Tak Kalah dari Bunaken! Wisata Pulau Kanawa Bisa Jadi Pilihan

Wisata Pulau Kanawa merupakan salah satu pulau kecil yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dikelilingi oleh berbaga terumbu karang cantik berhiaskan pasir pantai yang sangat bersih. Tidak ketinggalan juga air lautnya yang berwarna biru bening. Pulau Kanawa ini berbeda dari Pulau Kenawa yang letaknya juga tidak jauh dari Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa.

Pulau Kanawa sumber ig @nana_apikapik
Pulau Kanawa sumber ig @nana_apikapik

Objek wisata Pulau Kanawa Labuan Bajo ini tidak kalah keindahannya dengan Bunaken yang di Manado dan juga Hawaii Island. Hal tersebut patut kita banggakan karena ia dimiliki oleh salah satu kepulauan di Indonesia.

Pesona Pulau Kanawa Labuan Bajo

Pesona panorama alam yang dimiliki Pulau Kanawa Labuan Bajo sungguh luar biasa. Biasanya, objek wisata pulau ini masih satu paket dengan Labuan Bajo. Apabila dilihat dari atas, air laut terlihat seperti gradasi yang berpadu dengan cerahnya langit biru.

Dari kejauhan bahkan terumbu karang di sekitar objek wisata Pulau Kanawa sudah dapat terlihat. Menurut kabar, objek wisata ini dikelola oleh seseorang berkebangsaan Italia. Luas pulau ini sendiri sebesar 32 hektar. Di bibir pantai, Anda akan menemukan bungalow yang indah mempesona dan juga pelabuhan kecil sebagai tempat berlabuh para wisatawan yang hendak berkunjung.

Pulau Kanawa sumber ig @infiatravel
Pulau Kanawa sumber ig @infiatravel

Wisatawan yang datang tidak hanya berasal dari Indonesia, bahkan banyak sekali wisatawan yang berasal dari luar negeri menikmati keindahan alam Pulau Kanawa. Pasir putih bersih, angin semilir, biru cerahnya langit, desiran ombak, terumbu karang dan juga beningnya air laut mampu menghipnotis siapa pun yang berkunjung. Hanya saja, kebutuhan listrik dan air di sini masih sangat minim.

Lokasi dan Rute Pulau Kanawa Labuan Bajo

Objek wisata Pulau Kanawa masih berlokasi di kawasan wisata Labuan Bajo, atau tepat berada di daerah Pasir Putih, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sebelum dikelola oleh seseorang yang berasal dari Italia, pulau ini dikelola oleh warga lokal sekitar Labuan Bajo. Anda sungguh tidak akan menyesal apabila berkunjung ke Pulau Kanawa karena pemandangannya yang benar-benar menakjubkan. Ditambah lagi pemandangan matahari terbenam yang dapat Anda saksikan saat senja.

Siap untuk mengunjungi Pulau Kanawa? Anda dapat menggunakan armada pesawat terbang menuju ke Labuhan Bajo. Jangan lupa untuk membawa banyak perbekalan karena minimnya listrik dan juga air di sekitar pulau. Sesampainya di Labuhan Bajo, Anda dapat menuju ke dermaga. Di dermaga juga Anda dapat memilih untuk menyewa kapal atau menaiki kapal secara gratis. Namun, kapal gratis biasanya dikhususkan bagi pengunjung Kanawa Beach Bungalow.

Pulau Kanawa sumber ig @komodoekowisataa
Pulau Kanawa sumber ig @komodoekowisataa

Untuk sewa kapal sendiri dari dermaga menuju ke Pulau Kanawa, Anda dapat membayarnya sebesar Rp 400.000 s/d Rp 600.000,-. Biaya yang cukup mahal tersebut akan digantikan dengan berbagai panorama alam yang indah tiada duanya. Eksotisnya alam sekitar tidak akan membuat Anda berdecak karena kecewa. Bahkan, keindahan alam Pulau Kanawa tidak hanya terlihat dari atas permukaan laut namun juga di bawah laut.

