Home » Pantai » Misool Eco Resort, Penginapan Sejuk dan Ramah Lingukang

Misool Eco Resort, Penginapan Sejuk dan Ramah Lingukang

Banyak masyarakat Indonesia maupun asing yang menjadikan Raja Ampat sebagai tujuan berlibur. Salah satu destinasi terbaik di pulau Raja Ampat adalah dengan mengunjungi Misool Island yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya. Untuk menikmati Misool Trip di Misool Island Wisatawan dapat memilih akomodasi penginapan terbaik yang ada di sana, yaitu Misool Eco Resort. Lalu, apa saja pilihan fasilitas serta jenis kamar yang ada di sana? Tapi sebelum itu mari kita mengenal pulau misool dahulu.

Pulau Misool Bagian Raja Ampat

Misool Island merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau Misool berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan laut lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar termasuk paus. Berdasarkan sejarah bahwa Pulau Misool merupakan tempat yang didiami oleh Raja Misool. Raja Misool merupakan bagian dari Kerajaan Waigeo, yang dikarenakan konflik keluarga, akhirnya pecah menjadi 4 kerajaan besar, yakni Kerajaan Batanta yang mendiami Pulau Bantata, Kerajaan Misool yang mendiami Pulau Misool, dan Kerajaan Waigeo yang mendiami Pulau Waigeo, Kerajaan Salawati yang mendiami Pulau Salawati.

Luas Pulau Misool

Misool Island memiliki luas wilayah darat dan laut sekitar 2.034 km² dan dikelilingi pulau-pulau kecil tidak berpenghuni dan beberapa pulau belum memiliki nama.

Rute ke Pulau Misool

Untuk sampai ke Misool Island Wisatawan dapat menggunakan pesawat. Pilihlah rute penerbangan dari Jakarta atau Makassar menuju Sorong. Waktu tempuh dari Makassar ke Sorong selama 2 jam 20 menit sedangkan dari Jakarta ke Sorong selama 4 jam 5 menit. Kemudian Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kapal. Ada 2 opsi kapal yang dapat Wisatawan pilih yaitu untuk perjalanan cepat, Wisatawan dapat menggunakan kapal Cantika Lestari dengan biaya sebesar Rp 200.000 dengan estimasi perjalanan 4 s/d 5 jam. Sedangkan untuk kapal milik warga lokal biasanya biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 70.000 dengan estimasi waktu perjalanan 10 jam.

Keindahan Alam Pulau Misool

Pulau Misool bagaikan surga yang tersembunyi seperti Gili Sudak Lombok. Pulau Misool memiliki hamparan laut, pasir putih, beningnya air, deretan pepohonan hijau, dan hutan mangrove membuat siapa saja betah berlama lama Misool Island. Disini Wisatawan akan disuguhkan dengan pemWisatawanngan bawah air yang menakjubkan, dimana bawah lautnya menjadi hunian bagi 500 lebih jenis terumbu karang, 700 lebih jenis moluska, dan lebih dari seribu jenis ikan karang. Pemandangan diatas permukaan lautnya tidak kalah bagus dan menakjubkan, apalagi jika dilihat dari atas bukit atau tebing, pesona keindahannya akan membuat mata tidak bosan untuk memandangnya. 

Sumber Gambar @shopback.co.id

Keindahan lain dari Pulau Misool adalah bukitnya yang masih asri dengan pepohonan yang hijau, ditambah salah satu bagian pulaunya terdapat pantai yang berbuntuk love. Sehingga dari atas bukit ini sangat cocok sekali untuk melakukan momen foto prewedding atau foto bulan madu.

Misool Trip

Ada beberapa Misool Trip yang bisa Wisatawan nikmati, Trip yang paling terkenal adalah menyusuri keindahan bawah laut dengan aktivitas diving dan snorkeling. Dua aktivitas ini tentu menjadi favorit bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Misool. 

Bagi Wisatawan yang tidak terlalu mahir menyelam, jangan khawatir, ada beberapa opsi Misool Trip yang dapat Wisatawan lakukan. Wisatawan dapat menyewa boat trips untuk menikmati keindahan pulau. Wisatawan juga dapat menyewa kayak untuk menikmati suasana tenang di atas laut. Banyak resort ataupun warga lokal yang menyewakan fasilitas tersebut. Selain trip pantainya, opsi trip lainnya adalah dengan mengunjungi beberapa perkampungan penduduk setempat.

