Pesona Pemandangan Pulau Komodo dari Wisata Gili Laba Labuan Bajo

Anda ingin melihat pesona Pulau Komodo dari Objek Wisata Gili Laba? Apakah Anda tahu di mana letak destinasi Gili Laba tersebut? Ya, Gili Laba merupakan salah satu dari kesekian banyak surga dunia yang dimiliki Labuan Bajo Flores, Nusa Tenggara Timur. Para pecinta wisata bahari tidak boleh melewatkan destinasi wisata yang satu ini karena panorama alamnya tidak akan hilang dari ingatan Anda.

Keindahan dari Wisata Gili Laba Labuan Bajo

Hamparan lautan khas Flores yang selalu menarik perhatian banyak wisatawan ini memang tidak ada habisnya untuk dipandang. Anda akan menikmati indahnya gradasi warna yang disuguhkan air laut apabila dilihat dari atas bukti. Warna biru laut tua dan juga biru muda serba biru tosca tak henti-hentinya berdesiran. Belum lagi pasir pantai yang berwarna putih bersih dan juga langit biru nan cerah.

Dari puncak pulau wisata Gili Laba, Anda juga dapat melihat Pulau Komodo dengan amat jelas. Di musim hujan, bukit-bukit disekeliling pulau akan berwarna hijau segar, sedangkan saat musim kemarau Anda akan melihat bukit yang berwarna kuning emas yang membuat pemandangan di sekitar pulau semakin memukau. Objek wisata di sekitar Labuan Bajo, Flores memang tidak akan membuat kecewa wisatawan yang berkunjung.

Wisata Gili Laba sumber ig @maureenrustandi
Wisata Gili Laba sumber ig @maureenrustandi

Mengunjungi Flores memang tidak akan terasa lengkap apabila Anda tidak berkunjung ke objek wisata di Gili Laba. Pasalnya, seperti yang sudah disebutkan, pemandangan bukit di sekitarnya akan berubah tergantung pada musim yang sedang berlangsung. Anda dapat memilih kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Gili Laba. Apakah pada saat musim hujan, atau pun musim kemarau.

Lokasi dan Rute Alamat Wisata Gili Laba

Gili Laba sendiri berlokasi di kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pemilik nama lain Gili Lawa Darat ini dapat Anda jangkau dengan memulainya dari Labuan Bajo. Ya, Anda dapat menggunakan armada pesawat untuk sampai ke Labuan Bajo. Setelah itu, Anda dapat menyewa kendaraan untuk sampai ke Pelabuhan Bangsal karena memang tidak ada angkutan umum yang berlalu lalang di daerah ini.

Biasanya untuk bisa sampai ke destinasi wisata Gili Laba, Anda akan dianjurkan untuk menggunakan Komodo Tour karena ia masih berada dalam gugusan Kepulauan Komodo. Seperti yang kita ketahui bahwa Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur memiliki tiga kepulauan besar seperti Pulau Rinca, Pulau Padar dan juga Pulau Komodo.

Wisata Gili Laba sumber ig @andrian12161216
Wisata Gili Laba sumber ig @andrian12161216

Jangan lupa, bagian menarik dari Gili Laba adalah ketika Anda bisa sampai ke puncak. Ya, Anda akan menikmati liburan bernuansa petualangan saat tiba di sini. Karena, Anda akan melakukan pendakian bukit untuk bisa sampai ke puncak. Untuk itu persiapan fisik dan perbekalan menjadi poin penting untuk mampu bisa sampai ke puncak Gili Laba. Bagi Anda yang jarang melakukan trekking dan pendakian, Anda dianjurkan untuk melatih fisik sebelum melakukan kunjungan ke Gili Laba.

Pastinya, kunjungan Anda ke Gili Laba tidak akan mengecewakan karena Anda akan disuguhkan pengalaman baru dengan keluarga baru yaitu masyarakat Flores yang begitu ramah. Sama seperti destinasi wisata lain di sekitar Labuan Bajo, masyakarat sekitar selalu membantu para wisatawan yang sedang berkunjung seperti mengenalkan dengan budaya mereka, adat, kebiasaan, penginapan, makanan, dan juga jasa pemandu wisata. Ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila berkunjung ke tempat wisata Gili Laba ini. Selain itu, Anda juga akan dapat menyalurkan hobi mendaki Anda dengan melakukan pendakian ke puncak.

Perjalanan untuk bisa sampai ke Gili Laba dari Labuan Bajo akan memakan waktu sekitar 4 jam. Sedangkan untuk lama perjalanan dari Gili Laba ke Pulau Komodo sendiri akan memakan waktu sekitar kurang lebih 45 menit sampai dengan 1 jam.

Harga Tiket dan Fasilitas Wisata di Gili Laba

Untuk Biaya perjalanan agar bisa sampai ke Gili Laba, Anda perlu menyiapkan dana untuk sewa perahu dan juga paket wisata Pulau Komodo. Karena biasanya, kunjungan ke Gili Laba sudah satu paket biaya perjalanan mengelilingi Pulau Komodo. Banyak sekali aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan di Gili Laba, salah satunya adalah melihat pemandangan eksotif matahari terbenam di sore hari.

Wisata Gili Laba sumber ig @megaiskanti
Wisata Gili Laba sumber ig @megaiskanti

Pendakian ke puncak objek wisata Gili Laba akan terasa sangat menantang. Pasalnya, Anda akan menemukan banyak tanjakan dan beberapa dari tanjakan tersebut juga dapat dikatakan cukup curam. Hal tersebut akan menguji kekuatan diri Anda baik secara mental mau pun fisik. Cocok sekali bagi Anda para pecinta hal-hal yang berbau adventure. Terlebih lagi, tidak ada jalur pendakian khusus di pulau ini.

Jangan sampai lupa untuk membawa perbekalan, namun bawa secukupnya saja karena jangan sampai juga perbekalan Anda nantinya merepotkan Anda di tengah-tengah usaha pendakian. Segala hal yang berhubungan dengan penginapan biasanya sudah satu paket dengan paket wisata Pulau Komodo. Lebih baik Anda mengunjungi Gili Laba tidak saat musim hujan agar tidak mengganggu kegiatan trekking di tempat wisata tersebut.

Selain trekking, Anda juga dapat bermain air di laut. Kegiatan yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah snorkeling. Ya, Anda dapat membawa perlengkapan snorkeling atau bisa juga melakukan penyewaan kepada penduduk lokal. Selain itu, Anda juga bisa berjemur di atas hamparan pasir putih yang bersih menikmati indahnya langit di sekitar Kepulauan Komodo tersebut. Menarik sekali bukan?

Wisata Gili Laba sumber (labuanbajotour.com)
Wisata Gili Laba sumber (labuanbajotour.com)

Jangan lupa ajak sahabat atau keluarga untuk berkunjung ke objek wisata Gili Laba untuk bersama-sama menikmati keindahan panorama alam Labuan Bajo. Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata Indonesia. Terima Kasih (GoTripIna)

Leave a Comment