Keindahan Bak Lembah Yosemite, Wisata Lembah Harau akan Membuat Takjub

Ingin merasakan keindahan Lembah Yosemite? Coba kunjungi salah satu lembah di Sumatera Barat yaitu wisata Lembah Harau. Ya, objek wisata yang satu ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Lembah Yosemite yang ada di Sierra Nevada, California, Amerika Serikat. Sebagai informasi tambahan, Lembah Harau saat ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan baik lokal mau pun wisatawan mancanegara.

Siapa pun yang berkunjung ke wisata ini pasti betah berlama-lama karena udara dan hawanya yang sejuk. Selain itu, pemandangan dan lokasi di sekitar lembah yang benar-benar bagus yang akan membuat Anda merasa sedang berlibur di luar negeri. Pohon-pohon kayu di sekitar lembah dan juga pasir putih yang ada membuat pengunjung seolah-olah sedang berada di negara di Eropa.

Kemegahan Lembah Harau Sumatera Barat

Lembah Harau ialah lembah berupa hamparan tanah yang luas yang kemudian diapit oleh dua tebing tinggi dengan posisi yang tegak lurus di atas permukaan tanah. Objek wisata Lembah Harau merupakan objek wisata favorit yang ada di daerah Sumatera. Lembah Harau merupakan lembah subur yang dikelilingi oleh batu pasir terjal berwarna-warni setinggi 100 sampai dengan 500 meter di atas permukaan tanah.

Lembah Harau sumber ig @sandy_situmeang
Lembah Harau sumber ig @sandy_situmeang

Menurut legenda, nama “Arau” berasal dari kata “Orau” karena pada zaman dulu, penduduk yang tinggal di bawah tebing seringkali dilanda banjir dan juga longsor. Sehingga, mereka sering merasa panik sampai seringkali berteriak karena terbawa rasa panik tersebut. Karena itulah penduduk desa lain sering menjuluki penduduk yang tinggal di bawah tebing tersebut dengan sebutan “Orau”.

Ada juga mitos yang tersebar di masyarakat sekitar, apabila terdapat pelangi di langit sekitar Lembah Harau, mereka percaya bahwa sedang ada bidadari-bidadari yang sedang turun ke bumi untuk mandi di bawah air terjun yang ada di objek wisata ini. Ya, Lembah Harau memiliki 5 buah air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter.

Lokasi dan Rute Objek Wisata Lembah Harau

Lembah Arau berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Letaknya berjarak kurang lebih sekitar 138 km dari Ibu Kota Provinsi yaitu Padang. Untuk rutenya juga tidak berjarak begitu jauh dari kota Bukit Tinggi yang hanya sekitar 47 km dan juga 18 km dari kota Payahkumbuh. Tidak heran jika akses menuju objek wisata yang satu ini cukup terbilang mudah. Anda bisa mengecek lokasi google maps nya di sini.

Keindahan lokasi objek wisata Lembah Harau sudah dikenal sejak jaman penjajahan Negeri Hindia Belanda. Di salah satu kawasan air terjun di Lembah Harau, yaitu Air Terjun Sarasah Bunta terdapat sebuah prasasti yang pada pada tanggal 14 Agustus 1926 didirikan oleh Asisten Residen Lima Puluh Kota bernama J.H.G Boissevain. Asisten residen Lima Puluh Kota tersebut terkesima dengan keindahan panorama alam Lembah Harau tersebut.

Lembah Harau sumber ig @herivlo
Lembah Harau sumber ig @herivlo

Tidak lama setelah itu, yaitu pada tanggal 19 Januari 1933 Pemerintah Hindia Belanda menetapkan kawasan ini sebagai Cagar Alam dengan luas sekitar 315 hektar. Setelah Indonesia merdeka, Badan Perlindungan dan Pelestarian Alam atau PPA menetapkan luas definitif Cagar Alam sekitar 298 hektar. Akhirnya status Cagar Alam milik Lembah Arau berubah menjadi Hutan Wisata dengan Taman Wisata seluas 27,5 hektar.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Objek Wisata Lembah Harau

Anda tidak perlu membayar biaya tiket atau retribusi untuk bisa masuk ke wisata lembah Harau. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena objek wisata yang satu ini memiliki fasilitas umum yang sangat memadai. Ditambah lagi, terdapat banyak sekali spot cantik dan instagramable yang dapat Anda manfaatkan untuk diabadikan sebagai unggahan di media sosial Anda.

Lembah Harau sumber ig @minangtourism
Lembah Harau sumber ig @minangtourism

Seperti objek wisata pada umumnya, Lembah Harau memiliki sarana dan fasilitas seperti area taman yang sangat indah, jogging area, taman satwa, taman bermain anak-anak, musholla, toilet dan tidak lupa juga area parkir yang luas. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi kios-kios souvenir untuk sekadar memberikan oleh-oleh khas Sumatera Barat untuk keluarga dan sahabat Anda.

Karena Lembah Harau memiliki taman satwa dan dijadikan sebagai cagar alam, Anda juga dapat menemukan banyak satwa seperti Tapir, Kambing Hutan, Harimau Sumatera, Beruang, Monyet Ekor Panjang, Simpai dan juga Landak. Sedangkan untuk satwa berjenis burung, Anda dapat menemukan spesies burung seperti Burung Enggang dan masih banyak lagi. Terdapat sekitar 19 spesies burung yang dilindungi di sekitar Lembah Harau.

Di Lembah Harau Sumatera Barat ini juga terdapat 4 air terjun yang dapat Anda nikmati keindahan alamnya seperti air terjun Sarasah Murai, Sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta dan juga Sarasah Aie Angek. Air di sekitarnya sangat bening dan juga bersih. Konon katanya, masing-masing dari keempat air terjun tersebut memiliki kelebihan sesuai dengan namanya. Keempat air terjun tersebut berada di Resort Sarasah Bunta.

Lembah Harau sumber ig @zira_azzyra
Lembah Harau sumber ig @zira_azzyra

Selain itu, Anda dapat mengabadikan momen keseruan Anda mengunjungi objek wisata yang satu ini dengan berpose di dekat spot-spot yang bagus dan tentunya sangat instagramable. Lembah Harau memiliki spot foto seperti Harau Valley yang berlatar belakang dua tebing tinggi yang menjulang. Ada juga wahana sepeda gantung yang dapat menguji adrenalin Anda. Anda juga dapat menemukan taman dengan hiasan caping berwarna warni yang sangat apik.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi spot-spot di sekitar Lembah Harau yang dapat Anda manfaatkan untuk diabadikan dalam sebuah foto. Jadi, tentunya objek wisata ini merupakan destinasi wajib yang harus Anda kunjungi jika ke Sumatera Barat.

Demikian ulasan kami mengenai panorama keindahan alam Lembah Harau provinsi Sumatera Barat. Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata Indonesia. Terima Kasih (GoTripIna)

Leave a Comment