Pantai Lariti Bima, Salah Satu Sudut Eksotis dari Bima

Pantai Lariti Bima – Bima menjadi salah satu destinasi wisata singgahan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan berwisata dari Lombok ke Labuan Baju. Biasanya wisatawan yang melalui jalur darat dari Lombok menuju Labuan Bajo akan melewati Bima tepatnya melalui Pelabuhan Sape karena Pelabuhan Sape berlokasi diujung timur Kabupaten Bima yang menjadi penghubung antara Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Nusa Tenggara Timur.Banyak tempat wisata indah di timur Kabupaten Bima salah satunya pantai yang berada didekat Pelabuhan Sape yakni sebuah pantai nan indah dan eksotis yang bernama pantai Lariti. Pantai ini menjadi salah satu dari beberapa pantai di Bima yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Berikut ini kami berikan informasi kepada anda mengenai pantai Lariti yang patut anda ketahui

1. Lokasi Pantai Lariti

Pantai Lariti letaknya cukup strategis yakni berlokasi di Desa Soro, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima dengan jarak sekitar 7,1 km dari Pelabuhan Sape.
Foto dari jauh penampakan pantai Lariti Sape Bima, sumber ig @rizkaf3ani
Foto dari jauh penampakan pantai Lariti Sape Bima, sumber ig @rizkaf3ani

2. Transportasi

Mode transportasi yang dapat anda gunakan untuk menuju ke pantai Lariti jika anda berada di Pelabuhan Sape ada 2 yakni mode darat menggunakan motor atau mobil dan mode laut menggunakan sampan. Waktu tempuh dari Pelabuhan Sape menuju ke pantai Lariti sekitar 20 menit menggunakan motor atau mobil dan sekitar 30 menggunakan sampan.
Baca juga: Pulau Ular di Bima NTB

3. Laut Membelah Dua

Salah satu keindahan pantai Lariti Bima yang jarang anda jumpai di pantai lain di Indonesia dan membuat wisatawan banyak mengunjunginya karena terdapat momen laut membelah dua. Laut membelah dua terjadi ketika air laut surut dari pantai Lariti menuju Nisa Paliman (Pulau Paliman). Rasanya tidak lengkap jika anda datang berwisata ke pantai Lariti tetapi tidak memanfaatkan momen yang satu ini, agar momen ini dapat anda abadikan maka berkunjunglah ke pantai Lariti pada pukul 09.00 s/d 14.00 WITA.
Foto bagian daratan yang membelah laut di pantai Lariti Bima, sumber ig @yuyun1683
Foto bagian daratan yang membelah laut di pantai Lariti Bima, sumber ig @yuyun1683

4. Pasir dan Air Laut

Keindahan lain yang ada di pantai Lariti yakni pasir pantainya yang putih bersih sehingga bagi anda yang suka bermain pasir maka pantai ini sangat cocok bagi anda. Selain itu, air lautnya yang biru jernih ditambah ombaknya yang tidak terlalu besar sehingga membuat anda lebih tenang ketika berenang atau menyelam di pantai ini.

5. Fasilitas Pantai Lariti Bima

Demi menunjang pariwisata sehingga berbagai fasilitas dibangun di pantai ini seperti Musholla, warung makan dan minum, gazebo, toilet umum, spot foto, jasa penyewaan kamera, dan fasilitas penunjang lainnya. Tiket masuk ke pantai Lariti cukup terjangkau sekitar Rp. 5.000 perorang sudah termasuk sewa parkir motor, mobil, atau sampan.
Baca juga: Tempat Selancar Pantai Lakey Sumbawa

6. Waktu Operasi

Pantai Lariti Bima tidak dibuka selama 24 Jam untuk wisatawan melainkan hanya dibuka pada pukul 07.00 – 17.00 WITA. Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir karena dapat menyewa penginapan di sekitar Pelabuhan Sape.
Gambar keindahan pantai Lariti di Bima, sumber ig @satyafaisal
Gambar keindahan pantai Lariti di Bima, sumber ig @satyafaisal
Penasaran seperti apa keindahan pantai Lariti ? terutama pada momen laut yang terbelah dua maka datang langsung ke pantai ini. Apalagi bagi anda yang berwisata dari Lombok ke Labuan Bajo sambil menunggu jadwal penyeberangan dapat menyempatkan diri untuk berkunjung pantai Lariti Bima.Sekian ulasan singkat dari kami tentang pantai Lariti Sape di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat ini. Semoga bisa menjadi salah satu informasi bermanfaat untuk pembaca semua. Jika berkenan, mohon share tulisan ini di sosial media yang tersedia, sebagai wujud dukungan terhadap kemajuan wisata Indonesia. Salam hangat dari GoTripina.

Leave a Comment