Keindahan Obyek Wisata Umbul Jolotundo Klaten

Apabila berkunjung ke Klaten maka jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi tempat wisata di sana, yaitu Umbul Jolotundo Klaten. Pada destinasi tersebut anda akan merasakan sensasi keindahan alamnya. Sehingga dapat merehatkan pikiran dari kepenatan yang sedang dilanda.

Terutama pada masyarakat yang berkerja di kota – kota besar, setiap harinya pasti padat dengan rutinitas kerjanya. Oleh karena itu, jika ada waktu senggang cobalah berkunjung ke tempat wisata. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan tentang Umbul Jolotundo. Silahkan simak baik – baik.

Lokasi dan Rute

Mengenai lokasi dari obyek wisata Umbul Jolotundo Klaten tepatnya berada di desa Jambeyan, kecamatan Karanganom, Klaten. Obyek wisata tersebut ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya pada musim liburan sekolah. Berkunjung ke sana akan membuat anda terpesona dengan panorama alamnya yang permai. Untuk memudahkan menuju ke Jolotundo dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google maps. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Playstore di smartphone anda.

Suasana keramaian di umbul Jolotundo Klaten, sumber ig @sagitariusadhi
Suasana keramaian di umbul Jolotundo Klaten, sumber ig @sagitariusadhi

Untuk menuju ke sana dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun kendaraan umum seperti bis atau angkutan umum. Kemudian minta berhenti di kecamatan Karanganom dan lanjutkan kembali perjalanan dengan ojek ke desa Jambeyan hingga sampai di objek wisata Umbul Jolotundo.

Harga Tiket Masuk

Liburan akhir pekan jangan sampai lupa untuk menyempatkan waktu bersama dengan keluarga atau orang – orang terdekat di Umbul Jolotundo. Hal itu penting dilakukan untuk menjalin keharmonisan dan membuatnya bahagia saat berada bersama kita. Liburan dapat diisi dengan mengunjungi suatu tempat, misalnya ke Umbul Jolotundo. Selain menarik juga tidak terlau memakan biaya banyak. Meskipun harus tetap memperhatikan budget nantinya.

Baca juga: Wisata Umbul Tirto Mulyono Klaten

Tujuan dari adanya pengelolaan budget yang baik dan benar tentu akan berdampak positif untuk keuangan. Maka dari itu budget menjadi hal yang harus diperhatikan ketika akan berkunjung ke suatu tempat tertentu. Sehingga dapat diprediksi jumlah pengeluarannya. Mengenai harga tiket masuk Umbul Jolotundo Klaten per orang dikenai biaya Rp 5.000. Biaya masuknya sangat murah sekali, jadi tidak perlu risau jika membawa banyak orang berkunjung ke Umbul Jolotundo.

Hal Menarik

Daya tarik dari destinasi Umbul Jolotundo Klaten selain pesona alamnya yang indah, penduduk yang berada di sekitarnya juga ramah kepada para pengunjung yang datang. Kawasan wisata tersebut memiliki luas 220 meter persegi dari beberapa kompleks areal, yakni area objek wisata dengan luas 500 meter persegi. Terdapat tiga kolam renang yang memiliki kedalaman berbeda, yakni antara 1 meter, 1,5 meter, dan 2 meter.

Berdasarkan cerita masyarakat, tempat wisata tersebut juga memiliki nilai historis. Dahulu terdapat Demang yang tinggal di sekitar Umbul Jolotundo beserta putrinya, yang bernama Roro Amis. Sebutan nama tersebut diberikan sebab putrinya itu mempunyai sakit kulit dan mengeluarkan bau amis. Meskipun terkena penyakit kulit, dia tetap rajin berenang. Pada suatu hari saat dirinya sedang bermain di sekitar Umbul Jolotundo kakinya tertusuk keong kecil. Kemudian secara tiba – tiba sakit kulit yang ia derita sembuh.

Bagian dalam pemandian Jolotundo Klaten, sumber ig @senodwi.10
Bagian dalam pemandian Jolotundo Klaten, sumber ig @senodwi.10

Mengetahui bahwa penyakitnya sembuh justru Roro Amis marah. Lantas Roro mengatakan bahwa keong yang berada di Umbul Jolotundo menjadi tumpul, sehingga tidak dapat melukai kaki. Selain itu dirinya juga mengucap sumpah tidak akan tumbuh pohon pisang di sekitar Umbul. Hal itu pun sampai terdengar pula beritanya pada Sunan Paku Buwana ke X, yang kemudian singgah di Umbul tersebut. Air yang berada di sana masih alami dan tidak mengandung kaporit, seperti yang ada di kolam renang kebanyakan.

Selain adanya tempat pemandian yang masih alami, di sana juga terdapat hal unik dan menarik lainnya yang perlu dilihat. Yaitu adanya batu yang berbentuk tepak kaki. Menurut ceritanya tepak kaki tersebut adalah tepak kaki milik seorang ksatria, yang bernama Bisma. Sehingga batu tersebut dinamakan dengan Tepak Bisma.

Baca juga: Informasi Umbul Kapilaler di Klaten

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di obyek wisata Umbul Jolotundo Karanganom Klaten seperti, area parkir kendaraan, Kamar Mandi atau MCK, Mushola, Kantin dan masih ada banyak lagi yang lainnya. Untuk menuju ke sana ada saran dan tips yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu bawalah bekal serta air mineral untuk mengganjal perut saat lapar. Jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen – momen terbaik bersama dengan keluarga atau teman – teman anda. Siapkan juga perlengkapan kesehatan dan obat – obatan pribadi yang sekiranya perlu dibawa, misalnya tisu basah, antiseptik dan obat anti mabuk.

Demikianlah beberapa informasi mengenai obyek wisata Umbul Jolotundo Klaten. Destinasi tersebut patut dikunjungi bersama sahabat, teman atau orang – orang terdekat anda. Sehingga bisa menambah keakraban di dalamnya. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Apabila menginginkan informasi seputar obyek wisata lainnya silahkan terus kunjungi website ini. Nantikan postingan – postingan terbaru lainnya di sini. Selamat berlibur di akhir pekan nanti. Jangan lupa untuk berkunjung ke Umbul ya? Terima kasih.

Leave a Comment