Panorama Maha Karya Tuhan, Wisata Gunung Rinjani Lombok

Indonesia memang sangat kaya akan keindahan alamnya. Mulai dari keindahan panorama gunung, laut, pantai, persawahan, semuanya memperlihatkan betapa indahnya alam Indonesia. Salah satu pesona MahaKarya Tuhan di alam Indonesia adalah Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, memang merupakan salah satu wisata favorit yang ada di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat terutama bagi para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagaimana tidak, cerita yang tersebar tentang keindahannya, membuat setiap pendaki maupun wisatawan pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Jika dibandingkan dengan wisata gunung lainnya, gunung yang ada di Lombok ini memiliki banyak keindahan alam dan pemandangan eksotis yang pastinya sayang untuk Anda lewatkan. Gunung Rinjani memiliki panorama alam yang memang sangat indah, hal inilah yang membuat Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung primadona dan menjadi gunung favorit bagi para pendaki.

Selain memiliki pesona keindahan yang menakjubkan, Gunung Rinjani juga memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya flora dan fauna yang beraneka ragam. Jika Anda berkesempatan untuk bisa mendaki Gunung Rinjani ini, maka Anda bisa melihatnya sendiri. Jika pada setiap 1.000 meter pendakian, Anda bisa melihat berbagai jenis flora yang berbeda-beda dan unik disana.

Gunung Rinjani sumber ig @traval.co
Gunung Rinjani sumber ig @traval.co

Demikian juga, pada saat di puncak Anda akan melihat hamparan panorama ciptaan Tuhan yang amat indah dan mungkin bisa menjadi salah satu pengalaman dalam hidup yang paling sempurna. Gunung Rinjani juga menawarkan pemandangan sunrise dan sunset yang amat cantik.

Pesona Keindahan Wisata Gunung Rinjani Lombok 

Pesona keindahan Gunung Rinjani Lombok memang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Baik di pagi hari, siang hari, sore hari, bahkan malam hari pesona Gunung Rinjani selalu terlihat dengan sangat megahnya. Terutama di malam hari, dimana Anda akan melihat betapa begitu indahnya penciptaan MahaKarya Tuhan di langit yang bertabur bintang. Apalagi jika Anda memandangnya sambil tiduran di luar tenda Anda, pasti bagaikan indahnya berselimutkan bintang-bintang yang gemerlapan. Tentu sungguh suatu pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya.

Salah satu tempat yang tidak mungkin dilewatkan para pendaki maupun wisatawan dalam pendakian Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak. Ya, danau cantik ini bisa ditemukan setelah menempuh pendakian melalui dua jalur, yaitu Jalur Pendakian Sembalun dan Jalur Pendakian Senaru. Untuk mencapai Danau Segara Anak dari Jalur Pendakian Sembalun, memerlukan waktu sekitar minimal 8 jam, sedangkan melalui Jalur Pendakian Senaru memerlukan waktu sekitar minimal 7 jam.

Danau Segara Anak sumber ig @bbastary
Danau Segara Anak sumber ig @bbastary

Di sekitar Danau Segara Anak, biasanya orang melakukan beberapa kegiatan seperti berkemah, berendam di air belerang yang hangat, dan juga memancing ikan. Untuk mencapai danau ini memang waktunya tidak sebentar, namun Anda tidak akan menyesal jika sudah melihat keindahannya. Karena memang juga  Danau Segara Anak ini merupakan salah satu tempat indah dan spot foto yang instagramable, yang terdapat di Gunung Rinjani. Tempat ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat lokasi syuting dan banyak orang yang melangsungkan foto prewed di danau ini.

Lokasi dan Rute Gunung Rinjani Lombok

Lokasi Wisata Gunung Rinjani Lombok tepatnya berada di Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Memang medan pendakian untuk menuju ke lokasi Gunung Rinjani ini terbilang cukup sulit, tetapi apabila sudah menemukan jalur yang tepat tentu Anda pasti bisa melaluinya.

