Home » Pantai » Wisata Maluku – Maluku dengan Keindahan Wisata yang Mempesona

Wisata Maluku – Maluku dengan Keindahan Wisata yang Mempesona

Maluku tidak setenar tetangganya Raja Ampat yang namanya sudah mendunia. Saat Wisatawan berwisata ke Indonesia bagian timur pasti sebagian besar menuju ke Raja Ampat. Padahal keindahan alam wisata Maluku juga tidak kalah bagusnya dengan Raja Ampat. Berbagai wisata bisa Anda jumpai di Maluku seperti wisata bahari, wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, hingga wisata Religi.

Mengenal Lebih Dalam tentang Maluku

Maluku adalah sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Ibukota Maluku adalah Ambon yang bergelar atau memiliki julukan sebagai Ambon Manise, kota Ambon berdiri di bagian selatan dari Pulau Ambon yaitu di jazirah Leitimur. Ambon yang saat ini merupakan ibu kota Provinsi nantinya akan menjadi kota biasa karena ibu kota direncanakan pindah ke negeri Makariki di Kabupaten Maluku Tengah.

Penduduk dan Lokasi

Jumlah penduduk Provinsi Maluku pada tahun 2010 dalam hasil sensus berjumlah 1.533.506 jiwa. Maluku berlokasi di Indonesia Bagian Timur. Berbatasan langsung dengan Maluku Utara dan Papua Barat di sebelah utara. Laut Maluku, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara di sebelah barat. Laut Banda, Timor Leste, dan Nusa Tenggara Timur di sebelah selatan serta Laut Aru dan Papua di sebelah timur.

Agama Mayoritas

Maluku memiliki 2 agama utama yaitu agama Islam yang dianut 50,61% penduduk dan agama Kristen (baik Protestan maupun Katolik) yang dianut 48,4% penduduk, sedangkan 0,99% ber agama atau memiliki kepercayaan yang lain.

Tragedi Ambon

Maluku tercatat dalam ingatan sejarah dunia karena konflik atau tragedi krisis kemanusiaan dan konflik horizontal antara basudara Salam-Sarane atau antara Islam dan Kristen yang lebih dikenal sebagai Tragedi Ambon. Selepas tahun 2002, Maluku berubah wajah menjadi provinsi yang ramah dan damai di Indonesia, untuk itu dunia memberikan suatu tanda penghargaan berupa Gong Perdamaian Dunia yang diletakan di ACC (Ambon City Centre).

Pada tahun 1999 ketika konflik atau tragedi krisis kemanusiaan dan konflik horizontal antara basudara Salam-Sarane atau antara Islam dan Kristen yang lebih dikenal sebagai Tragedi Ambon melanda Maluku, sebagian wilayah Provinsi Maluku dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara, dengan ibu kota di Sofifi.  Provinsi Maluku dan Maluku Utara membentuk suatu gugus-gugus kepulauan yang terbesar di Indonesia dikenal dengan Kepulauan Maluku dengan lebih dari 4.000 pulau besar maupun kecil.

Tempat Wisata Maluku yang Harus Dikunjungi

Pesona Maluku seperti daya tarik mutiara tropis Indonesia Timur. Tidak ayal jika para Wisatawan tersihir dengan panorama sekaligus betah berlama-lama untuk berlibur di sini. Berikut ini ada beberapa daftar destinasi wisata yang bisa dicoba untuk didatangi selama berada di kawasan Maluku:

Pantai Ohoidertawun

Pantai Ohoidertawun yang berlokasi di Pulau Kei Kecil mempunyai suguhan pemandangan alam setiap Wisatawan yang berkunjung. Perpaduan langit yang berwarna biru dengan hamparan riak laut yang tenang, sehingga cocok bagi Wisatawan yang ingin menenangkan diri sejenak dari keramaian kota. Keindahan dan keunikan pantai ini terjadi saat pasang surut dengan jangka lebih panjang dibandingkan dengan pantai di Maluku yang lainnya. Jika hanya ingin bersantai di pantai saja ada pasir yang lembut seraya menunggu sunset datang.

Desa Waai

Keistimewaan dari Desa Waai adalah air terjun yang berada di kaki gunung Salahutu. Uniknya, air terjun tersebut memiliki tiga tingkat. Air terjun yang pertama mempunyai tinggi sekitar 3 meter dan di atas air terjun itu terbentuk seperti goa untuk menuju air terjun yang kedua. Air terjun yang kedua katanya lebih tinggi dari air terjun yang pertama. Air terjun yang ketiga menjadi yang paling sulit untuk dicapai. Air terjun yang ketiga berada di belakang air terjun yang kedua. Sehingga, untuk menuju kesana kita harus mendaki melewati air terjun yang kedua.

Desa Latuhalat

Dikenal dengan wisata baharinya tentu menjadikan Desa Latuhalat Ambon memiliki banyak opsi wisata pantai yang dapat dikunjungi oleh Wisatawan saat ingin menjelajahi Wisata Maluku yang mempesona. Beberapa pantai yang dapat kita kunjungi diantaranya, Santai Beach di Dusun Omputti, Colins dan Namalutu Beach yang berada di Dusun Ukuhuri, Batu Konde di Waimahu. Pantai-pantainya terkenal dengan pemandangan luas karena berhadapan langsung dengan Laut Banda dan juga memiliki hamparan batu karang yang eksotis serta pasir putih di bibir pantai tentu sangat cocok sekali untuk bersantai.

