Home » Informasi » 12+ Rekomendasi Penginapan Murah Di Jogja

12+ Rekomendasi Penginapan Murah Di Jogja

Jika Anda hendak pergi kesuatu daerah dan berencana menetap berhari-hari disana, tentu Anda akan memikirkan tempat penginapan yang akan Anda singgahi. Bagi sebagian orang, dalam mencari tempat penginapan, nyaman-lah yang harus diprioritaskan. Bagi sebagian orang lagi, murah menjadi patokan apakah penginapan itu akan diambil atau tidak. Ya, tentu saja bagi Anda yang hendak mencari rekomendasi penginapan murah di Jogja, artikel ini akan sangat membantu.

Jogjakarta menjadi tanah yang tak pernah sepi dari wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Memang pesona dan kenangan yang diberikan kota ini berbeda dengan kebanyakan tempat lainnya. Dan banyaknya tempat yang bisa ditelusuri di kota ini, menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan bermain ke Jogja hingga berhari-hari.

Jika Anda pernah ke Malioboro, Candi Borobudur, Pantai Parangtritis, Heha Views, atau Candi Prambanan, Anda pasti tahu kalau satu tempat dengan tempat yang lain tersebut memiliki jarak yang berjauhan. Tentu sangat merepotkan bila diri ingin mengunjungi semuanya namun dibatasi waktu karena bingung mau tidur dimana.

Maka, rekomendasi tempat penginapan murah di Jogja ini bisa sangat membantu bagi Anda para wisatawan yang hendak menghabiskan waktu berhari-hari di Jogja untuk menyusuri setiap destinasi yang ada disana.

15 Penginapan Murah Di Jogja

Dalam memilih penginapan murah, pastikan lagi budget Anda sebenarnya cukup untuk dapat yang seperti apa. Biasanya, penginapan dengan harga murah berupa hostel, hotel bintang satu, atau homestay, kadang juga villa disewakan dengan harga murah, namun kebanyakan villa berada didaerah dataran tinggi dan jauh dari pusat kota.

1. The Cabin Hotel Gandekan Bintang 1

Penginapan Murah Yogyakarta. Sumber : Ig @thecabingandekan
Penginapan Murah Yogyakarta. Sumber : Ig @thecabingandekan

The Cabin Hotel Gandekan Yogyakarta memiliki lokasi yang strategis yaitu dengan Jalan Malioboro dan Stasiun Yogyakarta yang berjarak 850 meter. Hotel ini menawarkan akomodasi yang nyaman dengan resepsionis dan keamanan 24 jam. Fasilitas parkir dan WiFi gratis juga tersedia di seluruh area.

Anda akan disuguhi dekorasi seni jawa di resepsionis ketika pertama kali menginjakkan kaki. Desain yang sederhana namun berfasilitas lengkap disuguhkan pada tiap-tiap kamar. Setiap kamar dilengkapi TV layar datar serta AC atau kipas angin, air mineral gratis, handuk dan sandal. Kamar mandi bersama dilengkapi fasilitas shower dan peralatan mandi.

Jika Anda ingin menikmati kuliner di sekitar Anda, Anda tidak perlu bingung karena disekitar Jalan Gandekan tempat The Cabin Hotel Gandekan Yogyakarta ini dikelilingi banyak tempat makan dan kaki lima.

Lokasi : Jalan Gandekan Lor No. 2 Yogyakarta

Waktu Check-In : 14:00-23:00

Waktu check-out : 12:00

Harga Per malam: Mulai Rp. 120.000 (beli tiket online) atau Rp. 150.000 (beli tiket ditempat)

2. Rumah Vintage Kotagede

rumah vintage Kotagede. Sumber : Tiket.com
rumah vintage Kotagede. Sumber : Tiket.com

Kotagede adalah surganya penginapan murah dan berkelas. Rumah Vintage Kotagede merupakan salah satunya. Asal mual dibuatnya Rumah Vintage Kotagede ialah halaman rumah seorang warga disana yang kemudian disulap menjadi sebuah rumah kuno ala jawa nan unik yang kemudian disewakan.

