Home » Goa » Goa Cerme, Tempat Wisata Alam Di Jogja Peninggalan Walisongo

Goa Cerme, Tempat Wisata Alam Di Jogja Peninggalan Walisongo

Tempat wisata alam di Jogja selalu menarik untuk dikunjungi. Setiap waktu bahkan destinasi jenis ini terus bertambah dan bermunculan. Selain karena eloknya pesona alam yang bisa dinikmati, wisata alam di kota pelajar ini juga banyak yang memiliki nilai sejarah. Salah satu diantaranya adalah Goa Cerme.

Goa Cerme terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Goa yang memiliki panjang hingga 1,5 km tersebut bahkan sampai menembus 4 desa dan 2 kabupaten sekaligus. Desa yang dilewati yaitu Panggang, Selopamioro, Ploso dan Giritirto. Sedangkan Kabupaten yang terhubung oleh Goa Cerme adalah Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul.

Dengan panjang yang dimiliki, goa ini termasuk dalam kategori salah satu goa terpanjang di Indonesia. Bahkan luas ruang dalam goa juga terbagi dalam banyak nama seperti Panggung Pertemuan, Grojogan Sewu, Lumbung Padi, Gamelan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari pusat kota Jogja jarak yang ditempuh untuk menuju kesana mencapai 20 km. Baik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan dari jasa sewa Elf Jogja bisa ditempuh dengan lancar. Hal tersebut dikarenakan akses jalan menuju lokasi telah memiliki aspal yang baik.

tempat wisata alam di jogja
Area luar Goa Cerme, sumber : jejakpiknik.com

Sebagai wisata alam yang berada pada Jogja bagian selatan, tentu masih menyuguhkan pemandangan yang elok. Selain itu Goa Cerme merupakan destinasi wisata bersejarah. Yaitu peninggalan para Walisongso.

Sepenggal Sejarah

Sebagai kota yang cukup tua, Jogja memiliki begitu banyak peninggalan sejarah. Dari sejarah masa kerajaan hingga penjajahan. Bahkan sejarah tersebut diantaranya terbalut dalam destinasi wisata.

Dengan demikian destinasi wisata yang memiliki hubungan dengan sejarah memiliki daya tarik tersendiri. Walaupun ada begitu banyak pilihan wisata seperti destinasi agrowisata, wisata yang memiliki bumbu sejarah lebih menarik khususnya bagi sejarawan.

Sejarah yang berada di Goa Cerme lekat dengan kisah perjuangan para Walisongo. Tokoh penyebar agama Islam di tanah Jawa tersebut memiliki jasa yang begitu besar. Tanpa perjuangan mereka tentu agama Islam sebagai agama yang sempurna tidak akan ada di Jawa bahkan Indonesia.

Dengan dakwah yang arif bijaksana serta penuh kelembutan, rakyat Jawa yang beragama Hindu Budha berangsur masuk Islam. Bahkan banyak diantaranya sebagai penganut kebatinan dan animisme dinamisme pun turut serta luluh dalam dakwah para Walisongo.

Selain itu kepopuleran cara yang mereka gunakan dalam berdakwah, Islam masuk dan menyebar di tanah Jawa tanpa pertumpahan darah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Islam tidak pernah dipaksakan untuk diyakini. Namun islam adalah agama yang memuaskan akal dan logika.

Dalam melakukan dakwah pun para Walisongo tidak terus menerus berada dalam masjid. Mereka menyesuaikan dengan keadaan. Dimana masjid seperti Masjid Kauman sebagai simbol kaum muslimin waktu itu masih asing bagi rakyat. Maka para Walisongo terbiasa melakukan musyawarah dan pertemuan di berbagai tempat, yang salah satunya adalah Goa Cerme.

tempat wisata alam di jogja banyak yang bersejarah
Goa Cerme peninggalan Walisongo, sumber : tirto.id

Jika kita meninjau lebih dalam, dari nama Goa Cerme sendiri sebenarnya telah mencerminkan keislaman. Cerme yang digunakan sebagai nama sebenarnya diambil dari kata ceramah atau pembicaraan. Para Walisongo melakukan pertemuan untuk membicarakan penyebaran Islam berada pada goa ini.

Sehingga lambat laun masyarakat melabeli goa dengan nama tersebut. Karena aktivitas itu pada masa lalu sering dilakukan para Walisongo disana. Maka untuk mengenang serta bentuk penghormatan nama Goa Cerme telah resmi sampai saat ini.

Selain dalam urusan dakwah dan penyebaran Islam, ada banyak hal yang dibahas oleh para Wali. Salah satu yang termasuk pembicaraan penting adalah tentang rencana pembangunan Masjid Demak. Masjid yang nantinya akan menjadi pusat peradaban Islam di Tanah Jawa.

Wisata Alam Di Jogja

Sejarah yang ada di Goa Cerme tentu membuat daya tarik semakin kuat. Namun yang menjadi daya tarik lain adalah pesona alam yang berada disana. Alam Kabupanten Bantul maasih sangat terasa asri dan menawan saat dinikmati melalui goa yang satu ini.

Lokasi goa sendiri berada pada tempat ketinggian. Jika anda akan memasuki area wisata utama, anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya 760 buah. Selain itu ketinggian anak tangga tersebut diperkirakan mencapai 750 meter. Sudah bisa dibayangkan bukan view yang bisa dinikmati?

Tempat wisata alam di jogja salah satunya goa cerme
Area dalam Goa Cerme, sumber : jejakpiknik.com

Dan saat anda berada pada area depan Goa Cerme, disana anda akan juga menemukan banyak goa lain. Goa-goa yang memiliki ukuran lebih kecil. Beberapa goa tersebut adalah Goa Kaum, Goa Ledek, Goa Layang dan Goa Badun. Dan masing-masing goa menarik untuk dilihat.

Jika anda telah berada dalam Goa Cerme ada begitu banyak keindahan yang bisa anda temukan. Dari sungai bawah tanah, air terjun hingga ruangan-ruangan. Keindahan tersebut tidak akan tergambarkan jika tidak anda kunjungi secara langsung.

Selain itu pesona utama dalam goa adalah adanya stalagtit dan stalagmit. Proses kejadian alami pada alam tersebut memang tidak akan anda jumpai jika tidak masuk ke dalam goa. Anda dapat mengabadikan keajaiban alam tersebut jika anda mengunjunginya.

Sebagai salah satu wisata alam alami di kota Jogja. Goa yang satu ini sebaiknya anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman. Selain wisata alam berbentuk goa, anda juga bisa menikmati wisata alam air seperti Waduk Sermo untuk melengkapi wisata anda.

Nah itulah sedikit informasi berkaitan dengan wisata alam yang berada di kota Jogja. Sebagai bentuk anugerah dari Tuhan pencipta alam, sebaiknya kita selalu menjaga dan melestarikannya. Apakah anda berminat untuk berkunjung?

Leave a Comment