Home » Danau / Waduk » Waduk Sermo Jogja Sebagai Tempat Wisata dan Kebutuhan Pertanian

Waduk Sermo Jogja Sebagai Tempat Wisata dan Kebutuhan Pertanian

Waduk merupakan sebuah bendungan air atau sebagai tempat penampungan air saat terjadi kelebihan air pada musim penghujan dan kemudian air yang melimpah tersebut dimanfaatkan untuk keperluan pertanian dan berbagai keperluan lainnya pada saat musim kemarau.

Waduk Sermo Jogja adalah salah satu bendungan air yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pembuatan Waduk Sermo ini sudah dimulai sejak tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996.

Tujuan dibangun Waduk Sermo karena digunakan untuk suplesi sistem irigasi di wilayah Kalibawang yang memiliki cakupan area seluas 7. 152 Ha. Dan selama ini Waduk Sermo dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan untuk air irigasi yang mengairi sawah di daerah Wates dan sekitarnya.

Bendungan ini nantinya akan dapat meningkatkan produktivitas pertanian melalui perluasan pertanian irigasi, efisiensi air irigasi, intensitas pola tanam. Dengan begitu peningkatan pertanian di daerah tersebut akan lebih meningkat. Tidak lupa para petani juga dapat menggunakan Pupuk bioneensis sebagai kebutuhan nutrisi tumbuhan agar menjadi tanaman yang memiliki kualitas bagus.

Kegiatan Seru yang dilakukan Wisatawan Saat Berkunjung ke Waduk Sermo Jogja

Waduk Sermo tidak hanya dimanfaatkan sebagai air irigasi pertanian dan kebutuhan sumber air bersih di masyarakat sekitar. Namun, Waduk Sermo ini juga digunakan untuk tempat objek wisata alam.

Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo, sumber: sda.pu.go.id
Lokasi Waduk Sermo Kulon Progo, sumber: sda.pu.go.id

Karena pemandangan alam sekitar yang indah dan menjadi daya tarik wisatawan setempat maupun luar daerah. Disana pengunjung juga dapat menikmati suasana alam yang sejuk dan indah. Nah, berikut ini ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan saat berkunjung untuk berwisata di Waduk Sermo Jogja, yaitu:

1. Berkeliling menyusuri Waduk Sermo dengan perahu motor

Ketika sedang berwisata di Waduk Sermo Jogja tidak puas jika hanya memandang waduk dari daratan. Di tempat Waduk Sermo pengunjung dapat mencoba menaiki perahu motor yang sudah disediakan.

Pengunjung akan dibawa berkeliling di Waduk Sermo dengan melihat keindahan alam yang memukau di sekitarnya. Dan ini menjadi spot foto yang menarik karena dengan latar belakang pemandangan alam yang dekat dan indah di atas perahu motor.

2. Mencoba naik perahu getek tradisional

Selain perahu motor ada juga perahu getek yang disediakan. Perahu getek adalah salah satu alat transportasi air yang dibuat dari bambu dan kemudian dijajarkan membentuk persegi panjang dengan luas sekitar 3 x 1 meter.

Perahu getek ini akan dikemudikan dengan menggunakan bambu yang panjang dan difungsikan sebagai dayungan. Untuk menaiki perahu getek ini mungkin akan memacu adrenalin pengunjung meskipun tidak berbahaya. Namun, pengunjung tetap harus waspada karena perahu ini tidak ada pegangan.  

3. Menikmati keindahan alam di taman bambu air

Taman bambu air merupakan sebuah taman yang dibuat dari potongan bambu dengan tong plastik serta menggunakan rangka dari besi yang biasa digunakan oleh jasa pemasangan kanopi di Jogja.

Dengan begitu taman tersebut dapat menahan taman bambu dan dapat menampung bobot pengunjung agar tidak tenggelam. Untuk keberadaan taman bambu air ini berada di tengah-tengah waduk tersebut.

Taman bambu air sermo, sumber: promoliburan.com
Taman bambu air sermo, sumber: promoliburan.com

Jadi apabila pengunjung yang ingin ke taman bambu air nanti akan diantar dahulu menggunakan perahu menuju lokasi tersebut. Pengunjung yang diperbolehkan untuk ke objek wisata taman bambu air ini hanya 6 orang saja.

Dan disitu pengunjung akan dapat menikmati pemandangan alam yang dikelilingi hamparan hijau perbukitan Menoreh di atas taman tersebut. Menariknya di taman ini akan dilengkapi dengan berbagai properti pendukung untuk digunakan sebagai spot foto seperti kursi yang terbuat dari bambu, meja, pepohonan hias, lampu petromak, caping petani, bahkan ada juga sepeda ontel.

4. Bermalam dengan berkemah di Waduk Sermo

Waduk Sermo Jogja memang menjadi salah satu tempat wisata alam yang indah untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang membuat wisatawan merasa betah untuk berlama-lama. Pengunjung juga dapat berkemah di sekitar tempat Waduk Sermo yaitu di tepi waduk tersebut.

Berkemah di Waduk Sermo, sumber: piknikdong.com
Berkemah di Waduk Sermo, sumber: piknikdong.com

Dengan begitu pengunjung bisa menikmati di sore hari serta melihat pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Ketika waktu pagi area Waduk Sermo akan diselimuti oleh kabut putih yang terkesan mistis, namun penuh keindahan. Suasana pagi hari akan menyambut anda dengan kesegaran dan kesejukan udara yang bersih.

5. Memancing di Waduk Sermo

Waduk Sermo Jogja juga banyak menyimpan sumber pangan bagi warga sekitar. Karena di dalam waduk tersebut terdapat banyak jenis ikan air tawar, misal seperti ikan nila, ikan red devil, ikan tawes, ikan mujair, dan lain-lain.

Warga setempat mencari ikan tersebut dengan berbagai cara, ada yang memancing, menjala, maupun menembak. Masyarakat tersebut memanfaatkan ikan hasil pancingannya untuk lauk makan saja dan bukan sebagai pekerjaan.

Sebab pekerjaan utama mereka adalah seorang petani dan peternak. Tidak hanya masyarakat lokal saja yang dapat menikmati hasil ikan dari Waduk Sermo. Untuk para pengunjung yang berwisata di Waduk Sermo juga dapat merasakan memancing ikan di waduk tersebut.

Terkadang juga banyak para komunitas pemancing dari berbagai daerah yang berdatangan untuk mencoba memancing di Waduk Sermo. Kegiatan tersebut sangat cocok bagi para wisatawan yang memiliki hobi memancing ikan.

Itulah beberapa tempat wisata Waduk Sermo Jogja yang sering dikunjungi oleh wisatawan dengan pemandangan alamnya yang indah. Masih banyak lagi tempat wisata Jogja yang menarik dan dapat anda kunjungi. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Leave a Comment