Pantai Ora

Perpaduan pasir pantai yang bersih dengan jernihnya air membuat terkesima Wisatawan dan kelelahan akan sirna begitu melihat pantai ini. Pantai yang berlokasi di Pedalaman Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah. Tidak kalah dengan Maladewa, Pantai Ora menyediakan Resort dengan fasilitas yang lengkap dan terjangkau. Bagaimana sudah terbayang jika menginap di sekitaran hamparan pantai? Begitu membuka jendela terlihat pantai dengan keindahan pemandangan alamnya. Bagi Wisatawan yang hobi menyelam bisa melakukan snorkeling dan eksplor bawah laut di Pantai Ora.

Pulau Bair

Jika Papua Barat memiliki Kepualaun Raja Ampat, Maluku juga mempunyai Kepulauan Bair. Pulau Bair ini menawarkan beberapa gugusan pulau yang terpecah dengan air laut biru jernih. Pemandangan ini bisa disaksikan dari atas bukit. Jangan lupa membawa kamera saat menemukan spot cantik sehingga momen liburan ke Maluku bisa diabadikan. Terumbu karang dan ikan yang warna-warni semakin menambah keindahan alamnya.

Pantai Tanjung Kuako

Pantai Tanjung Kuako berada di pesisir selatan Pulau Seram, tepatnya di distrik Amahai. Angin pesisir terasa kering di sekujur kulit, namun cukup memberikan kenyamanan di tengah perjalanan menuju Pantai Tanjung Kuako. Aroma lautan pun tidak dapat terhindarkan, wajar karena kami memang menyusuri wilayah pesisir. Pantai berbatu yang menyimpan pesona keindahan alam yang menakjubkan. Apalagi pantai ini masih sepi dari kunjungan Wisatawn sehingga bisa merealisasikan mata dan psikologis setelah penat dari pekerjaan.

Pantai Gumumai

Sejak zaman Jepang Pantai Gumumai sebagai tempat peristirahatan pekerja paksa sebagai pelepas kelelahan bekerja. Gumumai sendiri mempunyai makna “mari berkumpul”. Pantai Gumumai sampai saat ini masih digunakan warga untuk berkumpul. Jika mengunjungi tempat ini jangan lupa untuk membawa tikar dan bekal sambil menikmati suguhan panorama pantai. Jangan lupa pula selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Goa Akohi

Bagi Wisatawan yang menyukai tantangan dan petualang bisa menelusuri Goa Akohi. Goa yang menyimpan stalaktik dan stalakmit eksotis. Usut punya usut, Goa ini ditemukan pada tahun 1983, penamaan Goa Akohi berdasarkan tempat penemuannya yang berada di kawasan marga Akohilo. Bahkan Goa Akohi sudah terkenal seantero penjuru dunia, Para Ilmuwan dari berbagai negara meneliti goa ini dan Goa alam ini slah satu yang mempunyai stalaktit dan stalakmit terbanyak di dunia.

Taman Rekreasi Nestapa Indah

Hamparan pasir putih nan indah terbentang luas membawa pandangan menuju birunya lautan lepas. Pepohonan yang teduh bergoyang tertiup angin semilir seolah meliuk untuk menari. Suara hembusan angin pun senada dengan irama tiupannya memberikan kesejukan di sela pancaran sinar matahari sore yang hangat. Kios-kios jajanan di sepanjang pantai pun siap melayani kebutuhan makanan dan minuman. Suasana yang cukup sempurna untuk bersantai di sore hari dan menikmati indahnya pesisir paling terkenal di Ambon, Pantai Natsepa.

Keindahan pantai yang satu ini sudah teruji selama puluhan tahun. Pantai Natsepa adalah salah satu obyek wisata di Ambon yang cukup melegenda. Selama bertahun-tahun pantai ini seudah menjadi tempat untuk berwisata baik bagi penduduk lokal maupun para wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Bahkan, nama Natsepa sudah terkenal hingga penjuru Eropa terutama di telinga masyarakat Maluku yang menjadi warga Negara Belanda. Bagi mereka, Pantai Natsepa seperti sebuah simbol atas kerinduan mereka pada tanah leluhur mereka di Bumi Pertiwi.

Kepulauan Banda Neira

Kepulauan Banda Neira merupakan kumpulan 10 pulau vulkanik kecil yang paling terisolasi di Maluku Tengah. Tetapi menjadi berkah tersendiri bagi keanekaragaman hayati bawah lautnya. Perairan Kepulauan Banda Neira merupakan surga bawah laut dengan berbagai biota lautnya yang bisa dinikmati pada 25 titik. Selam dengan rata-rata tingkat visibilitas bawah air laut sekitar 15 hingga 30 meter. Selain itu, ada Gunung Api bawah laut dengan keindahannya seperti pasir hitam dan terumbu karang yang diselingi batu-batu sisa reruntuhan lava Gunung Api.

Itulah beberapa rekomendasi dari gotripina.com tentang tempat wisata Maluku yang bisa didatangi selama liburan di Maluku. Jika para Wisatawan suntuk dengan pekerjaan, tugas kuliah, atau kegiatan lainnya bisa merencanakan liburan ke Maluku. Di Maluku Wisatawan akan disuguhan dengan objek wisata yang menakjubkan. 

Leave a Comment