di Dompu diatas dapat meningkatkan pengetahuan dan keinginan anda untuk berwisata ke Nusa Tenggara Barat. Mohon dukungannya untuk menyebarluaskan potensi wisata Indonesia dengan membagikan tulisan ini melalui sosial media yang tersedia. Terimakasih, salam hormat dari GoTripina.

Leave a Comment