Surga Dunia yang Akan Anda Temukan di Wisata Raja Ampat

Setiap orang pasti mengenal objek wisata Raja Ampat di Papua yang terkenal. Ya, bagaimana tidak terkenal, objek wisata yang satu ini dianggap sebagai surga dunia milik Indonesia. Keindahan alamnya yang luar biasa terletak di berbagai sudut destinasi wisata yang satu ini. Apabila dilihat dari atas, gugusan hijaunya pulau Raja Ampat dikelilingi lautan biru bersih benar-benar menghipnotis siapa pun yang memandangnya.

Siapa pun yang mendengar kata Raja Ampat pasti langsung berpikiran pada sebuah lautan lepas yang memiliki beberapa kepulauan karang yang rapi. Selain itu, langit berwarna biru yang juga dipadu dengan pasir putih dan juga burung-burung camar yang berkeliling di sekitar pulau. Siapa sangka bahwa negara kita Indonesia memiliki keindahan alam semacam itu di Papua Barat.

Pesona Raja Ampat, Wisata Bahari Dunia 

Kepulauan Raja Ampat sumber ig @tropikaia
Kepulauan Raja Ampat sumber ig @tropikaia

Objek wisata Raja Ampat memang dikenal sebagai objek wisata paling juara bagi para penggila wisata alam. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berselancar khusus untuk para pecinta kegiatan surfing. Raja Ampat sendiri merupakan sebuah kabupaten yang tergabung dalam Provinsi Papua Barat. Objek Raja Ampat bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia.

Badan konversi internasional bahkan pernah melaporkan bahwa perairan Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies laut dari seluruh dunia. Bahkan, ia juga merupakan rumah bagi 1.511 spesies, 540 jenis karang dan juga berbagai biota laut lainnya. Membayangkannya saja sudah terasa sangat indah sekali, bukan? Anda pasti semakin tertarik untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Kekayaan flora dan fauna di sekitar wilayah Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi. Baik di dalam laut maupun di atasnya, keindahan yang dimilikinya tidak berkurang sedikitpun.

Kepulauan Raja Ampat sumber ig @pcr281004
Kepulauan Raja Ampat sumber ig @pcr281004

Tidak heran apabila perairan Raja Ampat dianggap sebagai perairan dengan pemandangan bawah laut yang tercantik di seluruh dunia. Pantai-pantai yang tersebar di seluruh kepualauan Raja Ampat juga sangat cantik dan menawan.

Lokasi dan Rute Wisata Raja Ampat

Untuk dapat mencapai kepulauan Raja Ampat, Anda harus sampai ke wilayah Kota Sorong terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan armada transportasi pesawat terbang untuk dapat sampai ke kota ini. Sesampainya Anda di Kota Sorong, Anda diharuskan menyebrang untuk sampai ke Kabupaten Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat. Gunakanlah kapal cepat untuk memudahkan Anda bisa sampai ke Waisai. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi google maps untuk melihat posisi dan mempermudahkan perjalanan dengan cara klik di sini.

Perjalanan menyebrang dari Kota Sorong menuju Kabupaten Waisai akan memakan waktu sekitar 2-3 jam lamanya. Tapi jangan khawatir, Anda akan dapat menikmati pemandangan indah lautan lepas di sekitar selama perjalanan tersebut. Bayang-bayang indahnya objek wisata Raja Ampat sudah menanti di depan mata Anda. Biaya mahal untuk bisa sampai ke objek Raja Ampat tidak akan terbuang sia-sia karena keindahan panorama eksotis alamnya.

 

Kepulauan Raja Ampat sumber ig @valentin.m.r.n
Kepulauan Raja Ampat sumber ig @valentin.m.r.n

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang yang tersebar di seluruh wilayahnya. Namun, Raja Ampat sendiri sebenarnya memiliki empat pulau besar yaitu Pulau Batanta, Salawati, Waigeo dan juga Misool. Sebagian besar penduduk Raja Ampat sendiri berprofesi sebagai nelayan. Pasir putih, burung cendrawasih, lautan biru nan bersih menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Baca juga: Tak Kalah dari Bunaken! Wisata Pulau Kanawa Bisa Jadi Pilihan

Ya, burung cendrawasih. Seperti yang Anda ketahui, burung ini merupakan spesies khas Papua yang jarang dan hampir tidak pernah ditemukan di daerah mana pun. Kelestarian berbagai macam spesies di objek wisata Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, Anda juga akan melihat berbagai macam keunikan budaya khas Raja Ampat yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Harga Tiket dan Fasilitas di Kepulauan Raja Ampat

Anda juga tidak akan dikenakan biaya tiket ataupun biaya retribusi. Namun, Anda tetap harus menyiapkan biaya untuk perjalanan menggunakan kapal cepat kisaran harga Rp 200.000,- makan dan juga penginapan selama berada di Raja Ampat. Selain bisa menikmati keindahan alamnya, Anda juga dapat mengunjungi desa-desa wisata di wilayah Kabupaten Raja Ampat. Contohnya adalah Desa Arborek.

Desa Arborek sudah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu dari sekian desa wisata. Banyak sekali berbagai kesenian, kebudayaan dan juga kuliner khas Desa Arborek. Ada tarian-tarian tradisional, kerajinan anyaman daun pandan, makanan Sinole yang terbuat dari bahan dasar sagu dan juga masih banyak lagi. Berbagai peninggalan sejarah juga dapat Anda temukan karena pulau ini pada jaman dahulu memiliki hubungan dengan kesultanan Tidore, Maluku. Bahkan, sebagian penduduknya memiliki darah keturunan kerajaan Tidore.

Kepulauan Raja Ampat sumber ig @rajaampatholidays
Kepulauan Raja Ampat sumber ig @rajaampatholidays

Demikian juga Anda jangan sampai melewati ikon Raja Ampat yaitu Wayag. Anda dapat berpose dengan latar belakang wayag sebagai kenang-kenangan tersendiri ketika berkunjung ke wisata Raja Ampat. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Pair Timbul, yaitu sebuah pulau kecil yang hanya berisikan pasir putih yang cantik dan bersih. Sungguh tidak akan membuat Anda kecewa sama sekali ketika mengunjunginya.

Anda penasaran dan ingin melihat burung surga atau Burung Cendrawasih secara langsung? Kunjungi saja Desa Sawinggrai. Jangan lupa untuk bangun lebih pagi dan awal, dan kenakanlah celana panjang serta sepatu untuk bisa melihatnya. Anda juga disarankan untuk tenang dan tidak berisik agar burung-burung disana tidak kaget dan terbang begitu saja karena terkejut dengan keberadaan Anda.

Kepulauan Raja Ampat sumber ig @timlaman
Kepulauan Raja Ampat sumber ig @timlaman

Tidak hanya keindahan laut, Raja Ampat juga memiliki Air Terjun Batanta yang dapat menyejukkan mata Anda. Namun, jangan lupa sebagai wisatawan yang baik Anda diwajibkan ikut serta menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan. Jangan sampai merusak keindahan objek wisata Kepulauan Raja Ampat di Papua ini.

Demikian ulasan menarik mengenai keindahan panorama objek wisata Kepuluan Raja Ampat di Papua Barat ini. Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata Indonesia. Terima Kasih (GoTripIna)

Leave a Comment