Mengusung tema biru, Rumah Vintage Kotagede sepertinya berhasil menarik minat para wisatawan bahkan yang bule juga. Hahaha, mencoba tidur disebuah rumah vintage kecil nan lucu sepertinya menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong luar negeri.

Bagi Anda yang pingin banget nyoba nginep disini, sepertinya harus pesan tiket secepat mungkin ketika Rumah Vintage Kotagede kebetulan kosong karena memang hanya ada satu kamar dengan tiga singe bed.

Lokasi : Jl. Purbayan No. 3B Kotagede Yogyakarta RT 55/13 Kotagede Yogyakarta

Waktu check-in : 14:00

Waktu check-out : 12:00

Harga Per malam : Rp. 160.000 (seluruh rumah / tiga orang)

3. Pondok 71

penginapan murah di Jogja
Sumber : maps.google.com

Nah, yang satu ini punya nilai lebih dari segi letak penginapan dan harga per malamnya. Lokasi Pondok 71 dekat dengan Alun-alun Kidul, Keraton, Tamansari, Halte Trans Jogja. Mengingat harganya yang sangat terjangkau, pondok 71 terlihat seperti rumah kos pada umumnya. Tentu ini bukanlah masalah bagi kalangan backpacker muda

Lokasi : Jl. Pugeran 2 No.71, Suryodiningratan, Mantrijeron, Kota Jogja, DI Yogyakarta

Waktu Check-in : 13:00

Waktu Check-out : 12:00

Harga Per malam : Mulai Rp. 60.000 Perkamar (Bisa 2 orang)

4. Penginapan Pugeran

Penginapan Pugeran. Sumber : @penginapanpugeran
Penginapan Pugeran. Sumber : @penginapanpugeran

Tidak beda jauh dengan Pondok 71, penginapan satu ini juga ramah dikantong wisatawan. Lokasi yang juga berdekatan dengan banyak tempat strategis membuat Penginapan Pugeran menjadi salah satu tempat peristirahatan paling mantap bagi wisatawan. Beda dengan Pondok 71 yang mirip dengan rumah kost, Penginapan Pugeran merupakan sebuah Guest House

Lokasi : Jl. Pugeran 2 No.70, Mantrijeron, 55141, Mantrijeron, Yogyakarta, DIY

Waktu Check-in: 14:00 – 23:00

Waktu Check-out: 09:00 – 12:00

Harga Per malam : Mulai Rp. 70.000 – Rp. 100.000

5. Mango Tree Dipudjo Homestay Bintang 1

Mango Tree Dipudjo Homestay. Sumber : I @mangotreedipudjo
Mango Tree Dipudjo Homestay. Sumber : I @mangotreedipudjo

Pulihkan diri Anda setelah berkeliling di Jogja seharian dalam kenyamanan Mango Tree Dipudjo Homestay. Mango Tree Dipudjo Homestay adalah pilihan yang populer di kalangan wisatawan di Yogyakarta. Dengan berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap, properti ini menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk bermalam dengan nyaman. Staf yang ramah, fasilitas yang istimewa dan dekat dengan banyak lokasi strategis, merupakan tiga alasan utama yang ditawarkan Mango Tree Dipudjo Homestay kepada wisatawan untuk menginap di sana.

Lokasi : Jalan Sidoluhur MG 1 No 447 Pujokusuman

Waktu check-in:13:00

Waktu check-out:12:00

Harga Per malam : Mulai dai Rp. 93.000

6. Pesona Artha Hostel

View Kamar. Sumber : Ig @pesonaarthahostel
View Kamar. Sumber : Ig @pesonaarthahostel

Pesona Artha Hostel merupakan penginapan bintang dua yang menjadi dambaan backpacker yang hendak menginap secara ramai-ramai. Guesthouse ini berkonsep sharing bed. Lokasinya berada pada daerah Jalan Malioboro yang menjadikan Pesona Artha Hostel sangatlah pas bagi Anda yang hendak menghabiskan banyak waktu di Malioboro, seperti meyusuri Pasar Beringharjo, Berbelanja di Mall Malioboro, bermain di Museum Benteng Vredeburg, atau berjalan kaki menuju titik nol.

