Pantai Parangtritis, Sensasi Unik Berwisata Sambil Naik Delman

Wisata Parangtritis merupakan obyek wisata berupa pantai yang berada di Yogyakarta. Tempat pariwisata ini menjadi salah satu tempat pariwisata paling favorit di Jogja dan sudah terkenal hingga mancanegara. Sehingga Pantai Parangtritis selalu menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Kepopuleran Pantai Parangtritis tidak kalah dengan kepopuleran berbagai obyek wisata yang ada di Yogyakarta seperti Keraton Yogyakarta, Jalan Malioboro, Taman Sari Keraton Yogyakarta serta obyek wisata lainnya di kota gudeg ini.

Pantai Parangritis adalah sebuah kawasan di Yogyakarta yang mempunyai daya magis yang cukup kuat. Sehingga, menarik minat wisatawan untuk datang dan datang lagi ke pantai yang sudah sejak lama menjadi ikon tempat wisata di Jogja ini, selain Kraton Jogja dan Malioboro tentunya. Tempat yang selalu dihubungkan dengan Ratu Pantai Selatan ini tidak pernah kehilangan pengunjungnya sedikit pun.

Pantai Parangtritis sumber ig @_aeswe
Pantai Parangtritis sumber ig @_aeswe

Kehadiran mitos Nyai roro kidul pun tidak lantas luntur begitu saja. Karena, apa yang ditakutkan oleh masyarakat dahulu sudah terjawab secara ilmiah. Tentang ganasnya ombak yang mampu menyeret orang dan menenggelamkannya ke dasar laut. JIka, zaman dahulu orang-orang tua akan mengatakan bila, ada wisatawan yang mengalami kejadian seperti itu berarti, wisatawan tersebut dibawa kealam lain, ke kerajaan pantai selatan dengan mitos kaos atau pun baju yang berwana hijau.

Wisata Seru dengan Mengelilingi Pantai Parangtritis Naik Delman

Disamping dengan banyak mitos cerita legenda dari masyarakat, ada hal yang menarik dan sensasi wahana wisata unik di pantai Parangtritis ini. Kalau naik delman mengelilingi jalan Malioboro pasti sudah menjadi hal yang biasa bukan? tapi bagaimana jika naik delman itu mengelilingi area pantai Parangtritis Jogja? Pasti menjadi hal asing yang hampir tidak pernah Anda rasakan bukan?

Ya, pantai Parangtritis adalah salah satu pantai di Jogjakarta yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain bisa naik delman, Anda juga bisa mengelilingi pantai dengan menggunakan ATV.

Di tambah para pengunjung Pantai Parangtritis akan di suguhkan pemandangan pantai  yang menawan dengan perbukitan dan karang-karang indah yang berada di sisi timur Parang tritis. Sedangkan di sisi barat para pengunjung bisa menikmati gumuk atau padang pasir luas dengan bukit-bukit pasirnya yang indah.

Lokasi dan Rute Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Jalan Parangtritis, kecamatan Kretek, kabupaten Bantul. Pantai ini berjarak ± 28 Km dari pusat Kota Yogyakarta ini dapat kita capai dengan menggunakan kendaraan pribadi melewati Jalan Raya Parangtritis tinggal mengikuti jalan yang mengarah ke selatan hingga ± 1 jam perjalanan kita akan sampai di pintu masuk Pantai Parangtritis. Jika Anda sudah sampai di tempat wisata ini, Anda juga bisa berwisata ke kawasan pantai lainnya di sekitar Parangtritis.

Pantai Parangtritis sumber ig @dhiaz_anggie
Pantai Parangtritis sumber ig @dhiaz_anggie

Ya, pantai ini juga dekat dengan Gumuk Pasir Parangkusumo, Cemara Sewu, dan Depok. Menariknya, jika Anda hendak pergi ke pantai-pantai lain setelah Parangtritis, Anda hanya perlu membayar parkir saja karena Anda hanya cukup membayar tiket masuknya saja.

Untuk menuju pantai Parangtritis, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam dari kota Yogyakara, Jika Anda datang dari arah kota Yogyakarta, maka arahkan kendaraan Anda menuju jalan Parangtritis. Jalan untuk menuju pantai ini sangat mudah sekali untuk dilalui. Anda hanya perlu jalan lurus saja kecamatan Kretek dan menemukan tempat pemungutan retribusi (TPR). Sampai TPR, maka kawasan pantai Parangtritis sudah terlihat. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Malioboro kita bisa naik Trans Yogya ke arah terminal Giwangan, dari terminal Giwangan kita bisa melanjutkan menggunakan Mini Bus menuju Pantai Parangtritis. Atau bisa langsung klik alamat mapsnya di sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Untuk memasuki wisata Pantai Parangtritis Jogja, Anda akan diminta membayar tiket retribusi sebesar Rp. 10.000 per orang. Jadi jika Anda datang dengan satu rombongan membawa mobil, maka Anda harus membayar sesuai jumlah orang yang ada.

Selain itu Anda juga akan diminta untuk membayar biaya parkir sepeda motor sebesar Rp.2000 dan Rp. 3000 untuk mobil. Di kawasan pantai Parangtritis ini juga menyediakan tempat penginapan bagi Anda yang ingin bermalam. Tarif penginapan beragam, mulai dari Rp.30.000-Rp.200.000, tergantung pada fasilitas penginapan. Jadi buat Anda dan teman-teman Anda yang kelelahan setelah mengelilingi wisata di Jogjakarta, Anda bisa menginap di sini.

Keliling Pantai dengan Delman

Ini dia fasilitas yang paling dicari di kawasan pantai Parangtritis, yaitu naik delman. Adanya delman di kawasan pantai ini bisa dikatakan adalah hal yang langka. Jadi, naik delman di pantai ini adalah hal yang perlu Anda coba lakukan jika berwisata ke Parangtritis.

Pantai Parangtritis sumber ig @evi_novita7sari
Pantai Parangtritis sumber ig @evi_novita7sari

Untuk bisa naik delman ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.35.000 untuk satu kali putaran mengelilingi kawasan pantai Parangtritis. Satu kali putaran ini berdurasi sekitar 15 menit. Rasakan asyiknya menaiki delman dengan menikmati pemandangan pantai yang indah.

Nah, akan lebih cocok lagi jika Anda naik delman di pantai Parangtritis Jogja pada saat matahari terbenam atau terbit. Jadi, saran kami datanglah saat pagi atau sore hari, cuacanya tidak terlalu panas ditambah Anda bisa melihat pemandangan matahari yang sangat indah.

Jadi kapan berencana berlibur ke Pantai Parangtritis Jogja ? yang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga jogjakarta karena keindahan dan eksotis pantainya. Yuk ajak keluarga, teman dan sahabat berlibur ke sini, terutama bagi pecinta pantai yang senang bermain air dan menikmati suasananya. Dijamin seru dan asik pastinya.

Leave a Comment