Ayuk Seru-seruan Bermain Air di Cokro Tulung Klaten

Cokro Tulung Klaten – Menikmati kesegaran mata air di Wisata Cokro Tulung Klaten dapat dijadikan sebuah alternatif untuk me-refresh pikiran. Airnya yang masih alami dan segar tentu akan membuat tubuh kembali rileks. Sehingga saat kembali lagi untuk kegiatan rutin akan lebih bersemangat dan mampu memunculkan ide – ide cemerlang. Sebelum berangkat ke sana, agar lebih terpikat cobalah baca ulasan singkat di bawah ini dengan cermat.

Mengenal Cokro Tulung Waterpark

Menyambangi Klaten jangan lewatkan untuk berwisata ke Cokro Tulung Waterpark. Obyek wisata alam ini selain menawarkan kesegaran mata airnya, juga menggabungkan antara obyek wisata alam serta modern. Pengelolanya membangun waterboom yang dapat digunakan untuk wahana permainan air.

Kolam Renang Cokro Tulung Klaten, src klatenlokasi
Kolam Renang Cokro Tulung Klaten, src klatenlokasi

Waterboom tersebut menantang adrenalin setiap orang. Selain itu juga terdapat kolam renang, yang sangat bervariasi mulai dari kolam renang untuk anak – anak hingga orang dewasa. Ditambah lagi dengan adanya wahana permainan anak dan pada kolam renang dewasa dilengkapi oleh satu ember raksasa yang siap menumpahkan beberapa kubik air yang sudah terisi penuh. Ada area water slide dan juga wahana flying fox.

Kawasan Cokro Tulung juga tersedia area parkir yang luas dan nyaman. Sehingga pengunjung dapat leluasa untuk memarkirkan kendaraan yang dibawanya. Toiletnya juga bersih dan airnya jernih tetapi dingin. Apabila ingin untuk beribadah juga disediakan tempat untuk ibadah. Jadi, cukup nyaman bukan?

Jika saat perjalanan perut terasa lapar maka jangan khawatir, di sana juga terdapat penjual makanan yang siap menjajakan dagangannya. Sebagian besar dari mereka berjualan mie instan dan gorengan. Terdapat pula jasa penyewa tikar sebagai alas duduk pengunjung yang sedang kelelahan dan jasa sewa ban untuk yang ingin berenang di sana.

Sungai Cokro Tulung Klaten, src jelajahkhatulistiwa
Sungai Cokro Tulung Klaten, src jelajahkhatulistiwa

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi wisata Cokro Tulung di daerah Klaten juga harus tahu jam bukanya, agar nanti ketika sampai di sana mendapatkan momen yang tepat menikmati liburan. Mengenai jam bukanya biasanya mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, dengan biaya masuk 11.500 untuk satu orang pada hari libur dan 15.000 rupiah pada hari biasa untuk 2 orang. Ditambah lagi biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah jika menggunakan sepeda motor dan 5 ribu rupiah jika menggunakan mobil.

Rute Menuju Cokro Tulung Klaten

Rute untuk menuju ke Cokro Tulung Klaten apabila dari pusat Jogjakarta, maka

ambillah jalur ke Solo. Estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 1 hingga 1,5 jam, lantas anda dapat menemukan wisata tersebut. Dari Jogjakarta ikuti jalan raya Jogja – Solo, hingga menemukan perempatan Pasar, namanya Pasar Delanggu.

Kemudian dari perempatan tersebut belok ke arah utara atau kiri. Terus ikuti jalur itu hingga menemukan Pasar Tulung. Lokasi Cokro Tulung terdapat di belakang Pasar Tulung itu. Nanti akan ada plang sebagai penunjuk arah dari Pasar Delanggu hingga obyek Cokro Tulung. Jadi, jangan khawatir akan tersesat.

Sejarah Cokro Tulung

Pada awal mulanya wisata Cokro Tulung dulunya bernama Umbul Ingas. Karena mata air ini berada diantara pohon – pohon Ingas. Pohon ini memiliki ukuran yang besar, rindang serta banyak ditemukan pada kompleks pemandian tersebut. Selain akan memberikan rasa sejuk dan rindang, adanya pohon Ingas juga menjadi salah satu alasan mengapa air di tempat itu menjadi jernih.

Untuk saat ini Umbul Ingas diganti menjadi Cokro Tulung. Hal ini disebabkan tempat wisata itu terdapat di desa Cokro, kecamatan Tulung. Alasan lainnya yaitu, adanya harapan dengan diberikannya nama Cokro Tulung, maka obyek wisata itu dapat dijadikan saran tetulung (membantu warga sekitar). Bahkan, air dari Cokro Tulung juga diambil untuk keperluan air minum Keraton Surakarta Hadiningrat.

Berenang di Sungai Cokro Tulung Klaten, src kitamuda
Berenang di Sungai Cokro Tulung Klaten, src kitamuda

Luas dari tempat wisata itu kurang lebih 15 ribu meter persegi. Selain ada mata air juga ada aliran yang seperti kali. Menghubungkan komplek mata air ke aliran sungai. Mata air di Cokro Tulung juga dibatasi oleh pagar tinggi di sekelilingnya. Untuk setiap orang yang ke sana juga bukan orang sembarangan . Artinya tidak semua orang bisa masuk.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai mata air Wisata Cokro Tulung Klaten. Surga dunia bagi pecinta wisata alam Indonesia. Di balik sisi sederhana wilayah Klaten ternyata menyimpan keindahan alamnya yang mampu meningkatkan potensi wisata daerah. Apabila diberdayakan lagi oleh warga serta pemerintah tentu akan jauh lebih bagus lagi.

Sehingga mampu menyerap lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke sana. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, jangan lupa juga ketika berkunjung tetap memperhatikan lingkungan sekitar. Jangan sampai coba – coba untuk merusaknya atau membuang sampah sembarangan. Kalau bukan kita yang menjaganya, lalu siapa lagi? Terus mencoba memperbaiki dan berbenah tentu akan meningkatkan kualitas pariwisata di negeri ini. Selamat menikmati liburan. Terima kasih.

Leave a Comment