Menyapa Keindahan Alam di Pantai Senggigi Lombok

Keindahan Pulau Lombok seakan tak pernah ada habisnya. Selalu banyak wisata-wisata alam baru yang menarik untuk dinikmati dan dieksplor. Pulau yang terkenal keindahan alamnya ini mempunyai berbagai macam destinasi wisata mulai dari penjelajahan atau pendakian hingga wisata bahari yang menakjubkan. Salah satu objek wisata bahari yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Senggigi Lombok.

Pantai Senggigi Lombok merupakan destinasi wisata yang sudah terkenal keindahannya hingga ke mancanegara. Tempat ini menyajikan panorama alam yang memukau, sehingga tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai ini juga mempunyai garis pantai yang panjang dengan gradasi pasir pantai yang berwarna hitam hingga putih ketika mendekati pantai. Selain itu, pantai ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar dan air lautnya masih bersih dan jernih.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Senggigi

Sebagai salah satu destinasi yang menjadi tujuan utama bagi wisatawan ketika tengah berada di kawasan Lombok, Pantai Senggigi menawarkan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan di dalamnya. Biasanya wisatawan mancanegara lebih senang menghabiskan waktu wisata dengan berjemur, berenang di laut, snorkeling, atau pun hanya sekedar bermain-main santai di tepi pantai.

Pemandangan dari udara pantai Senggigi di Lombok, sumber ig @liburankelombok
Pemandangan dari udara pantai Senggigi di Lombok, sumber ig @liburankelombok

Kondisi air laut yang berada di pantai ini sangat jernih, sehingga membuat para wisatawan dapat menikmati keindahan panorama bawah laut hanya dengan melihat dari atas permukaan laut. Wisatawan juga dapat melihat berbagai macam kawanan ikan yang berenang dengan bebas di pantai ini. Selain itu, untuk dapat melihat keindahan bawah laut dengan lebih jelas, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas snorkeling ataupun sekedar berenang di dalam laut.

Pantai Senggigi Lombok masih mempunyai habitat terumbu karang yang terjaga dan terpelihara hingga saat ini. Terumbu karang tersebut merupakan rumah alami bagi para ikan-ikan kecil yang indah untuk dilihat. Sehingga objek wisata ini juga merupakan salah satu tempat yang pas untuk para wisatawan melakukan kegiatan snorkeling. hal tersebut juga didukung dengan adanya ombak laut yang tidak terlalu kuat, sehingga membuat para pengunjung tidak terlalu khawatir terbawa arus ketika tengah melakukan aktivitas snorkeling.

Selain berenang ataupun snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut, hal yang dapat dilakukan di tempat ini yaitu aktivitas jogging ataupun yoga. Dengan adanya garis pantai yang sangat panjang, jogging ataupun yoga merupakan salah satu aktivitas yang tepat untuk dilakukan di objek wisata ini. Selanjutnya, di Pantai Senggigi juga mempunyai panorama senja dengan matahari terbenam yang romantis. Sehingga kegiatan bersantai di tepi pantai sambil berbincang dengan kawan ataupun pasangan menjadi kegiatan yang dinantikan.

Akses dan lokasi menuju ke Pantai Senggigi

Untuk dapat berkunjung ke pantai ini, perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum dari arah kota Mataram. Apabila wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini berada di kota Mataram ataupun Bandara Selaparang Mataram, waktu perjalanan yang dapat dihabiskan menuju ke Pantai Senggigi Lombok sekitaran 30 hingga 50 menit.

Apabila pengunjung yang akan melakukan perjalanan tidak membawa mobil pribadi, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan menyewa kendaraan ataupun dengan menggunakan angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, rute yang ditempuh dari Mataram menuju ke Pantai Senggigi yaitu dengan menggunakan rute Sweta-Ampenan kemudian Ampenan-Senggigi.

Foto sunset di pantai Senggigi Lombok, sumber ig @magistraqiqi
Foto sunset di pantai Senggigi Lombok, sumber ig @magistraqiqi

Sesampainya di Senggigi, pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan berjalan kaki hingga tiba di sekitaran tepi pantai. Selain itu, sambil berjalan kaki, wisatawan dapat melihat berbagai macam deretan toko souvenir, makanan, hingga cenderamata yang ada di kanan kiri jalan. Dengan menggunakan angkutan umum, wisatawan juga mempunyai kesempatan untuk berpapasan langsung dengan kendaraan tradisional Mataram yang masih beroperasional di daerah-daerah yang tidak terjangkau mobil, yaitu kendaraan Cidomo.

Harga tiket masuk

Wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi ini tidak perlu cemas mengenai tiket masuk yang ada. Pasalnya tempat wisata ini tidak menarik biaya untuk dapat menikmati keindahan yang ada di dalamnya. Hanya saja, biaya yang dikenakan yaitu biaya parkir motor sekitar Rp 5.000,- dan parkir mobil sekitar Rp 10.000,- serta parkir bus yaitu sekitar Rp 20.000,-. Sehingga dengan demikian, destinasi wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat saying untuk tidak dikunjungi.

Fasilitas yang ditawarkan

Berbagai fasilitas banyak ditawarkan di sekitaran objek wisata ini. Mulai dari penyewaan alat snorkeling, penginapan, hotel, resto khas Lombok, live music hingga diskotik terdapat di destinasi ini. Selain itu, untuk masalah kuliner para wisatawan tidak perlu merasa khawatir karena di depan lokasi wisata Pantai Senggigi Lombok ini terdapat pasar seni yang menyediakan berbagai makanan lokal dengan harga yang cenderung murah dan terjangkau untuk para wisatawan yang tengah berkunjung.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke pantai Senggigi di Lombok kah? Segera kontak agen paket wisata Lombok yang menjadi langganan Anda. Sampaikan tanggal keberangkatan dan selamat menikmati liburan berkualitas di pulau Lombok. 🙂

Leave a Comment