Untuk rute bisa menuju Gunung Rinjani ini, bisa Anda tempuh mulai dari Mataram lalu menuju Sembalun, kemudian lanjut ke Lombok Timur dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam. Untuk bagi Anda yang berada di luar pulau Lombok bisa menggunakan pesawat terbang agar lebih cepat dan tidak ribet, sampai di bandara Anda bisa mengambil arah ke Selong, Lombok Timur. Setelah itu Anda bisa lanjut ke Pasar Air Mel, Lombok Timur dan kemudian menuju ke Sembalun. Letak lokasi Wisata Gunung Rinjani ini berada di antara 3 wilayah pulau Lombok, di antaranya adalah Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur. Untuk lebih memudahkan perjalanan wisata Anda, peta Google Maps nya bisa cek di sini.

Ada beberapa jalur pendakian yang biasa dipilih, yaitu bisa melalui Sembalun, Senaru, Timba Nuh, dan Torean. Biasanya, jalur yang favorit bagi para pendaki adalah jalur pendakian Semabalun, karena jalur tersebut cukup mudah dibandingkan jalur pendakian lainnya. Dalam Jalur Pendakian Sembalun, Anda akan melewati padang savana yang datar.

Gunung Rinjani sumber ig @bg_riyyan
Gunung Rinjani sumber ig @bg_riyyan

Namun penting untuk diketahui, bahwa krim pelindung matahari sangat dianjurkan mengingat udara bisa terasa sangat panas di siang hari. Tetapi, di sore hari, udara di sekitar padang savana tersebut bisa dikatakan tidak terlalu panas, dan Anda juga bisa menikmati kicauan burung-burung yang merdu. Ada 4 pos yang harus dilalui dalam pendakian Gunung Rinjani ini, yaitu pos 1, pos 2, pos 3, dan yang terakhir adalah pos Plawangan Sembalun. Dalam pendakian ini, sangat disarankan untuk membawa air minum secukupnya, karena tidak semua pos yang Anda lewati terdapat mata air.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Rinjani Lombok

Untuk harga tiket masuk Wisata Gunung Rinjani Lombok sangat bervariasi setiap tahunnya, dikarenakan tergantung jumlah rombongan dan menggunakan transportasi apa Anda menuju ke lokasi wisata ini. Bagi para wisatawan yang merencanakan untuk mendaki ke Gunung Rinjani harus menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk hari libur perhari dan perorang. Sedangkan untuk wisatawan asing harus bayar Rp 150.000 di hari biasa dan Rp 225.000 di hari libur perhari dan juga perorang.

Dengan demikian juga mendaki ke Gunung Rinjani biasanya membutuhkan waktu hingga 4 hari 3 malam. Jika dihitung-hitung wisatawan lokal harus membayar Rp 20 – 37,5 ribu sekali mendaki. Sedangkan wisatawan asing harus bayar Rp 600 – 900 ribu sekali mendaki. Biaya tersebut belum termasuk biaya transportasi, penginapan dan makan. Memang cukup lumayan mahal dikarenakan tempat wisata Gunung Rinjani adalah primadonanya wisata pulau Lombok bahkan ikonik wisata di provinsi Nusa Tenggara Barat.

Fasilitas di Gunung Rinjani Lombok  

Fasilitas yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Pulau Lombok NTB sangatlah cukup memadai dan dapat membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman. Di kawasan tersebut sudah sudah terdapat Camp Ground pada setiap pos pendakian, di peruntukkan bagi para pendaki yang ingin camping, Kantor Resort, Pemandu Wisata (di daerah Batu Koq, Sembalun, dan di Wisma Triguna di Ampenan) dan jalan setapak. Fasilitas pendukung lainnya seperti tempat penginapan, rental mobil Lombok dan pusat kuliner juga sudah disediakan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini.

Gunung Rinjani sumber ig @raden_fatih28
Gunung Rinjani sumber ig @raden_fatih28

Jadi kapan berencana berlibur mengeksplorasi keindahan panorama Mahakarya ciptaan Tuhan Gunung Rinjani yang tersohor di pulau Lombok ? Jika ya, mulailah merencanakannya sejak sekarang! Yuk ajak juga teman atau keluarga berlibur ke sini. Dijamin seru dan asik pastinya. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata di Indonesia. Terima kasih (GoTripIna)

Leave a Comment