Home » Pantai » Suka Ketenangan? Ini 4 Wisata Kebun Teh di Indonesia yang Indah Menawan

Suka Ketenangan? Ini 4 Wisata Kebun Teh di Indonesia yang Indah Menawan

Indonesia merupakan negeri dengan sejuta keindahan yang memesona. Sebagai negeri yang bertanah subur, menjadikan berbagai jenis tanaman dengan keindahan menawan dapat Anda nikmati. Itulah mengapa banyak sekali wisata di Indonesia yang menawarkan wisata alam. Salah satunya ialah wisata kebun teh di Indonesia yang diakui dunia.

Teruntuk Anda yang ingin berlibur akhir pekan bersama keluarga, untuk sekedar melepas kepenatan dari rutinitas pekerjaan yang menguras pikiran, wisata kebun teh bisa menjadi alternatif solusi yang tepat. Selain karena identik dengan suasana tenang dan sejuk, kebun the biasanya memiliki harga tiket yang cukup terjangkau.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati teh segar langsung dari asalnya sembari menikmati suasana hijau sepanjang mata memandang yang menyegarkan. Indonesia memiliki banyak sekali wisata kebun teh di sepanjang pulau yang tentunya memanjakan mata. Tidak heran Indonesia merupakan salah satu penghasil teh terbesar di dunia. Itulah mengapa di Indonesia ada banyak perkebunan dan perusahaan teh, yang di dalamnya termasuk perusahaan maklon teh herbal.

Inilah Daftar Wisata Kebun Teh di Indonesia

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga dengan suasana yang tenang, sejuk dan asri, kami sarankan untuk mengunjungi wisata kebun teh. Anda tidak perlu khawatir kebingungan dalam memilih destinasi kebun teh. Berikut kami telah merangkum 4 wisata kebun teh yang rekomended dengan panorama indah nan memesona.

1. Kayu Aro Jambi

Kayu Aro Jambi. Sumber: instagram.com. Kebun Teh di Indonesia
Kayu Aro Jambi. Sumber: instagram.com

Wisata kebun teh rekomended yang pertama ialah kebun teh Kayu Aro. Kebun teh yang terletak di provinsi Jambi ini bukan lah kebun teh biasa. Pasalnya kebun teh Kayu Aro berada di daerah pegunungan, tepatnya di sekitar gunung Kerinci, di ketinggian 1.600 mdpl. Sehingga hawa sejuk di kebun teh ini khas dingin pegunungan.

Setelah ditelisik, ternyata kebun teh Kayu Aro termasuk dalam kebun teh terluas di dunia, mencakup 2.500 hektare. Kebun teh Kayu Aro terkenal sebagai pemasok teh hitam ke luar negeri dengan berbagai jenis merek. Perlu diketahui, kebun teh ini sudah berumur cukup tua, karena sudah ada sejak belanda menjajah nusantara tercinta.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kebun teh ini, disarankan untuk pergi melalui kota Padang Sumatera Utara, karena cukup dekat. Bila dari Padang, perjalanan memakan waktu sekitar 8 sampai 9 jam perjalanan. Apabila Anda pergi dari ibukota Jambi, perjalanan bisa memakan waktu sampai 12 jam. Anda dapat juga menggunakan jasa perusahaan sewa mobil sekitar apabila tidak memiliki kendaraan pribadi.

2. Kebun Teh Gunung Mas Bogor

Wisata Kebun teh berikutnya yaitu kebun teh Gunung Mas. Untuk Anda yang berdomisili wilayah jabodetabek, Anda tidak perlu menyebrang pulau bila ingin menikmati hijaunya kebun teh. Cukup kunjungi Kebun teh Gunung Mas yang berada di Cisarua Bogor ini. Dilengkapi dengan fasilitas guide tour menjadikan liburan bersama keluarga jadi lebih menyenangkan.

Gunung Mas Bogor. Sumber: pegipegi.com. Kebun Teh di Indonesia
Gunung Mas Bogor. Sumber: pegipegi.com

Kebun teh Gunung Mas terletak di jalan Raya Puncak km.87 Tugu Selatan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Disini Anda juga dapat menikmati berbagai wahana di Agrowisatanya seperti berkuda, ATV, berenang, sepak bola dan masih banyak lagi. Tiket masuk yang ditawarkan mulai dari Rp 15.000,-. Bila Anda ingin tur ke kebun teh dengan didampingi guide maka perlu biaya lagi.  

Bagi Anda yang ingin berlama-lama disini Anda dapat menginap di homestay yang disewakan, tentunya dengan harga bersahabat.

3. Kebun Teh Kaligua

Kebun teh yang berikutnya ada di daerah Jawa Tengah, yaitu kebun teh Kaligua di daerah Brebes. Bagi Anda yang menyukai pemandangan pedesaan yang menenangkan, maka kebun teh ini dapat menjadi pilihan. Berbagai bukit alami, bunga-bunga liar menawan dan sejuknya hawa gunung berpadu dalam kebun the satu ini.

Perlu diketahui, kebun teh ini berada di kaki lereng gunung Slamet, maka jangan kaget bila sedang musimnya, hawa dingin bisa menusuk tajam hingga terasa sampai tulang. Pengelola kebun teh yaitu PTPN IX Kaligua, menyediakan agrowisata dengan tur alam yang menggiurkan. Untuk dapat memakai layanan tur wisata, Anda perlu melakukan perjanjian terlebih dahulu.  

Kebun teh yang berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes Jawa Tengah ini menawarkan paling tidak 15 fasilitas pada agrowisata seperti outbond, area perkemahan, resort dan masih banyak lagi. Untuk tiket masuk menuju kebun teh, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 15.000,-  namun belum termasuk berbagai wahana.

4. Wisata Kebun Teh Kemuning, Karanganyar

Wisata Kebun Teh Kemuning. Sumber: dakatour.com. Kebun Teh di Indonesia
Wisata Kebun Teh Kemuning. Sumber: dakatour.com

Bagi Anda yang berada di daerah Solo, Klaten dan sekitarnya, Anda wajib mengunjungi kebun teh satu ini. Kebun the Kemuning yang terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar ini terkenal memiliki pesona alam yang memesona dengan sajian teh luar biasa. Disini Anda dapat mencicipi berbagai jenis the yang ada di Indonesia, termasuk menu teh andalan yaitu teh time dan teh teasting.

Selain pesona alamnya yang menyejukkan mata serta menenangkan pikiran, Anda bisa juga mencoba petualangan air yaitu tubing di sungat dekat kebun teh. Dan jangan khawatir, karena kebun teh Kemuning tidak memungut biaya masuk alias gratis.

Akhir kata, itulah beberapa wisata kebun teh di Indonesia yang indah dan menawan, cocok untuk liburan weekend yang tidak terlalu memakan biaya namun tetap menyenangkan. Anda dapat juga membaca artikel liburan kami lainnya mengenai museum virtual dan wisata NTB. Semoga liburan Anda menyenangkan dan sampai jumpa.

Leave a Comment