Mirip Green Canyon! Wisata Air Terjun Cunca Wulang Jadi Pilihan

Bagi Anda para penggemar wisata air, Apakah anda pernah mendengar tentang wisata Air Terjun Cunca Wulang. Ya, wisata air terjun yang terletak di Flores ini terlihat bagaikan surga tersembunyi yang tidak banyak orang mengetahui keberadaannya. Ditambah lagi, daerah Flores memang terkenal akan kekayaan alamnya yang masih sangat indah dan juga alami.

Terbayang bukan bagaimana keindahan alam milik air terjun yang satu ini? Bahkan, tidak sedikit wisatawan asing yang berlalu lalang mengunjungi destinasi Air Terjun Cunca Wulang. Mayoritas dari turis-turis asing tersebut tertarik dengan keindahan alam dan keasrian panorama alam yang disuguhkan di sekitar air terjun. Biasanya, air terjun ini mengalirkan air yang segar menuju kolam di bagian bawahnya.

Mirip Green Canyon Pangandaran 

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang sering mengalirkan air meskipun bebatuan asalnya adalah batu kapur. Ya, objek wisata yang satu ini memang dikelilingi oleh formasi bebatuan kapur yang kemudian membentuk beberapa tebing yang tinggi. Alam milik Flores, Nusa Tenggara Timur memang cukup unik. Ia mampu menyuguhkan suasana savanna seperti di Afrika dan Eropa dalam waktu yang bersamaan. Menarik sekali bukan? dan sangat juga mirip dengan Green Canyon Pangandaran.

Air Terjun Cunca Wulang sumber ig @sifen89
Air Terjun Cunca Wulang sumber ig @sifen89

Di sekeliling Air Terjun Cunca Wulang, Anda akan melihat bongkahan tebing yang dialiri air terjun. Jika Anda mengunjungi air terjun ini, Anda akan diharuskan untuk berhati-hati karena terdapat dua buah tebing yang di mana jarak antara kedua tebing tersebut cukup sempit. Objek Air Terjun Cunca Wulang memang memiliki berbagai rahasia dan keunikannya sendiri. Dijamin, Anda akan terpesona beberapa kali dengan keindahan panorama keeksotisan alamnya.

Lokasi dan Rute Air Terjun Cunca Wulang

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang dapat Anda kunjungi di daerah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Untuk lebih lengkapnya, air terjun bak Green Canyon Pangandaran ini berlokasi di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeiling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Karena letaknya yang berada di Desa Cunca Wulang, maka air terjun ini pun memiliki nama yang serupa. Untuk air terjunnya sendiri berada di kawasan Hutan Mbeiling.

Untuk bisa sampai ke objek wisata Air Terjun Cunca Wulang, Anda dianjurkan untuk berhati-hari karena medan untuk bisa sampai di sana cukup menantang. Posisi Air Terjun Cunca Wulang sendiri berada sekitar 26 kilometer sebelah timur Labuan Bajo. Anda dapat memanfaatkan armada umum seperti Trans Flores. Saat sudah tiba di daerah Cekondo, Anda akan diarahkan menuju Desa Wersawa. Dari desa tersebut, Anda perlu melalui turunan perbukitan selama kurang lebih 1 jam.

Sesaat sebelum hendak mengunjung air terjun, Anda diwajibkan untuk menyiapkan energi seperti sarapan karena akses menuju ke objek wisata tersebut cukup menguras tenaga.

Baca juga: Desa Adat Wae Rebo, Desa Wisata Negeri Diatas Awan di Flores

Di sepanjang jalan menuju ke air terjun, Anda akan melihat berbagai pemandangan unuk seperti tanaman vanilla dan juga tanaman coklat yang ditanam oleh penduduk lokal. Ada juga tanaman pisang, kopi dan juga kacang. Apabila diamati, perkebunan tersebut terlihat seperti hutan hujan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Ada

Sebelum masuk ke area objek wisata Air Terjun Cunca Wulang, Anda diharuskan menyiapkan biaya retribusi sebesar Rp30.000 – Rp50.000, namun harga tersebut belum termasuk jasa pemandu lokal. Pemandu lokal yang ada merupakan orang asli Cunca Wulang. Nilai tambah objek wisata yang satu ini adalah keberadaan penduduk lokalnya yang ramah. Mereka hidup rukun satu dengan yang lainnya. Meski pun berbeda agama, mereka tetap menghormati satu sama lain.

Air Terjun Cunca Wulang sumber ig @igasri
Air Terjun Cunca Wulang sumber ig @igasri

Anda tidak akan menemukan restoran di sekitar Air Terjun Cunca Wulang ini. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk membawa sendiri perbekalan seperti makanan dan minuman. Agar lebih jelas mengetahui tentang seluk beluk air terjun dan juga gua yang ada, Anda bisa menyewa jasa penduduk lokal untuk dijadikan sebagai pemandu wisata. Bahkan terkandang penduduk lokal juga berbaik hati menyiapkan air kelapa muda atau makanan kecil yang dapat Anda bayar dengan harga murah.

Terdapat beberapa aktivitas menyenangkan apabila Anda mengunjungi objek wisata yang satu ini. Pastikan Anda bersama dengan sahabat atau keluarga untuk bersama-sama berenang di bagian kolam yang berada tepat di bawah air terjun Cunca Wulang ini. Anda juga dapat menikmati sensasi uji adrenalin mendaki tebing dengan hati-hati. Ada beberapa tempat khusus yang dapat Anda gunakan untuk lompat tebing. Pastikan Anda selalu fokus dan jangan sampai terpeleset, ya.

Saat musim hujan, aliran air di wisata air terjun Cunca Wulang akan sangat deras dengan debit air yang sangat tinggi. Bahkan, ketika intensitas hujan dinilai cukup rendah. Maka dari itu, ketika musim hujan tiba, Anda akan dianjurkan untuk sangat berhati-hati. Namun, sebelumnya pemandu wisata akan memastikan bahwa kondisi di sekitar air terjun aman atau tidak untuk para pengunjung.

Untuk itu, Anda tidak disarankan untuk mengunjungi Air Terjun Cunca Wulang ketika sedang datang musim hujan. Hal tersebut dikhususkan untuk keselamatan Anda dan juga orang-orang tersayang. Lagipula, Anda tidak akan dapat menikmati kesegaran Air Terjun Cunca Wulang karena hujan terus menerus. Ditambah lagi, kolam di bawah air terjun akan berubah menjadi kecoklatan karena adanya lumpur yang terbawa.

Air Terjun Cunca Wulang sumber ig @azranasution
Air Terjun Cunca Wulang sumber ig @azranasution

Pastikan Anda mengajak sahabat atau pun keluarga untuk berlibur mengunjungi betapa eksotisnya Labuan Bajo. Selain untuk menikmati kekayaan alam yang ada, Anda juga akan bertemu dengan para penduduk lokal yang ramah dan juga santun. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar objek wisata Air Terjun Cunca Wulang agar selalu nyaman untuk dikunjungi.

Demikian ulasan menarik mengenai objek wisata Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo, Flores NTT yang begitu mempesona dan mirip dengan Green Canyon Pangandaran. Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata Indonesia. Terima Kasih (GoTripIna)

Leave a Comment