Pantai Tangsi Lombok Timur (Foto, Pesona, Lokasi + Daya Tarik )

Pantai Tangsi Lombok – Berencana liburan mendatang untuk datang ke Lombok? Lombok memang dikenal sebagai surganya destinasi wisata. Puluhan wisata alam seakan-akan disuguhkan di sana mulai dari pantai sampai gunung pun elok. Apalagi Pantai Tangsi Kabupaten Lombok Timur yang menjadi favorit para wisatawan karena mempunyai daya tarik tersendiri. Lantas, apa istimewanya dari pantai ini? berikut ini ulasannya.

Daya Tarik Pantai Tangsi

Pantai Tangsi juga disebut sebagai Pantai Pink. Ternyata selain di Pulau Komodo Pantai Pink juga ada di Lombok. Daya tarik dari pantai ini dari pasirnya yang berwarna pink. Warna pink ini diperoleh karena adanya spons ataupun porifera yang hidup di pantai ini. pecahan dari hewan inilah yang nantinya akan bercampur dengan pasir sehingga menjadi pink.

Pantai Tangsi di kabupaten Lombok Timur juga memiliki lanskap datar dengan dikelilingi tebing-tebing berjajaran. Liburan bersama keluarga ataupun kerabat tentu semakin menyenangkan dan seru. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Tangsi. Dari berjalan-jalan di bibir pantai sampai aktivitas snorkeling.

Konon jika menilik sejarah silam, pantai ini diberikan nama tangsi karena pada masa penjajahan Jepang pertama kali mendarat di kawasan Lombok dan mendirikan barak atau dikenal dengan Tengsi. Tak jauh dari sini juga terdapat sebuah gua yang digunakan Jepang untuk bersembunyi. Tak seperti pantai massal pantai Tangsi jarang dihuni oleh penduduk sehingga bak pulau pribadi.

Jika ukuran ekonomis, Pantai Tangsi Kabupaten Lombok Timur jauh lebih murah dibandingkan dengan Pink Beach yang ada di Pulau Flores. Mengapa demikian? Karena untuk menuju Pantai Tangsi bisa diakses dengan kendaraan bermotor. Namun, jika ingin berkunjung ke Pink Beach Flores maka sepertinya harus menyewa perahu.

Baca juga: Pesona Wisata Gili Meno Lombok

Selain pasirnya Pantai tangsi juga mempunyai panorama keindahan lainnya. Apalagi jika datang ke pantai Tangsi di waktu cerah, maka akan terlihat jelas latar belakang berupa Gunung Rinjani yang semakin menawan. Tak heran jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk datang menikmati keindahan alam Pantai Tangsi.

Untuk tempat snorkeling di Pantai tangsi sedikit jauh dari pantai sehingga harus menyewa perahu menuju ke sana. Meskipun demikian, tak akan rugi jika sampai tempat snorkeling karena keindahan biota lautnya. Jangan khawatir, jika lupa tidak membawa perlengkapan snorkeling, banyak operator yang menyewakan perlengkapan tersebut.

Terumbu karang berwarna pink di pantai Tangsi Lombok, sumber ig @temonogatari
Terumbu karang berwarna pink di pantai Tangsi Lombok, sumber ig @temonogatari

Ombak di pantai tangsi tidak cukup besar sehingga bersantai-santai menjadi ide bagus. Seraya menikmati alamnya yang begitu memikat. jika dirasa mulai bosan di area pantai maka bisa beralih ke pulau yang ada di dekatnya. Jadi sekali berkunjung ke pantai bisa menikmati berbagai pulau lainnya yang berada di kawasan ini.

Pemandangan yang tak kalah jauh bagusnya yaitu tebing-tebing yang mengapit pantai Tangsi. Ada salah satu tebing yang mengarah ke pantai ini. jika bisa memanjat tebing tersebut tentu pemandangan pantai pink dari ketinggian semakin memukau. Jadi tunggu apalagi rencana liburan ke Lombok menjadi ide bagus untuk sejenak menghilangkan penat pekerjaan.

Tips Liburan Ke Pantai Tangsi

Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi acuan saat berkunjung ke Pantai Pink di Pulau Lombok:

  • Pasalnya lokasi Pantai Tangsi terbilang cukup jauh sehingga pastikan bahan bakar kendaraan yang dibawa dalam keadaan penuh. Hal ini dimaksudkan supaya sampai ke tempat tujuan tepat waktu karena sepanjang perjalanan belum tentu ada yang menjual bahan bakar.
  • Mengingat pantai ini jarang ada penduduk menjadikan pantai ini sepi. Namun, kabarnya saat ini banyak warung yang menyediakan makanan. Untuk berjaga-jaga maka sebaiknya membawa makanan ringan dari rumah.
  • Harga penyewaan perahu di Pantai tangsi berkisaran 300.000.
  • Perlengkapan snorkeling bisa disewa dengan harga cukup murah yaitu 25.000
  • Sebaiknya berkunjung ke pantai saat pagi atau siang hari. jika pulang terlalu kemalaman penenangan kurang baik dan rawan terjadi tindakan kejahatan.
  • Jalur akses menuju Pantai tangsi belum cukup baik sehingga diperlukan kendaraan yang prima.

Untuk menuju ke Pantai Pink tidak cukup mudah karena akses jalannya masih rusak sehingga benar-benar menyediakan kendaraan untuk mencapai tempat tujuan.

Foto pantai Tangsi Lombok Timur dari bagian atas, sumber ig @rainerseelen
Foto pantai Tangsi Lombok Timur dari bagian atas, sumber ig @rainerseelen

Lokasi Pantai Tangsi Lombok Timur

Pantai Tangsi tepatnya terletak di Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Umumnya banyak pengunjung memulai perjalanan dari Kota Mataram. Rute perjalanan yang masih rusak dan berlubang maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menuju tujuan. Untuk sampai ke pantai tangsi ada beberapa petunjuk informasi salah satunya ada saat 1 KM sebelum tempat wisata Tanjung Ringgit. Hanya perlu memerhatikan petunjuk sebelum tanjung Ringgit yang akan menunjukkan Pantai Tangsi 50 meter.

Untuk mengunjungi pantai Tangsi di Lombok Timur ini. Anda bisa menggunakan gaya backpacker atau memakai jasa rental mobil yang ada di Lombok. Diantara keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Apapun pilihan Anda, yang paling penting adalah Anda bisa menikmati obyek wisata yang ada di Pulau Lombok dengan maksimal.

Jadi itulah beberapa review keindahan Pantai Tangsi kabupaten Lombok Timur. Liburan dengan pasir pantai yang berwarna pink belum tentu ditemukan di sembarang tempat. Meskipun akses jalan yang belum mendukung setidaknya bisa dilalui dengan kendaraan pribadi sehingga bisa lebih menghemat biaya liburan.

Leave a Comment