Lokasi : Jl. Jlagran No.7c Pringgokusuman Gedong Tengen, 55272 Yogyakarta, Indonesia

Waktu check-in:24 Hours

Waktu check-out:12:00

Harga Per malam : Mulai Rp. 90.000

7. Deep Purple Homestay

View Kamar. Sumber : Penginapan.Net
View Kamar. Sumber : Penginapan.Net

Siapa yang tidak betah jika tempat tidurnya bersih, kamar mandinya wangi, dan semua perabotan yang ada tersusun rapi. Ya, meskipun sederhana, Deep Purple Homestay mengedepankan kebersihan dan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya. Masalah harga, jangan pertanyakan betapa ekonomisnya, mulai dai Rp. 50.000 anda bisa bermalam dengan nyaman dan senang.

Nama purple diambil dari tema homestay yang ungu. Berada dekat dengan alun-alun kidul, taman sari, dan banyak fasilitas umum penting lainnya, jangan ragu lagi jika ingin menginap di Deep Purple Homestay.

Lokasi : Jl. Gedongkiwo No.I/784, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DIY

Waktu Check-in : 24 Hours

Waktu Check-out : 24 Hours

Harga Per malam : Rp. 50.000 – Rp. 100.000

8. Venezia Garden Hotel Bintang 1

View Bedroom. Sumber Ig @veneziagardenhomestay
View Bedroom. Sumber Ig @veneziagardenhomestay

La Tropicana By Venezia Homestay. Hotel nyaman yang cocok bagi keluarga yang hendak menginap di Yogyakarta. Dan bagi anda yang sedang dinas atau ada urusan bisnis di Yogyakarta, tempat ini bisa jadi tempat singgah. Resepsionis siap 24 jam untuk melayani proses check-in, check-out dan kebutuhan Anda yang lain. WiFi tersedia di seluruh area publik properti .

Hotel bintang satu dengan fasilitas lengkap , nyaman dan memuaskan menurut sebagian besar tamu. Pilihan penginapan yang murah namun tetap elegan.

Lokasi : Jl. Surami No.855, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu Check-in & Check-out : 24 Hours

Harga Per malam : Mulai dari Rp. 230.000

9. Trava House

Trava House Bedroom. Sumber : Ig @travahouse
Trava House Bedroom. Sumber : Ig @travahouse

Sebuah penginapan yang ciamik dan instagramable, sangat cocok bagi kumpulan remaja yang suka berfoto-foto. Tempatnya sendiri sering disinggahi oleh turis mancanegara.

Lokasi : Ngadinegaran MJ 3 no. 45

Waktu Check-in & Check-out : 24 Hours

Harga Per malam : Rp. 180.000

10. Matakami Homestay

Matakami Homestay. Sumber : @matakamihomestay
Matakami Homestay. Sumber : @matakamihomestay

Desain elegan namun tetap terasa hommie, itulah kiranya yang coba diusung dalam Matakami Homestay. Sebenarnya Matakami Homestay merupakan rumah warga yang kemudian diubah menjadi sebuah homestay. Namun jangan salah, homestay ini seleranya para turis lho!

Lokasi :  Jl. Minggiran 57A, Mantrijeron, 55141 Yogyakarta

Harga Per malam : < Rp. 200.000

11. Puspa Jaya Homestay

Puspajaya Homestay. Sumber : @penginapan_puspajaya
Puspajaya Homestay. Sumber : @penginapan_puspajaya

Banyak orang sempat ragu dan tidak percaya dengan homestay satu ini, tidak lain karena harganya yang cuma Rp. 50.000 per malamnya. Terletak didaerah Malioboro, membuat homestay ini tdak hanya menang diharga namun juga dilokasinya.

