Pantai Lakey Sumbawa, Tempat Yang Indah Untuk Berselancar

Pantai Lakey adalah salah satu pantai yang indah untuk spot berselancar, lokasi pantai Lakey berada di kecamatan Hu’u, kabupaten Dompu, pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Salah satu perbedaan pantai Lakey sekaligus menjadi keunikan dari pantai Lakey dibandingkan pantai lain yang biasa digunakan untuk berselancar yaitu arah ombak yang kidal. Istilah ombak kidal di pantai ini karena arah ombaknya memiliki sapuan ke kiri bukan ke kanan sebagaimana ombak di pantai lain pada umumnya.

Pantai Lakey memiliki 4 jenis ombak yang biasa disebut oleh para peselancar yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Dari 4 jenis ombak tersebut, jenis ombak Lakey Peak merupakan ombak yang paling menantang untuk berselancar karena sapuan arah ombak dari kiri berbentuk terowongan panjang maupun dari kanan membentuk gulungan ombak yang menakjubkan.

Gerbang masuk pantai Lakey Sumbawa, sumber ig @easylife_experiences
Gerbang masuk pantai Lakey Sumbawa, sumber ig @easylife_experiences

Selain itu, angin laut yang cukup kencang di kawasan pantai Lakey sehingga mendukung kegiatan berselancar lebih menantang. Bagi peselancar pemula sebelum mengunjungi pantai Lakey alangkah baiknya melakukan latihan berselancar terlebih dahulu ke 5 Spot Surfing Terbaik di Indonesia untuk Pemula agar saat berselancar di pantai Lakey tidak khawatir dengan ombak dan anginya yang terbilang cukup besar.

Keindahan Pantai Lakey

Mungkin di pantai lain para peselancar hanya dapat melihat salah satu dari sunset atau sunrise, sedangkan untuk melihat sunset dan sunrise sekaligus mungkin sangat jarang, tetapi berbeda dengan pantai Lakey karena di pantai ini, para peselancar dapat melihat sunset sekaligus sunrise. Selain itu, di pesisir pantai peselancar dapat melihat pasir putih dengan pemandangan lepas pantai Lakey yang didominasi birunya air laut yang indah. Peselancar juga dapat mandi ari laut atau bermain pasir di sepanjang pantai Lakey. Tetapi perlu diingat saat bermain, mandi, atau berselancar di pantai Lakey harus berhati-hati karena ombak di pantai ini cukup tinggi dan besar. Pantai Lakey tak kalah lho dengan berbagai tempat selancar di Lombok yang sudah dulu dikenal secara nasional maupun internasional.

Pasir di pantai Lakey Dompu, sumber ig @andrianilestari28
Pasir di pantai Lakey Dompu, sumber ig @andrianilestari28

Penginapan di Pantai Lakey

Walaupun pantai Lakey tidak seramai dengan pantai-pantai yang ada di pulau Lombok tetapi di pantai ini sudah tersedia hotel. Sehingga bagi peselancar yang ingin berlibur di pantai ini dalam jangka waktu lebih dari 1 hari bisa bermalam di hotel berbintang atau sekelas homestay yang telah tersedia. Harganyapun bervariasi mulai Rp. 200.000/malam. Selain hotel di pantai Lakey juga sudah tersedia restauran dan warung makan khas Sumbawa sehingga bagi peselancar dapat membeli makan di restauran atau warung makan sesuai dengan badget yang dimiliki.

Aman Gati Hotel Lakey, sumber ig @amangatihotellakey
Aman Gati Hotel Lakey, sumber ig @amangatihotellakey

Akomodasi Menuju Pantai Lakey

Pantai Lakey dapat di tempuh melalui jalur darat dan jalur udara. Jika melalui jalur udara maka tujuan akhir di Bandara Udara Muhammad Salahuddin Bima, dari Bandara Udara dapat menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp. 600.000 langsung menuju ke pantai Lakey atau naik bus kecil dengan biaya sekitar Rp. 60.000 menuju Terminal Ginte di Dompu. Dari Terminal Ginte dapat menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp. 200.000 menuju ke pantai Lakey.

Baca juga: Keindahan pantai Tanjung Aan

Sedangkan jalur darat bisa ditempuh tergantung dari posisi star. Jika posisi start dari Lombok maka gunakan bus besar antar kota yang menuju ke Bima tetapi berhenti di Terminal Ginte Dompu dengan biaya sekitar Rp. 150.000 – Rp. 200.000, dari Terminal Ginte dapat menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp. 200.000 menuju ke pantai Lakey. Sedangkan posisi star dari Bima dapat menggunakan bus kecil dengan biaya sekitar Rp. 60.000 menuju Terminal Ginte di Dompu. Dari Terminal Ginte dapat menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp. 200.000 menuju ke pantai Lakey.

Wisatawan berselancar di pantai Lakey Dompu, sumber ig @m.cahyadi_bgr
Wisatawan berselancar di pantai Lakey Dompu, sumber ig @m.cahyadi_bgr

Ada juga akomodasi alternatif yang kami ajukan untuk peselancar atau wisatawan umum yang ingin menuju ke pantai Lakey agar tidak terlalu repot untuk mencari akomodasi menuju ke pantai tersebut, dengan mengunjungi informasi rental mobil yang ada di Internet dan kemudian memakai jasa rental mobil untuk ke pantai Lakey ini.

Demikian informasi mengenai pantai Lakey Sumbawa, semoga peselancar maupun wisatawan umum berminat untuk mengunjungi pantai Lakey atau merekomendasikan pantai Lakey kepada kerabat atau keluarga. Jika peselancar atau wisatawan umum berkunjung ke pantai Lakey dengan rombongan atau keluarga dapat memanfaatkan peluang untuk sewa bus agar biaya transportasi bisa lebih murah.

Terimakasih sudah menyimak berbagai macam informasi wisata Indonesia bersama GoTripina. Jika Anda suka, silahkan share informasi pantai Lakey ini melalui sosial media yang ada.

Leave a Comment