Wisata Sejarah Kekinian Goa Selarong Bantul

Goa Selarong Bantul – Siapa yang tidak tertarik untuk datang ke Jogja? Kota Gudeg yang mempunyai aneka macam wisata lengkap mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Selain liburan ke beberapa pantai terkenal di Jogja dapat pula menyempatkan diri untuk melihat perjuangan pahlawan di Goa Selarong Bantul. Mendengar kata Goa sering diidentikkan dengan tempat bersejarah dan mistik. Konon, goa ini dijadikan tempat berlindung oleh pahlawan goa Selarong. Untuk detailnya berikut ini ulasannya.

Kisah Mistik di Balik Goa Selarong Bantul

Menilik kembali sejarah lalu, Goa Selarong Bantul digunakan oleh pahlawan goa Selarong, yaitu Pangeran Diponegoro untuk bersembunyi dari serangan Belanda. Selain untuk berlindung Goa ini dijadikan tempat untuk menyusun strategi jitu untuk membalas serangan penjajah waktu itu. Pasalnya memang Belanda mempunyai persenjataan yang lebih lengkap untuk serang-menyerang.

Dibalik misteri Goa Selarong Bantul yang secara kasat mata tampak buntu, ada hal yang dianggap aneh, yakni Pangeran Diponegoro bersama pasukannya selalu bisa masuk ke dalam dan tidak terlihat dari luar. Jadi Goa Selarong seakan menjadi pintu gaib bagi Pangeran Diponegoro untuk bersembunyi. Hal kemistikan tersebutlah yang menjadikan Pahlawan Goa Selarong Bantul dan pengikutnya tidak bisa ditangkap oleh Belanda. Bahkan belanda tidak dapat melihat Pangeran Diponegoro yang sebenarnya memang bersembunyi di Goa Selarong Bantul. Belanda hanya mampu melihat bangunan goa saja.

Tanda nama Goa Selarong di Bantul, sumber ig @si_indoens
Tanda nama Goa Selarong di Bantul, sumber ig @si_indoens

Sebagaimana sejarah yang tercatat, Perang Diponegoro berlangsung dari tahun 1825-1830. Hingga akhirnya Pahlawan Goa Selarong Bantul harus ditangkap oleh Belanda dan diasingkan ke Makassar sampai wafatnya. Keramatnya Goa Selarong Bantul ini sudah tersiar ke berbagai pelosok. Goa ini bisa dikatakan cukup angker yang mana setiap malam selasa kliwon ataupun jumat kliwon terdengar suara gending-gending jawa yang sedang ditabuh. Suara yang muncul dari goa tersebut seperti nyata tetapi selalu tidak dapat menemukan wajahnya.

Area gunung Selarong bantul berada di perbukitan kapur dengan ketinggian 35 meter. Goa ini juga dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan. Bisa dibilang goa ini letaknya sangat curam. Untuk mencapai goa ini harus melewati ratusan anak tangga sejauh 400 meter. Goa ini juga terbilang sempit karena hanya mempunyai lebar 3 meter dan tingginya tidak sampai 2 meter. Sedangkan kedalaman goa ini sekitar 3 meter.

Beberapa pantangan yang harus dihindari ketika berada di Goa Selarong yaitu jangan sekali-kali menjadikan tempat ini sebagai pesugihan maupun mencari keberuntungan seperti untuk mendapatkan nomer togel. Jika ada orang yang nekat untuk melakukan hal-hal tersebut maka ada bencana menimpa orang tersebut. Bencana bisa berupa terpeleset di tangga goa maupun jatuh dari tebing yang menyebabkan kematian.

Suasana sekitar goa Selarong Bantul Yogyakarta, sumber ig @windaarifah_04
Suasana sekitar goa Selarong Bantul Yogyakarta, sumber ig @windaarifah_04

Harga Tiket Masuk Goa Selarong Bantul

Untuk harga tiket masuk ke Goa Selarong Bantul tidak perlu merogeh kocek dalam hanya perlu membayar 2000 rupiah per orang bisa berkeliling ke berbagai wisata di area goa tersebut. sementara, harga untuk parkir sepeda motor hanya 2000 rupiah saja dan mobil maupun bus dengan biaya 5000-10.000. jangan khawatir, untuk lahan parkis di wisata ini cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan.

Baca juga: Naik Delman di Parangtritis

Jarak antara tempat parkir hingga pintu goa Selarong Bantul tidak terlalu jauh berkisar 100 meter. Untuk menempuh jarak tersebut bisa dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan di sekeliling goa. Tempat wisata ini tidak menyediakan guide, jadi hendaknya sebelum datang ke sini membaca pendek sejarah terkait pahlawan Goa Selarong Bantul menghadapi Belanda.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Selarong Bantul

Untuk menuju Goa Selarong hanya membutuhkan waktu 45 menit perjalanan dari pusat kota Yogyakarta yang berjarak sekitar 30 km. Jika telah sampai di depan gapura maka akan disambut dengan patung Diponegoro. Hal ini untuk mengingat jasa pahlawan Goa Selarong Bantul atas keberaniannya melawan penjajahan Belanda.

Pada patung tersebut pangeran Diponegoro menggunakan jubah hitam dan menunggang kuda. Patung Diponegoro juga bisa ditemukan di beberapa meter dari area parkir dengan menggunakan jubah putih. Memang sejarah Goa Selarong Bantul tidak bisa dilepaskan dari perjuangan Pangeran Diponegoro.

Bemain air di Goa Selarong Bantul, sumber ig @muhammadtrisantoso8
Bemain air di Goa Selarong Bantul, sumber ig @muhammadtrisantoso8

Alamat Goa Selarong Bantul terletak di Dusun Kembang Putihan Desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke Goa ini bisa menempuh beberapa jalur diantaranya melalui jalur Desa Wisata Kasongan dan mengikuti jalan utama hingga perempatan Gowosari. Jalan terus kemudian berbelok ke arah kiri maka sampailah di tempat tujuan. Jalur lainnya dengan melalui jalan bantul Diro ke barat ataupun kanan terus hingga menemukan Goa Selarong ini.

Jadi itulah beberapa review hal menarik dari Goa Selarong bantul. Goa tersebut juga mempunyai dua goa lainnya yaitu goa kakung dan goa putri yang mana goa kakung ditempati oleh Pahlawan Goa Selarong sementara Goa Putri digunakan oleh selir Pangeran Diponegoro paling setia setelah dua istrinya meninggal dunia.

Tertarik berkunjung ke goa Selarong yang pernah dipakai oleh Pangeran Diponegoro ini? Kami sarankan berkunjung ke lokasi wisata ini dihari hidup yang tidak bertepatan dengan liburan. Agar Anda bisa menikmati suasana sepi yang mengasyikkan di goa Selarong ini. Terimakasih sudah menyimak, salam hangat dari GoTripina. 🙂

Leave a Comment