Home » Informasi » Wedang Uwuh Minuman Khas Imogiri Yogyakarta

Wedang Uwuh Minuman Khas Imogiri Yogyakarta

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki minuman atau makanan khas yang dimana, memiliki ciri khas dari daerah tersebut. Jadi ketika berkunjung ke suatu daerah yang di Indonesia tentunya belum lengkap jika belum menikmati minuman atau makanan khas dari daerah tersebut.

Jika berkunjung ke daerah Yogyakarta atau biasa lebih dikenal dengan sebetun Jogja, pastinya sudah tidak asing lagi dengan minuman khasnya, salah satunya adalah wedang uwuh khas Imogiri yang merupakan minuman penghangat tubuh dan terbuat dari berbagai jenis rempah sehingga, memiliki cita rasa yang sangat nikmat terutama bagi para pecinta minuman tradisional pastinya akan suka dengan minuman ini. Apalagi dinikmati di rumah tradisional Joglo khas Jogja akan menambah suasana dari daerah Jogja akan lebih terasa.

Sedangkan untuk pengertian secara bahasa, wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman dan uwuh memiliki arti sampah. Dengan demikian disebut dengan wedang uwuh karena bahan-bahan dan juga ampas minuman ini ketika sudah bercampur atau jadi satu tampak terlihat seperti sampah. Hal ini dikarenakan bahan dari minuman wedang uwuh khas Imogiri terdiri dari berbagai macam jenis herbal yang utuh atau tidak dijadikan bubuk atau dihaluskan menjadi kandungan dari minuman ini.

Bahan herbal dari wedang uwuh khas Imogiri diantranya kayu manis kering, cengkeh (batang, daun, bunga cengkeh), jahe, kapulaga, pala kering (daun), dan bahan herbal yang tidak ketinggalan adalah kayu secang serut dan sudah dikeringkan menjadi bahan herbal utama dalam wedang uwuh khas Imogiri.

Untuk dapat menikmati minuman wedang uwuh khas Imogiri tidaklah sulit, ketika berkunjung ke Jogja banyak tempat yang menyediakan minuman ini baik berupa minuman jadi dan juga bahan herbalnya yang telah dikemas dan bisa dibuat sendiri. Tak jarang juga dijadikan oleh-oleh minuman tradisonal khas Jogja, jika belum sempat berkunjung ke Jogja jangan berkecil hati karena wedang uwuh khas Imogiri masih bisa dinikmati dengan cara memesannya bisa melalui toko herbal online banyak beraneka jenis minuman, obat, dan produk herbal lainnya yang bisa dipesan.

Baca juga: Ekowisata Hutan Magrove Wonorejo Surabaya

Sejarah Wedang Uwuh Khas Imogiri

Sultan Agung Hanyakrakusuma, kerajaan mataram
Sultan Agung Hanyakrakusuma, sumber: bungeko.com

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional asli dari Imogiri, Yogyakarta. Menurut masyarakat sekitar mengatakan bahwa wedang uwuh adalah minuman yang disajikan untuk para raja atau sultan Agung pada masa kesultanan Mataram di Yogyakarta.

Ceritanya pada suatu hari sultan Agung bersama para pengawalnya sedang mencari tempat untuk dijadikan sebagai makam keluarga sultan. Setalah berkeliling di berbagai tempat akhirnya sultan Agung dan pengawalnya menemukan tempat yaitu, di bukit merak Imogiri, Bantul yang merupakan nama tempat pada saat ini. Dimana tempat tersebut dirasa cocok untuk dijadikan tempat makam keluarga raja.

Sebelum benar-benar diputuskan, sultan Agung melakukan semedi (menyepi) ditempat tersebut untuk memantapkan hatinya. Dalam proses semedi yang sedang dilakukan sang sultan meminta kepada para pengawalnya untuk dibuatkan minuman penghangat tubuh karena suhu di bukit merak yang cukup dingin.