Perjalanan menggunakan kapal dari dermaga menuju ke Pulau Kanawa akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Namun, Anda tidak akan merasa bosan karena pemandangan alam yang disuguhkan tidak akan membuat Anda berpaling. Dari jauh, objek wisata Pulau Kanawa juga akan terlihat dengan latar belakang rerumputan berwarna kuning. Sungguh elok sekali. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen tersebut ketika Anda berkunjung ke sana.

Baca juga: Wisata Air Terjun Cunca Wulang

Terumbu karang di laut juga tumbuh dengan baik dan subur. Saking jernihnya air yang ada, Anda akan melihat beragam biota laut dari atas permukaan air. Ada hiu kecil, kepiting, bintang laut dan lain sebagainya. Berkunjung ke wisata Pulau Kanawa akan membuat Anda betah untuk berlama-lama dan enggan untuk kembali ke rutinitas sehari-hari.

Harga Tiket dan Fasilitas Pulau Kanawa

Untuk harga tiket masuk ke Pulau Kanawa Labuan Bajo, Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 50.000,- untuk bisa mengunjungi pulau ini. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya menyewa kapal untuk menyebrang, menyewa alat snorkeling, atau pun menyewa penginapan yang ada di sekitar bibir pantai. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 400.000,- s/d Rp 600.000,-.

Untuk melakukan kegiatan snorkeling, Anda dapat menyewa peralatan yang disediakan. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk sewa peralatan yang ada sebesar Rp50.000,- per hari. Pulau Kanawa Labuan Bajo juga memiliki dive center bagi pengunjung yang memiliki izin menyelam. Di pulau ini terdapat bukit yang dapat Anda kunjungi. Jalur pendakiannya cukup terjal sehingga Anda dianjurkan untuk menyiapkan energi sebelum memulainya.

Pulau Kanawa sumber ig @litaaja
Pulau Kanawa sumber ig @litaaja

Anda dan kerabat ingin menginap di sekitar objek wisata Pulau Kanawa? Jangan bingung, di sini terdapat beberapa jenis penginapan seperti tenda dome, bale-bale dengan bentuk gazebo, dan juga bungalow. Jenis penginapan yang ada dapat Anda sesuaikan dengan budget yang disiapkan. Untuk tenda, akan akan merasakannya seperti camping di sebuah pulau dengan fasilitas matras tebal, bantal, dan juga selimut.

Untuk penginapan berjenis bale-bale, sudah ada kasur, bantal, selimut, kelambu, lampu dan juga stop kontak untuk sambungan listrik. Sedangkan bungalow, fasilitas kebutuhan dasar Anda hampir sudah terlengkapi. Hanya saja, untuk penginapan jenis tenda dan juga bale-bale, kamar mandi disediakan secara terpisah. Sedangkan untuk bungalow, kamar mandi sudah menjadi satu di dalam bangunan.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menginap dan menikmati pemandangan di sekitar Pulau Kanawa Labuan Bajo ? Fasilitas penginapan sudah tersedia, armada untuk menyebrang juga sudah tersedia. Namun, Anda perlu tahu bahwa listrik di sekitarnya hanya dinyalakan mulai dari jam 6 sore sampai dengan jam 11 malam. Selebihnya, listrik akan dipadamkan. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena liburan di wisata Pulau Kanawa Labuan Bajo akan memberikan pengalaman berharga dalam hidup Anda.

Pulau Kanawa sumber ig @rd_trevel_labuan_bajo
Pulau Kanawa sumber ig @rd_trevel_labuan_bajo

Demikian ulasan menarik mengenai keindahan panorama objek wisata Pulau Kanawa Labuan Bajo, Flores NTT yang tak kalah dari Bunaken. Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata Indonesia. Terima Kasih (GoTripIna)

Leave a Comment