Dengan jarak tempuh yang amat dekat ke Jalan Malioboro, Stasiun Yogyakarta, Titik Nol, Benteng Vedenbreug, dan banyak tempat lain disekitarnya, anda harus memperhitungkan tempat ini sebagai penginapan di Yogyakarta.

Lokasi : MJ I No.790, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142

Harga Per malam : Rp. 50.000

12. Rumah Roso Homestay

View Depan. Sumber : Ig @rumahrosohomestay
View Depan. Sumber : Ig @rumahrosohomestay

Sebuah properti yang didominasi oleh kayu, menciptakan kesan classic dan estetik. Rumah Roso Homestay menawarkan akomodasi dengan Wi-Fi gratis, AC, sofa jogja dan taman. Untuk memfasilitasi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, Rumah Roso Homestay menyediakan layanan sewa mobil. Sebuah penginapan murah di Jogja yang benar-benar memperhatikan pengunjungnya.

Jangan diragukan lagi kualitas dan keamanannya karena Rumah Roso Homestay telah berdiri dan menerima tamu sejak tahun 2015.

Lokasi :  Jl. Langenarjan Kidul No. 5B – Panembahan Kraton, Mantrijeron, Yogyakarta 55131

Harga Per malam : Mulai dari Rp. 100.000

13. Yez Yez Yez All Good Hostel

yez yez yez all good hostel. Sumber : trivago.co.id
yez yez yez all good hostel. Sumber : trivago.co.id

Hostel dengan selera para turis. Jika anda hendak menginap disana, anda akan bertetangga dengan turis yang juga sedang menginap di Yez Yez Yez All Good Hostel. Nama yang unik mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Hostel ini juga memberi fasilitas bagi kaum dewasa seperti kolam renang outdoor, bar, dan taman party.

Lokasi :  Jl. Prawirotaman MG III/509 , Mergangsan, Yogyakarta 55253

Harga Per malam : Mulai dari Rp. 165.000

14. Edu Hostel Jogja Bintang 1

View Bedroom Edu Hostel Jogja. Sumber : eduhostels.com
View Bedroom Edu Hostel Jogja. Sumber : eduhostels.com

Terkesan sangat siap menampung para pelancong yang singgah ke Yogyakarta dengan pesawat, Edu Hostel Jogja berjarak sekitar 8,5 Km dari Bandara Adi Sucipto dengan lima lantai dan 65 kamar siap huni. Di roof top, anda bisa menikmati cafe dan nongkrong di gazebo dengan pembuatan gazebo di Jogja yang paling handal.

Hotel bintang satu ini terbilang hotel nyaman dengan harga yang amat bersahabat. Jadi, anda tidak perlu pusing memikirkan biaya penginapan.

Lokasi : Jl. Letjen Suprapto No.17, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261

Harga Per malam : Mulai Dari Rp. 80.000

15. Hotel Parangtritis Bintang 1

Pantai Parangtritis dipesisir selatan Yogyakarta ini sepertinya sudah menjadi destinasi wisata wajib bagi turis dan wisatawan lokal yang bermain ke Yogyakarta. Namun, ternyata didekat Pantai Parangtritis terdapat sebuah penginapan ekonomis bernama Hotel Parangtritis.

Hotel dengan tiga lantai dan dua belas kamar ini bisa jadi tempat penginapan yang cocok bagi anda yang hendak mencari penginapan yang dekat setelah menikmati sunset di Pantai Parangtritis. Oh iya, hotel ini juga punya banyak promo lho.

Lokasi : Mancingan, Parangtritis Kretek, Bantul, Yogyakarta

Harga Per malam : Mulai dari Rp. 97.000

Nah, setelah melihat ulasan singkat dari 15 penginapan murah di Jogja ini, apakah Anda sudah menentukan hendak singgah kemana? semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang hendak berwisata dan menginap ke Yogyakarta. Terima kasih.

Leave a Comment