Home » Pantai » Pantai Ora, Destinasi Wisata yang Patut Dikunjungi Di Maluku

Pantai Ora, Destinasi Wisata yang Patut Dikunjungi Di Maluku

Ketika membahas wisata alam di Indonesia Timur 80% berbicara tentang wisata alamnya, baik gunung sampai pantai. Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika Maluku mempunyai banyak destinasi wisata keren-keren yang patut untuk dikunjungi. Keindahan destinasi wisata di Maluku membuat Traveler ingin berlama-lama dan tidak ingin meninggalkannya. Butuh waktu dan budget yang tidak sedikit untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di sini.

Panorama wisata Maluku Utara dan Maluku menyimpan pesona alam yang memukau seperti Pulau Bair yang tidak diragukan lagi keindahannya bawah lautnya. Dibalik keindahan destinasi wisata yang ada di Maluku, cukup disayangkan karena akses jalan menuju destinasi wisata tersebut masih cukup sulit sehingga Traveler berpikir dua kali untuk kesana. Tetapi jangan salah, sekali liburan ke Maluku akan terpukau dengan tawaran suguhan destinasi wisata alamnya. Bahkan tidak jarang dari Traveler nasional dan mancanegara sengaja berlama-lama di Maluku agar bisa mengunjungi dan menikmati beberapa destinasi wisata yang ada di sini dengan puas.

Dari sekian destinasi wisata yang ada di Maluku, pada Artikel gotripina.com kali ini akan membahas semua tentang Pantai Ora Ambon dari keindahannya sampai budget yang perlu dipersiapkan. Check it dot!

Surga Tersembunyi dari Pantai Ora

Pantai Ora terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Daya tarik ini yang menjadikan Traveler lokal maupun asing menyaksikan secara langsung keindahannya. Pantai yang bersih, laut biru nan jernih, bak kaca yang dapat menembus pemandangan bebatuan karang dari atas. Bahkan keindahan pantai ini digadang-gadang hampir serupa dengan pantai yang ada di Maladewa.

Keindahan Alam yang Menakjubkan

Pantai Ora memiliki keindahan panorama yang menakjubkan mata setiap insan yang memandang. Dengan air laut warna biru toska, serta perairan jernih, dari permukaan bisa terlihat terumbu karang serta ikan-ikan yang sedang berenang.  Wisatawan dapat menikmati pemandangan sunrise, sunset dan gugusan bintang yang sangat cantik ketika berada seharian di pantai ini. Selain itu, pemandangan pegunungan yang masih asri membuat nilai tambah untuk pantai ini.

Menjelajahi Panorama Bawah Laut

Kurang lengkap jika hanya berdiam diri setelah sampai di Pantai Ora. Traveler bisa menyiapkan peralatan untuk snorkeling atau diving untuk menyaksikan alam bawah laut yang eksotis. Tidak perlu snorkeling dan diving terlalu dalam jika ingin melihat keindahan permukaan dasar pantai. Hanya berkedalaman lebih kurang 2 meter saja Traveler sudah dapat melihat terumbu karang dan ikan. Aktivitas ini dapat dilakukan di area yang berdekatan dengan tebing.

Berburu View Foto yang Menarik

Traveler jangan lupa untuk berburu foto dengan view pemandangan alam Pantai Ora Maluku Tengah yang mempesona karena di pantai ini banyak sekali spot foto yang menarik. Traveler dapat hunting foto dengan pemandangan alam yang indah. Seperti padang pasir putih yang cantik dipandang, penginapan tradisional berdiri di atas permukaan laut biru, pegunungan hijau yang indah dan masih asri, dan keindahan bawah laut dengan terumbu karang dikelilingi ikan berwarna-warni yang hilir mudik.

Mencicipi Kuliner Khas Maluku

Selain itu, Traveler juga bisa memburu kuliner tradisional khas Maluku dan mencicipi langsung. Kuliner khas Maluku meliputi gohu ikan, ikan kuah pala banda, ikan komu asa, nasi jaha, sambal colo-colo, nasi lapoda, kohu-kohu, dan tidak ketinggalan adalah kuliner yang terbuat dari sagu yang menjadi ciri khas dari Indonesia timur seperti papeda, bubur sagu ubi, sagu woku komo-komo, dan masih banyak lagi kuliner lainnya yang tidak kalah lezatnya.

Melihat Kebudayaan Asli Pantai Ora

Pantai Ora diapit oleh Desa Saleman dan Desa Sawai yang terkenal dengan julukan desa adat atau negeri adat. Bagi Traveler yang tertarik dengan segala pernak pernik kebudayaan tradisional ala antropolog, disini adalah surga. Salah satu segi budaya yang menarik adalah Kepulauan Seram dihuni oleh penduduk suku Alifuru serta suku asli lain seperti Hoaulu dan sebagainya.

