Home » Danau / Waduk » Pesona Pemandian Kalireco Malang yang Harus Dikunjungi

Pesona Pemandian Kalireco Malang yang Harus Dikunjungi

Berbicara tentang pesona alam di Malang tentu tidak ada habisnya. Banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika sedang berkunjung ke Malang. Pemandian Kalireco Malang menjadi salah satu tempat di Malang yang bisa Anda kunjungi. Dengan nuansa alam yang asri dan sejuk, Anda akan dimanjakan dengan kesegaran dan jernihnya air di pemandian ini. Bagi Anda yang penasaran, berikut Kami berikan ulasan mengenai pemandian ini.

Pesona Pemandian Kalireco 

Pemandian Kalireco merupakan tempat pemandian irigasi yang terletak di atas bukit atau kaki Gunung Arjuna yang memiliki udara sejuk dan juga suasana alam yang asri. Pemandian ini memiliki kedalaman hanya sekitar 1 meter. Dengan biru jernihnya air dan juga rindangnya pepohonan di sekitar pemandian menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk mengunjungi tempat ini. Pemandian ini memiliki keunikan dengan adanya sumber mata air yang bersumber dari alam langsung yang membentuk seperti air terjun kecil dengan tinggi 2,5 meter. 

Pemandian Kalireco bukan merupakan tempat wisata khusus, namun hanya merupakan sebuah pemandian dan irigasi. Pemandian ini juga masih aktif dimanfaatkan oleh warga setempat untuk beraktivitas sehari-hari, jadi jangan heran apabila Anda menemukan warga sedang beraktivitas, seperti mencuci, mandi, dan lain sebagainya. Secara khusus tidak ada larangan bagi perempuan untuk memasuki pemandian ini, namun biasanya kebanyakan yang berkunjung dan mandi ditempat ini adalah laki-laki, jadi akan sedikit canggung jika ada perempuan memasuki tempat ini.

Fasilitas Pemandian Kalireco 

Dikarenakan tempat ini belum resmi menjadi tempat wisata, maka fasilitas yang tersedia belum terlalu memadai. Pemerintah belum memberikan perhatian khusus terhadap tempat ini karena masih dianggap sebagai sumber mata air untuk pertanian saja. Namun, fasilitas dasar di tempat ini sudah ada, seperti kamar mandi, toilet, dan area parkir yang kecil. Bagi Anda yang ingin berkunjung jangan lupa membawa bekal makanan sendiri karena belum ada yang berjualan di sekitar area ini.

Lokasi dan Harga Tiket Pemandian Kalireco

Lokasi Pemandian Kalireco Malang ini terletak di Sumber Waras 2, No. 97, Kalirejo, Lawang, Malang, Jawa Timur. Jarak dari pusat Kota Malang sekitar 17 km menuju tempat ini. Pemandian ini buka mulai pukul 06.00 wib sampai dengan pukul 18.00 wib. Untuk harga tiket masuk ke pemandian ini tidak dipungut biaya, namun sebaiknya Anda tetap menyumbang seikhlasnya guna perbaikan fasilitas dan perawatan tempat ini.

Jarak dari Masjid Agung Jami’ Kota Malang tidak terlalu jauh, sekitar 23 km atau waktu tempuh 40 menit menggunakan kendaraan roda empat. Sehingga Wisatawan bisa mapir ke Masjid Agung Jami’ Kota Malang setelah mandi atau berkunjung ke Pemandian Kalicero Malang.

Rute Pemandian Kalireco 

Jika Anda berkunjung ke pemandian ini dari pusat Kota Malang, maka akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan. Anda dapat memulai perjalanan menuju Kecamatan Lawang, kemudian sebelum Pasar Lawang Anda akan menjumpai Pabrik Otsuka yang berada di kanan jalan, kemudian Anda mengikuti arah tersebut sampai melewati lapangan sekolah SMA Negeri Lawang.

Baca Juga Eco Green Park Malang

Ikuti jalan sampai Anda menemukan pertigaan di depan makam desa Kalirejo, kemudian belok ke kiri. Setelah itu Anda dapat mengikuti jalan paving sampai melewati masjid hingga jalan paving tersebut habis. Lokasi yang tersembunyi memang cukup membutuhkan perjuangan lebih. Bagi Anda yang datang dengan kendaraan mobil, Anda tidak dapat masuk hingga kedalam lokasi karena akses jalan yang hanya selebar 1,5 meter. kawasan tersebut hanya dapat dimasuki oleh kendaraan bermotor saja.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat ini ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui, diantaranya jika Anda membawa kendaraan sendiri harap parkir di rumah warga terdekat yang dapat dipercaya. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan kendaraan pribadi Anda. Kemudian bawalah bekal makanan sendiri karena belum adanya pedagang di sekitar area lokasi pemandian ini. Hindari berkunjung pada saat musim hujan dikarenakan akses menuju lokasi pemandian akan menjadi sangat licin. 

Objek Wisata di Sekitar Pemandian Kalireco

Ada beberapa objek wisata di sekitar Pemandian Kalireco Malang yang dapat Anda kunjungi juga, diantaranya adalah Mata Air Krabyakan. Wisata Mata Air Krabyakan berada dalam jarak 7,5 km dari Pemandian Kalireco. Tempat ini berlokasi di kaki pegunungan dengan suasana yang sejuk dan asri. Ada 2 kolam yang terdapat di sumber mata air ini, yaitu kolam alami bagi orang dewasa dan kolam bermain bagi anak-anak.

Wisata lain yang dapat Anda kunjungi adalah Kebun Teh Wonosari yang berlokasi 9,5 km dari Pemandian Kalireco. Objek wisata ini berada di perbatasan Kota Malang dan Surabaya. Disini Anda dapat  menikmati kegiatan tea walk di area Agrowisata Wonosari. Tempat ini juga memiliki sejumlah fasilitas seperti tempat sepak bola, tenis, voli, jogging, kolam renang air hangat dan lain sebagainya.

Menikmati keasrian Pemandian Kalireco Malang tentu akan memberikan kesan yang menarik. Dengan kesejukan dan kealamian pemandian akan memberikan relaksasi dan ketenangan ketika mengunjunginya. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian. Terima kasih.

Leave a Comment