Home » Kuliner » Makanan Unik Khas Jogja Yang Perlu Dicicipi

Makanan Unik Khas Jogja Yang Perlu Dicicipi

Jogja menjadi tujuan wisata baik wisatawan mancanegara atau wisatawan lokal. Wisatawan mancanegara biasanya menggunakan jasa perjalanan wisata seperti Yogyakarta tours ketika mengunjungi Jogja. Sedangkan wisatawan lokal sebagian besar lebih suka berwisata secara mandiri. Dengan demikian ia akan bebas kemana saja termasuk bebas jajan di warung makanan unik khas Jogja yang ada di seantero Jogja.

Berbicara mengenai makanan unik kahs Jogja memang tiada habisnya. Citarasa penduduk Jogja pada umumnya menyukai masakan pedas dan manis, atau perpaduan antara pedas, manis dan gurih. Namun keberadaan banyak pendatang di Jogja, berbagai rumaha makan menyajikan beragam masakan seperti masakan khas Sumbawa, Lombok, atau masakan khas daerah lainnya.

Namun di Jogja sendiri ada masakan unik yang perlu dicicipi. Makanan apa saja itu? Ini dia ulasannya !

1. Mie Lethek

Makanan Unik Khas Jogja
Tampilan mie lethek. Sumber tribunnews

Mi Lethek, adalah salah satu kuliner mie yang berasal dari Srandakan, Bantul, Yogyakarta dengan menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan singkong. Sebutan lethek ini muncul karena mi lethek memiliki warna yang keruh kecoklatan dan kurang menarik, tidak seperti mi pada umumnya.Mi letheg tidak menggunakan pewarna zat kimia serta zat pengawet.

Meski tanpa zat pengawet, mi lethek kering bisa awet disimpan hingga lebih tiga bulan. Selain itu cara memproduksi mie ini masih sangat sedehana. Alat penggilingan dari mie ini masih menggunakan tenaga sapi. Karena masih tradisional dan juga tanpa memakai bahan kimia banyak orang menyukai sajian kuliner satu ini. Namun sebagian orang jika melihat proses pembuatannya dan melihat wujud dari kuliner ini malah menjadi tidak berselera untuk makan.

2. Gudeg Manggar

Kulier ini bisa anda temui di beberapa tempat di bantul. Biasanya gudeg merupakan masakan yang bahannya nangka muda. Menu kuliner satu ini justru berbeda dan unik karena menyajikan masakan gudeg dari manggar. Manggar adalah bunga kelapa muda yang biasanya memiliki warna kuning jika sudah menua.

Manggar kurang familiar ketika di jadikan bahan makanan tetapi sebenarnya gudeg manggar adalah masakan khas keluarga Raja padamasa lalu. Dipercaya manggar nanpu memberikan aura kecantikan yang memancar bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Karena itulah pada jaman dahulu masakan tradisional ini disukai para putri raja.

3. Belalang Goreng

Salah satu camilan ini terdengar aneh. Mungkin anda hanya akan mengetahui camilan dari serangga goreng hanya ada di Thailand. Tapi tahukah anda bahwa di Gunungkidul Jogja ada camilan dalam wujud belalang goreng. Rasa dari belalang ini sangat gurih seperti udang crispy bagi yang pernah merasakannya. Harganya juga tidak terlalu mahal.

Belalang selain halal dalam agama Islam, juga mengandung banyak protein. Selain itu dengan penyajian yang bersih yakni bulu dan kotoran yang sudah di hilangkan menjadikan makanan ini menjadi enak. Anda bisa membeli dengan keadaan matang per toples atau bisa juga dengan membelinya secara mentah yang biasanya dijajakan di pinggir jalan.

4. Oseng Mercon

Jika suatu masakan menggunakan cabe maka fungsi cabe hanyalah sebagai bumbu pelengkap agar masakan menjadi pedas. Namun apa jadinya jika olahan masakan bahan utamanya adalah cabe? Maka tidak akan terbayang pedasnya. Dan hal ini benar benar ada di Jogja. Namanya adalah oseng oseng mercon. Karena pedasnya itulah dinamakan oseng oseng mercon.

Makanan Unik Khas Jogja
Belalang goreng. Sumber IG @margaretha.darliyanto

Kuliner ini bisa anda temukan di jalan KH Ahmad Dahlan atau di titik nol kilometer lurus ke barat. Antrian pembeli akan mengular sejak sore hari. Lapak masakan ini dibuka pada sore hari selepas asar. Dengan beragam bumbu rempah, suwiran daging ayam dan bahan lainnya, kuliner ini nikmati disajikan malam hari, apalagi jika cuaca sedang dingin.

Itulah ulasan mengenai makanan unik Jogja yang bisa anda cicipi ketika mengunjungi Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa membaca artikel lainnya tentang spot wisata Kuliner di Kota gede. Terima kasih.

Leave a Comment