Salah satu lokasi menarik lainnya adalah sebuah tempat dimana terdapat misteri lukisan yang berusia sekitar 5 ribu tahun yang disebut Petroglyph. Lukisan ini berbentuk ikan, tangan manusia dan lain sebagainya. Lukisan ini didominasi oleh warna merah. Lokasinya agak tersembunyi di dalam labirin dari berbagai laguna serta bebatuan karst. Misool trip menarik lainnya adalah Puncak Harfat. Letak Puncak Harfat tidaklah jauh dari Misool Island. Puncak Harfat terkenal sebagai salah satu spot foto terbaik di Raja Ampat.

Misool Eco Resort

Memilih akomodasi terbaik ketika liburan tentu dilakukan setiap orang. Bagi Wisatawan yang ingin mendapatkan penginapan terbaik di Pulau Misool, Misool Eco Resort menjadi jawabannya. Resort ini terletak diantara pulau tidak berpenghuni, jadi ini tentu akan menjadi pilihan tepat ketika Wisatawan menginginkan lokasi yang tenang dan masih alami. Untuk mencapai resort ini setelah sampai di kota Sorong Wisatawan dapat menaiki kapal ferry menuju Waisai. Sesampainya di sana, staff resort akan menjemput Wisatawan di pelabuhan dan mengantarkan Wisatawan menuju resort.

Fasilitas yang tersedia di Misool Eco Resort yang bisa dimanfaatkan oleh Wisatawan saat menginap. Diantaranya sarapan gratis, sarapan prasmanan, restoran, pantai yang cantik, penjemputan penumpang di dermaga waisai, layanan cuci pakaian sampai hotel yang bebas rokok. Selain itu, tersedia ruangan kamar juga dilengkapi dengan ac dan mini bar. Mengenai jenis kamar sendiri terdapat empat jenis yang ditawarkan yaitu kamar dengan view laut yang eksotis, kamar bebas rokok, suite room, dan ruang keluarga.

North Lagoon and South Beach

Ada banyak pilihan cottages dan villa yang ditawarkan oleh Misool Resort di Pulau Misool. Di bagian utara terdapat North Lagoon dengan beberapa pilihan cottage dan villa, yaitu water cottages, villa utara, villas nasnoos and wakachom, dan villa tabisasu. Sementara untuk bagian selatan terdapat villa waya biru, villa moro laiyn, villa kalanme, villa santai, dan villa tenang.

Suasana Penginapan

Bagi Wisatawan yang berencana menginap di Misool Eco Resort ada 2 pilihan yang bisa Wisatawan pilih, yakni jika Wisatawan ingin menikmati sensasi diving dan snorkeling yang luar biasa, North Lagoon akan menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan, jika Wisatawan yang ingin menikmati suasana yang tenang dan hening, Wisatawan dapat memilih villa di bagian pantai selatan (South Beach).

Selain terkenal dengan spot divingnya yang luar biasa, ada berbagai wisata menarik yang ditawarkan oleh Misool Eco Resort yang bisa Wisatawan coba, seperti mengunjungi penangkaran kura-kura. Selain penangkaran kura-kura, Wisatawan juga dapat menikmati menjelajah beberapa laguna menakjubkan yang berlokasi 30 menit dari resort. Pengalaman menarik lainnya adalah Wisatawan dapat belajar memasak masakan khas Indonesia di Indonesian cooking class yang diadakan oleh Misool Resort.

Ranger Misool Foundation

Dibalik keindahan pantai, permukaan laut, dan bawah laut di Pulau Misool dilakukan perawatan dan penjagaan oleh Ranger Misool Foundation. Dimana yayasan tersebut berkomitmen untuk menjaga pantai lokal yang merupakan tempat bersarang bagi para Penyu Hijau dan Penyu Hawksbill yang terancam punah. Sebab itu, Penyu Hijau dan Penyu Hawksbill dapat hidup bebas di pulau ini tanpa merasa khawatir terhadap pencemaran lingkungan dan penangkapan liar. Dimana lagi Wisatawan akan melihat Penyu Hijau dan Penyu Hawksbill, kalau tidak di pulau ini.

Itulah ulasan mengenai keindahan Misool Island (Pulau Misool) yang Kami berikan untuk Wisatawan. Tunggu apalagi segera kunjungi Pulau Misool dengan sejuta keindahan alam baik di permukaan hingga bawah lautnya. Jangan lupa untuk memilih akomodasi terbaik pulau di Misool Eco Resort. Serta temukan pengalaman Misool Trip menarik dan memanjakan diri Wisatawan dengan pesona alam yang ada di Pulau Misool.

Leave a Comment