Wisata Bukit Selong di Pulau Seribu Masjid yang Begitu Mempesona

Bukit Selong merupakan salah satu tempat wisata terbaik dan terfavorit di Pulau Lombok atau yang sering disebut dengan Pulau Seribu Masjid. Tidak hanya deretan pantai, deretan perbukitan di Pulau ini pun juga sangat mempesona. Keindahan alam yang disuguhkan di perbukitan Pulau Lombok sangatlah memukau. Bukit Selong ini juga menyediaan pemandangan alam yang dijamin akan membuat wisatawan takjub akan keindahan alamnya. Berbagai wisatawan telah datang mengunjungi Bukit Selong ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Melalui puncak bukit ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang diselimuti oleh perbukitan dan pegunungan. Bak surga teresmbunyi, sinar mentari yang muncul dari puncak gunung menyinari area persawahan yang nampak berpetak-petak. Sungguh indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bukit Selong sumber ig @17_yani
Bukit Selong sumber ig @17_yani

Pemandangannya yang sangat indah dan mempesona menjadikan kawasan Bukit Selong menjadi favorit para traveller. Di atas bukit ini, wisatawan bisa menikmati sinar mentari hangat yang muncul dari pegunungan. Selain itu, sinar hangat mentari tersebut menyinari hamparan sawah yang berpetak-petak, sehingga mampu memberikan kesan yang sangat indah dan menawan. Kawasan Bukit Selong juga kerap dijadikan area untuk melakukan camping. Banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara yang menetap selama beberapa hari untuk bisa menikmati keindahan alam dari atas Bukit Selong ini.

Pengembangan Bukit Selong sebagai Destinasi Wisata Terbaik

Sebelum berkembang menjadi seperti saat ini, Bukit Selong belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Umumnya, wisatawan yang datang ke Lombok hanya mengenal keindahan Gunung Rinjani, Pusuk, serta berbagai kawasan yang telah terkenal di kalangan wisatawan. Kemudian seiring dengan pengelolaan dan kemajuan sektor wisata Lombok, perbukitan di Sembalun ini dikelola oleh masyarakat sekitar, termasuk Bukit Selong. Pada tahun 2009, Bukit Selong dikelola oleh Kelompok Karang Taruna Desa Sembalun Lawang. Akan tetapi, tahap pengembangannya baru bisa dilakukan pada tahun 2016.

Sebenarnya, Bukit Selong ini berada pada kaki Bukit Anak Dara dengan ketinggiannya yang mencapai 2000 mdpl. Akhirnya saat ini, Bukit Selong pun menjadi salah satu bukit yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Sembalun Lawang.

Desa Beleq sumber ig @pratamaarga15
Desa Beleq sumber ig @pratamaarga15

Selain pemandangan alamnya yang begitu indah, deretan rumah adat Desa Beleq (Desa Sembalun Lawang) yang berbaris rapi dengan atap daun menjadi perhatian yang sangat menarik di Bukit Selong ini. Rumah adat ini merupakan hasil kreatifitas masyarakat Desa Sembalun yang begitu unik. Model pemukiman masyarakat di Desa Sembalun yang dipandang dari atas Bukit Selong juga menjadi daya tarik yang luar biasa. Terlebih lagi ketika menghadap ke Gunung Rinjani, pemandangan yang ada seolah-olah wisatawan dapat merangkul gunung yang menjulang tinggi tersebut.

Lokasi dan Rute Bukit Selong Lombok 

Bukit Selong ini terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalung, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Untuk menuju bukit yang satu ini, dari kota Mataram Anda harus menempuh perjalanan selama sekitar 2 – 3 jam. Adapun untuk jarak tempuh dari Bandara menuju bukit Selong memerlukan waktu sekitar 2 jam. Anda bisa mengecek alamat di peta Google Mapsnya, klik di sini.

Di tempat wisata yang satu ini, wisatawan akan disuguhkan dengan 2 destinasi wisata yang akan memanjakan mata. Sebab, selain keindahan alam perbukitan, juga ada rumah adat khas masyarakat sekitar, sehingga wisatawan bisa langsung ke rumah adat tersebut. Selain itu, ketika perjalanan menuju bukit Selong, wisatawan juga akan disajikan dengan pemandangan berupa hutan belantara dan hutan bambu yang masih sangat lebat dan hijau.

Bukit Selong sumber ig @rendy_rinjani
Bukit Selong sumber ig @rendy_rinjani

Untuk rute menuju area Bukit Selong ini, Anda bisa memilih salah satu dari dua rute yang tersedia, yaitu:

  1. Melalui Jalur Utara, dari kota Mataram Anda bisa berkendara menuju Senggigi kemudian Tanjug, lalu Bayan, dan Sembayun Lawang.
  2. Melalui Jalur Timur, dari Jalan Raya Mataram, Anda bisa menuju Sikur, Jalan Segara Anakand, Jalan Wisata Gunung Rinjani, kemudian sampai di Sembayun Lawang.

Jika tidak yakin dan membutuhkan pemandu, banyak perusahaan rental mobil Lombok yang bisa mengantarkan Anda beserta rombongan sampai ke tujuan sekaligus menjadi pemandu wisata bagi Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Selong Lombok 

Untuk harga tiket masuk ke Bukit Selong sudah satu paket dengan tiket masuk rumah adat di kawasan bukit Selong. Harga tiket masuknya adalah Rp 3.000 untuk tiap wisatawan dometik dan Rp15.000 untuk tiap wisatawan mancanegara perorangnya. Selain itu, wisatawan juga akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan biaya yang sangat terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam dan keunikan rumah adat di kawasan wisata Bukit Selong Pulau Lombok.

Fasilitas di Wisata Bukit Selong Lombok 

Berbagai fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Bukit Selong di antaranya sudah terdapat toilet umum, warung makan, warung kopi, area camping, area parkir yang luas dan spot foto yang tentunya instagrammable. Deretan tempat duduk di atas Bukit Selong juga menjadi salah satu fasilitas yang disediakan bagi para wisatawan agar bisa lebih nyaman dalam menikmati pemandangan alam.

Bukit Selong sumber ig @arief_samira
Bukit Selong sumber ig @arief_samira

Bukit Selong merupakan salah satu dari indahnya deretan bukit yang ada di Pulau Lombok. Alamnya yang sangat unik dan mempesona menjadi daya tarik yang sangat luar biasa kepada wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Selong. Bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata untuk bersantai dan menyatu dengan alam, serta menghabiskan waktu dengan mendirikan tenda untuk camping, Bukit Selong menjadi tempat yang sangat pas untuk Anda. Bersama dengan keluarga tercinta, atau bersama dengan rombongan teman Anda, liburan di Bukit Selong akan terasa lebih syahdu dan menyenangkan.

Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata di Indonesia. Terima kasih (GoTripIna)

Leave a Comment