 Atas perintah sultan pengawalnya pun membuatkan wedang secang dan meletakkannya dibawah pepohonan berdekatan dengan tempat semedi sang sultan. Seiring dengan berjalannya malam dibarengi dengan angin yang bertiup menerbangkan daun dan rantig pohon dan tak sengaja jatuh kedalam wedang secang sultan kemudian larut dan menjadi satu.

Karena gelapnya malam, sang sultan tak menyadari bahwa ada daun dan juga ranting yang ada di dalam wedang secang yang diminum dan menikmatinya tanpa merasakan ada yang aneh pada minumannya sedikit pun. Di hari berikutnya sang sultan meminta pengawalnya untuk membuat minuman pengahangat tubuh lagi dan sama persis dengan wedang secang yang dibuat sebelumnya, karena sang sultan mengatakan bahwa minuman tersebut cocok untuk dijadikan minuman penghangat tubuh ditambah dengan rasanya yang enak.

Sebelum membuatnya pengawalnya memeriksa kembali wadah wedang secang yang dikomsumsi sebelumnya dan mengamati bahan apa saja yang ada dalam wadah, setelah itu pengawalnya meracik bahan-bahan tersebut untuk dijadikan wedang secang yang sama dan disuguhkan kepada sang sultan.

Hingga pada akhirnya minuman tersebut menjadi minuman nikmat yang bisa menghangat tubuh dan menjadi minuman favaorit sang sultan dan masyarakat Yogyakarta. Kemudian dinamakanlah wedang uwuh karena banyak rempah herbal yang dicampur dalam satu wadah dan juga tempat minuman ini berasal.

KandunganWedang Uwuh Khas Imogiri

bahan wedang uwuh
Bahan dasar wedang uwuh, sumber: mbahdarmo.com

Kandungan wedang uwuh yang terdapat dari berbagai jenis rempah herbal diantranya:

  1. Serutan kayu manis dan cengkih adalah salah satu rempah yang memberikan sifat hangat dan juga bisa memberikan aroma sekaligus sensasi rasa yang unik.
  2. Daun pala yang mengandung saponin, polifenol, dan flavonoid bermanfaat untuk menghilangkan nyeri, mencegah masuk angin, dan mengatasi gangguan pada lambung.
  3. Kayu secang telah lama dikenal sebagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit seperti sifilis, batuk darah, dan radang. Kayu secang juga bisa dijadikan sebagai campuran untuk minuman kesehatan karena memilik kandungan antioksidan.
  4. Jahe memiliki sifat antikoagulan (anti pembukaan darah) yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

wedang uwuh khas Imogiri Dengan berbagai macam jenis rempah herbal yang memiliki kandungan yang berbeda-beda dalam tentunya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, jadi sangat baik jika dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah dari berbagai serangan penyakit.

Baca juga: Kampung Melo Desa Wisata Labuan Bajo

Khasiat Wedang Uwuh Khas Imogiri

Wedang uwuh khas Imogiri, sumber: opendrinks.io

Jika dilihat dari berbagai macam rempah herbal yang terdapat dalam wedang uwuh khas Imogiri mengandung banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh salah satunya adalah menghangatkan tubuh pada saat kedinginan. Hal ini dakarenakan bahannya yang merupakan gabungan dari bahan rempah herbal, maka selain memiliki cita rasa yang nikmat minuman ini juga memiliki ragam manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat yang diberikan untuk tubuh diantaranya adalah mengahangat badan, menghilangkan rasa pegal, mencegah masuk angin, melancarkan aliran darah, menurunkan kolestrol, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai sumber antioksidan, dan masi banyak lagi manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh.

Dengan ragam manfaat yang terkandung dalam wedang uwuh khas Imogiri tentunya selain menjadi minuman tradisonal yang nikmat tetapi, juga bisa digunakan sebagai minuman herbal dalam membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang dialami tubuh.

Sekian informasi yang bisa saya berikan mengenai wedang uwuh khas Imogiri Yogyakarta, semoga bisa bermanfaat dan menjadi informasi tambahan bagi Anda. Terimakasih telah membaca.

Leave a Comment