Home » Kuliner » 6 Daftar Obyek Wisata Kuliner Kotagede Yogyakarta

6 Daftar Obyek Wisata Kuliner Kotagede Yogyakarta

Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta memang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kaya akan nilai – nilai historis, pendidikan, seni dan budayanya. Sehingga para pengunjung yang telah berkunjung pasti akan dibuat rindu dan ingin kembali lagi ke sana. Ditambah lagi dengan wisata kuliner Kotagede yang nikmat, tentu semakin memanjakan lidah dan perut anda. Untuk menambah semangat berkunjung ke kota bersejarah tersebut, di bawah ini akan dijelaskan lebih mendalam lagi terkait lokasi, rute, harga tiket dan hal menarik lainnya.

Lokasi dan Rute ke Kotagede

Perjalanan menuju ke Kotagede dapat dilakukan dengan beberapa cara. Apabila tiba dari Bandara Adisucipto, dapat keluar dari pintu utama menggunakan jalan bawah tanah. Lalu naiklah bus trans Jogja seharga 3 ribu rupiah. Mintalah diturunkan di halte HS-Silver atau shelter Tegalgendu Kotagede. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menaiki becak. Alternatif lain yang lebih mudah adalah memakai jasa sewa mobil Innova di Jogja jika Anda rombongan berjumlah 5 sd 7 orang.

Pasar Kotagede, salah satu pusat jajanan kuliner tradisional, sumber ig @natsir_dabey
Pasar Kotagede, salah satu pusat jajanan kuliner tradisional, sumber ig @natsir_dabey

Jika tibanya di Stasiun Tugu, terminal Giwangan atau terminal Jombor juga sama menggunakan bus trans Jogja dan turun di halte HS – Silver atau shelter Tegalgendu. Lalu jalan kaki atau naik becak hingga tiba di tempat tujuan. Cara lain bisa juga dengan menaiki minibus berwarna kuning, jurusan Jogja-Prambanan. Nanti turun di Janti lalu naik bus jalur 7 dan kembali turun di bekas terminal Umbulharjo. Lanjut naik bus jalur 5 kemudian turun di Pasar Legi. Selain itu juga ada alternatif lain dengan naik becak dari Umbulharjo, biasanya dengan harga 10 ribu rupiah.

Tour Wisata Jagalan Kotagede

Mengunjungi tempat wisata di Jogjakarta tidak akan lengkap apabila tidak berkunjung ke tempat wisata kulinernya. Khusus di daerah istimewa itu, anda dapat menikmati wisata sejarah sekaligus kuliner di Kotagede. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengikuti tour wisata Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka. Biasanya diselenggarakan pada pukul 10 hingga 12 WIB dengan tarif sebesar Rp 55.000. Biaya tersebut Sudah mencakup pemandu wisata, peta yang bergambar, minuman serta tote bag.

Kuliner Menarik di Kotagede

Hal yang menjadi menarik dari destinasi di sana adalah kuliner Kotagede Jogja yang lezat dan legendaris. Di antaranya adalah tempat makan Gulai Mbah So, yang berada di Jalan R. Ronggo nomor 33. Populer dengan menu satenya yang dibuat setiap hari dan buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Pilihan menunya seperti, nasi goreng, gulai kambing, sate, tengkleng dan lain sebagainya. Untuk harganya mulai dari 25 ribu rupiah saja.

Warung bakmi jowo Mbah Gito di Kotagede, sumber ig @albadroe
Warung bakmi jowo Mbah Gito di Kotagede, sumber ig @albadroe

Selanjutnya ada kuliner Bakmi Mbah Gito, yang menyajikan pilihan menu beragam. Mulai dari bakmi, capcay, nasi goring, ayam rica – rica dan lainnya. Kelebihan dari menu utamanya yakni bakmi di sini adalah berbahan telur bebek. Sehingga menghasilkan cita rasa gurih. Untuk lokasinya ada di Jalan Nyi Ageng Nis nomor 9, Rejowinangun, Kotagede. Harganya juga sebanding dengan kualitas rasanya, berkisar 25 ribu hingga 35 ribu rupiah.

Baca juga: Penginapan Murah Sekitar Parangtritis

Bagi anda yang menyukai daging sapi maka wajib dicoba Sate Sapi Pak Cipto yang sudah ada sejak tahun 1945. Tempatnya berada di jalan Kemasan nomor 9, Kotagede. Buka pada pukul 12.30 hingga 23.00 WIB. Untuk harganya sekitar 33 ribu rupiah, yang menunya berisi sate sapi dipadu dengan lontong sayur.

Kuliner Kotagede lainnya adalah Sate Karang Pak Prapto yang legendaris. Sate karang ini merupakan sate sapi yang dilengkapi dengan lontong sayur. Tempatnya berada di Lapangan Karang dan buka setiap hari. Tepatnya pada pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. Mengenai harga satenya untuk satu porsinya sekitar 23 ribu rupiah dan untuk lontong sayurnya 10 ribu rupiah.

Sate sapi karang pak Prapto Kotagede, sumber ig @yukemorrelken
Sate sapi karang pak Prapto Kotagede, sumber ig @yukemorrelken

Selain itu juga terdapat Warung Es Sido Semi, yang berada di belakang SMA Muhammadiyah 4, Kotagede. Dibuka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Mengenai menunya terdapat es kacang ijo, es buah, es limun, dan aneka makanan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau, di bawah 10 ribuan.

Selain itu juga ada tempat kuliner lain yang ramai dikunjungi, yaitu warung Soto Lumayan Kang Sarman. Warung ini terletak di Jalan Kemasan, Kotagede, Jogjakarta. Salah satu ciri khas dari soto tersebut terdapat pada kuah beningnya. Isiannya ada potongan ayam, bihun, lentok, tomat, tauge, dan irisan seledri. Pengunjung dapat menikmatinya saat cuaca dingin, saat musim hujan seperti sekarang ini. Untuk harga per porsinya sebesar 13 ribu rupiah. Cukup terjangkau untuk ukuran satu porsinya.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai wisata kuliner kotagede Yogyakarta yang dapat dikunjungi saat waktu luang anda. Jangan lupa juga untuk mengajak keluarga, teman maupun sanak saudara menuju ke sana. Sehingga dapat menikmati kebahagiaan secara bersama – sama. Jangan lupa siapkan budget dan perlengkapan lain penunjang wisata nanti. Semoga tips kuliner kami bisa bermanfaat. Selamat merencanakan dan menikmati liburan di waktu luang. Terima kasih.

Leave a Comment