Informasi Akses Menuju Pantai Ora

Lokasi Pantai Ora terletak di salah satu Pulau Seram. Lebih jelasnya di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pantai Ora yang berada di teluk Sawai bersebelahan dengan dua desa yaitu Desa Saleman dan Desa Sawai. Tepatnya di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Akses Jakarta Menuju Ambon

Jika menuju Pantai Ora dari Jakarta maka tujuan landasan di Ambon. Saat ini banyak penerbangan di Indonesia yang menawarkan rute dari Jakarta menuju Ambon. Traveler bisa memilih maskapai sesuai keinginan dengan kelas sesuai kebutuhan. Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk penerbangan selama 4 jam 35 menit.

Akses Tuleha ke Amahi

Untuk menuju Pantai Ora, dari Ambon ke Pelabuhan Halnura, Tulehu. Perjalanan masih cukup panjang karena harus menyebrang menggunakan kapal Ferry menuju Amahi. Dari Pelabuhan Tulehu dengan tujuan Amahi mempunyai dua jadwal, yaitu pukul 09.00 dan 16.00 untuk Senin – Sabtu. Sementara, hari Minggu hanya ada satu kali pada pukul 11.00. Untuk jadwal kembali dari Amahi  ke Tulehu, pukul 08.00 dan 14.00 pada hari Senin-Sabtu. Hari Minggu pada pukul 15.00.

Akses Amahi ke Desa Saleman

Setelah sampai di Amahi menuju Pantai Ora, belum ada transportasi umum untuk sampai ke Pelabuhan Desa Saleman yang menghubungkan pantai tersebut. Namun, jangan khawatir ada transportasi alternatif dari Amahi ke Desa Saleman dengan sewa kendaraan. Waktu tempuh kurang lebih sekitar 2,5 jam. Selama perjalanan ada suguhan pemandangan yang tidak kalah indah dengan menyusuri Masohi, Teon, Nila dan Serua. Perjalanan semakin seru dengan melewati liku-liku jalur pegunungan dan Taman Nasional Manusela.

Jika sudah mencapai Pelabuhan Desa Saleman, perahu kecil bermesin akan mengantar Traveler menguak keindahan alam Pantai Ora di Maluku. Selain itu, biasanya warga setempat yang menuju ke pantai ini dengan jalan kaki melewati tebing jalan setapak di tepi Teluk Sawai. Tampaknya bakal seru jika liburan akhir tahun bisa berkunjung ke pantai Ora.

Tiket Masuk, Waktu Buka, dan Penginapan

Cukup berbeda dengan pantai yang lain, menikmati panorama Pantai Ora tidak berbayar alias gratis. Pantai ini juga dibuka 24 jam. Kompensasi dari hal tersebut akses menuju surga tersembunyi ini memerlukan budget yang tidak sedikit. Traveler tidak cukup sehari mengeksplor keindahan pantai. Sekarang, kawasan ini banyak yang menawarkan resort dengan biaya terjangkau. Traveler bisa lebih lama dan menyusur wisata alam di daerah ini. Apalagi untuk sampai ke Pantai Ora merogoh kocek yang cukup dalam, maka bisa menginap untuk menikmati liburan.

Perkiraan Biaya Mengintip Keindahan Pantai Ora

Perkiraan rincian biaya backpacker ke Pantai Ora Ambon, PP dari Jakarta – Ambon kurang lebih memungut biaya 5 juta dengan durasi 4 jam 35 menit penerbangan. Pelabuhan Tulehu menuju Amahai dengan tiket kapal Ferry, VIP sekitar 260 ribu dan ekonomi 125 ribu, sehingga akumulasi pada kisaran 250 s/d 500 ribu. Selanjutnya dari Pelabuhan Amahai ke Desa Saleman perlu sewa kendaraan kurang lebih 800 ribu, maka untuk PP membutuhkan biaya 1,6 juta. 

Dari Pelabuhan Desa Saleman menggunakan perahu untuk sampai ke pantai, kira-kira merogoh kantong sekitar 100 ribu, jadi PP menjadi 200 ribu. Jika ingin menginap dan menyewa satu kamar kurang lebih 750 ribu. Jadi itulah kisaran biaya yang perlu dipersiapkan untuk mengintip surga tersembunyi di Pantai Ora.

Jadi itulah informasi terkait segala sesuatu tentang Pantai Ora. Semoga Traveler tidak ciut, sebaliknya menjadi semangat untuk menabung mewujudkan mengeksplor keindahan alam pantai ini.

Leave a Comment