Pesona Pantai Kuta Lombok dan Keunikan Sejarah Mandalika

Pantai Kuta Lombok – Pulau Lombok selalu menampilkan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kepopuleran wisata Lombok sudah banyak dikenal hingga ke mancanegara. Hal ini dikarenakan terdapat banyak destinasi wisata mulai dari pantai, gili, air terjun, hingga pendakian yang bisa ditemukan di daerah ini. Keindahan alam bahari di Lombok memang sudah banyak dibicarakan, salah satunya pantai Kuta Lombok Mandalika.

Pantai Kuta Lombok Mandalika ini merupakan objek wisata yang mulai dikenal di kalangan masyarakat. Bentang alam dengan keindahan yang masih alami dapat ditemukan di destinasi wisata ini. Pesona yang ditawarkan mulai dari kejernihan air laut dengan terumbu karang yang dapat dilihat langsung dari permukaan laut.

Pesona alam yang disajikan

Objek wisata di pantai Kuta ini merupakan objek wisata yang cocok untuk seluruh keluarga. Keadaan alam yang nyaman menjadikan lokasi ini aman untuk mengajak anak-anak bermain di daerah pantai. Pesona yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini yaitu keindahan pantai yang membentang luas dengan deburan ombak tenang dan angin yang berhembus secara sepoi-sepoi. Sehingga nuansa liburan bersama dengan keluarga menjadi sangat terasa di objek wisata ini.

Pantai Kuta Lombok, sumber ig ismilovarian29
Pantai Kuta Lombok, sumber ig @ismilovarian29

Pantai Kuta Lombok menyajikan pesona hamparan pasir yang bersih dan putih membentang luas sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah Barat, tedapat bukit yang dinamakan Bukit Mandalika yang mempunyai keindahan yang tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Pemandangan yang disajikan dari ketinggian memiliki nuansa tersendiri sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan pantai Kuta.

Cerita yang ada di masyarakat

Nama Bukit Mandalika diambil dari cerita legenda yang berasal di kalangan masyarakat setempat yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Menurut kisah yang ada, Putri Mandalika melompat ke laut dari bukit ini karena menghindari pangeran yang ingin menjadikannya istri. Akan tetapi, pada saat ini Bukit Mandalika merupakan salah satu spot yang tepat ketika berada di pantai Kuta Lombok Mandalika untuk menikmati keindahan bersihnya laut dan gugusan terumbu karang yang samar-samar terlihat.

Baca juga artikel : Menyapa Keindahan Alam di Pantai Senggigi Lombok

Putri Mandalika yang menjeburkan diri ke laut dipercayai oleh masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale. Pada saat-saat tertentu, terdapat banyak cacing Nyale yang muncul ke permukaan laut hingga ke pantai. Kondisi ini terjadi selama satu tahun sekali, dengan adanya festival yang diadakan untuk menghormati cacing-cacing tersebut.

Kuta Mandalika Lombok, sumber ig lm._izi
Kuta Mandalika Lombok, sumber ig @lm._izi

Oleh masyarakat sekitar, cacing-cacing ini diolah menjadi hidangan makanan yang lezat sebagai rasa terima kasih kepada Putri Mandalika. Hari-hari kemunculan cacing Nyale semakin kesini ditunggu kedatangannya oleh para wisatawan dalam negeri ataupun mancanegara. Hal ini merupakan salah satu daya tarik yang berada di kawasan pantai Kuta. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukan kegiatan dalam festival Nyale yaitu menagkap cacing Nyale untuk kemudian dijadikan sebagai hidangan makanan.

Harga masuk kawasan Pantai Kuta Mandalika

Biaya masuk yang dikenakan untuk menikmati keindahan alam beserta dengan legenda yang berkembang di masyarakat Pantai Kuta Mandalika yaitu sekitar Rp 5.000,- per orangnya. Biaya tersebut belum termasuk biaya yang dikenakan ketika ingin menggunakan fasilitas yang banyak disediakan oleh pengelola objek wisata ini.

Fasilitas yang ditawarkan

Sebagai salah satu objek wisata yang tengah dibicarakan oleh banyak wisatawan ataupun masyarakat, pantai Kuta Lombok Mandalika mempunyai berbagai fasilitas penunjang wisata. Salah satunya yaitu berbagai fasilitas olahraga air yang dapat dicoba oleh wisatawan. Selain itu, berbagai wahana air seperti banan boat dan windsurfer juga menjadi daya tarik objek wisata ini.

Kegiatan olahraga ekstrem yaitu paralayang juga dapat didapatkan dari fasilitas yang ada di pantai ini. Paralayang dilakukan di perbukitan seperti Bukit Mandalika sehingga aman dan sedit potensi kecelakaannya. Dengan menikmati fasilitas kegiatan paralayang, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dari ketinggian dengan pengalaman yang tentunya menarik untuk dikenang.

Kemudian untuk yang hobi berselancar juga dapat melakukan selancar di kawasan pantai Kuta Lombok Mandalika. Akan tetapi, kegiatan selancar di lokasi ini tidak dapat dilakukan setiap saat karena ombak yang tidak terlalu mendukung. Aktivitas berselancar hanya dapat dilakukan di siang hari yaitu sekitar pukul 1 siang hingga pukul 3 siang. Hal ini dikarenakan ombak pada jam tersebut merupakan ombak yang terbaik dan bersahabat bagi para peselancar.

Pantai Kuta Lombok, sumber ig kelombok_dawek
Pantai Kuta Lombok, sumber ig @kelombok_dawek

Akses menuju ke pantai Kuta Lombok Mandalika

Objek wisata ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasi objek wisata yang dekat dengan Bandara Internasional Lombok sehingga sangat mudah untuk dikunjungi. Sebab tidak memerlukan perjalanan yang cukup panjang untuk dapat menikmati keindahan dari destinasi wisata ini, yaitu hanya sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok.

Baca Juga Artikel : Gili Meno Lombok, Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Untuk perjalanan yang ditempuh dari Pantai Senggigi yaitu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menggunakan rute ini, wisatawan dapat melewati Kota Mataram dan terdapat banyak akses transportasi umum. Sedangkan untuk akses transportasi umum dari Bandara Internasional Lombok ke pantai Kuta Lombok Mandalika cenderung jarang. Sehingga akan lebih baik apabila melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan.

Demikian ulasan menarik mengenai Pantai Kuta Lombok Mandalika. Semoga pembahasan ini dapat menghibur dan menambah wawasan mengenai pesona wisata Indonesia. Dukung terus pariwisata Indonesia dan simak berbagai artikel wisata lainnya di GoTripina.

Leave a Comment