Home » Sejarah » Taman Prestasi Surabaya, Tempat Liburan Keluarga

Taman Prestasi Surabaya, Tempat Liburan Keluarga

Surabaya terkenal memiliki sejumlah tempat wisata bersejarah yang dapat Anda kunjungi ketika pergi kesana. Selain tempat bersejarah, Surabaya memiliki sejumlah taman yang juga dijadikan tempat berwisata karena memiliki sejumlah keunikan masing-masing. Selain Tugu Pahlawan Surabaya yang menjadi landmark, Taman Prestasi Surabaya juga bisa anda kunjungi.

Taman Prestasi Surabaya merupakan salah satu taman yang banyak dikunjungi karena memiliki sejumlah fasilitas menarik yang bisa dicoba di sana dan juga lokasinya yang berada di tengah kota sehingga mudah untuk dijangkau. Karena itu jika anda mengunjungi Surabaya jangan lupa untuk mengunjungi taman ini.

Tentang Taman Prestasi Surabaya

Taman Prestasi Surabaya
Suasana Taman Prestasi Surabaya. Sumber Hargatiket.Net

Taman Prestasi Surabaya memiliki luas sekitar 6000 m² dan memiliki suasana asri karena terdapat banyak jenis tanaman, pohon-pohon, dan juga rumput. Taman ini mulai dibangun pada tahun 1992 dan diresmikan tahun 1995 oleh Nyonya Basofi Sudirman yang merupakan istri Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998.

Nama “prestasi” dari taman prestasi sendiri kemungkinan berasal dari terdapatnya sejumlah replika penghargaan yang ditempatkan di beberapa titik taman, salah satunya penghargaan Kota Raya Terbersih 1992 dan Wahana Tata Nugraha 1992.

Taman Prestasi Surabaya berada disebelah Sungai Kalimas, sehingga Anda juga bisa menikmati keindahan sungai sembari bersantai. Bila beruntung, Anda juga dapat melihat beberapa pendayung yang sedang berlatih melewati Sungai Kalimas.

Dari Taman Prestasi Surabaya Anda juga dapat melihat bagian belakang Gedung Grahadi. Pada masa Belanda bagian belakang tersebut merupakan bagian depan dari gedung tersebut. Pada masa itu, sarana transportasi menuju gedung menggunakan perahu untuk menyebrangi sungai.

Fasilitas Menarik Taman Prestasi Surabaya

Taman Prestasi Surabaya
bersantai di Taman Prestasi. Sumber SurabayaBerita.Com

Taman Prestasi memiliki sejumlah fasilitas menarik yang dapat Anda coba ketika berkunjung kesana.

1. Sarana Permainan Anak

Taman Prestasi memiliki sejumlah permainan anak yang tersebar di beberapa titik taman. Sarana bermain anak yang ada di Taman Prestasi Surabaya, diantaranya, ayunan, prosotan, jungkat jungkit, dan komidi putar. Fasilitas bermain anak yang cukup lengkap menjadikan taman ini menjadi salah satu favorit bagi para keluarga untuk dikunjungi, terutama pada akhir pekan.

2. Panggung Terbuka dan Panggung Hiburan

Taman fenomenal ini memiliki fasilitas dua buah panggung, yaitu panggung terbuka dan panggung hiburan. Panggung terbuka memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan bentuk lingkaran yang agak rendah dan dikelilingi tempat duduk di sekelilingnya. Panggung terbuka sering dijadikan sebagai tempat bersantai.

Sedangkan, panggung hiburan memiliki posisi yang lebih tinggi dan dilengkapi dengan tangga seperti panggung hiburan pada umumnya. Panggung hiburan ini sering dijadikan tempat pertunjukan dan perlombaan, seperti lomba menyanyi atau pertunjukan musik dangdut.

3. Broadband Learning Center (BLC)

Broadband Learning Center (BLC) Taman Prestasi Surabaya merupakan tempat yang digunakan untuk pembelajaran TIK dan Internet. Tempat ini sering dikunjungi oleh para siswa-siswi di Surabaya untuk melakukan pembelajaran TIK. Di sini juga sering diadakan pelatihan dan seminar UKM.

Dengan hanya datang, menerima paket seminar kit dan duduk mendengarkan ulasan pembicara para pengusaha UKM antusias untuk menambah ilmu dalam wiraswasta. Tidak hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi, tempat ini juga terbuka bagi warga umum secara gratis.

BLC dikelola oleh Diskominfo Surabaya dan merupakan produk Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Indonesia Divisi Regional V Jawa Timur.

4. Perahu Wisata Kalimas

Karena letak taman ini berada disebelah Sungai Kalimas, maka di sini terdapat fasilitas untuk menaiki perahu wisata dengan berkeliling menyusuri Sungai Kalimas. Untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung usia 2 tahun ke atas akan dikenakan biaya karcis sebesar Rp 4.000 per orang.

5. Monumen Pesawat Bomber dan Patung Selamat Datang

Sebuah Monumen Pesawat Bomber B-26 Intruder bisa anda temukan di bagian timur taman tepatnya dekat dengan pintu yang mengarah ke Sentra PKL Ketabang Kali. Monumen ini diresmikan pada 19 Juli 2006 oleh Walikota Surabaya Periode 2000-2010 Bambang Dwi Hartono.

Anda dapat mengambil foto berlatar belakang monumen pesawat ini. Selain monumen pesawat, taman ini juga memiliki patung selamat datang berbentuk Petruk kembar dengan tinggi kurang lebih 2 meter.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Taman Prestasi Surabaya buka pada hari Senin-Minggu, mulai pukul 09.00-18.00 WIB. Untuk tiket masuk sendiri, Anda tidak akan dikenakan biaya atau gratis.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Prestasi

Taman Prestasi Surabaya berlokasi di Jalan Ketabang Kali, No. 6, Surabaya, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa menggunakan bus dari kota asal Anda untuk menuju kota Surabaya dan turun di terminal Bungurasih.

Dari terminal Bungurasih Anda kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus kota menuju terminal Joyoboyo. Dari terminal Joyoboyo Anda bisa menaiki bus kota yang melewati jalan Yos Sudarso dan minta kepada sopir bus untuk turun di tempat terdekat dengan taman.

Taman Prestasi Surabaya
Keasrian Taman Prestasi Surabaya. Sumber DolanDolen.Com

Dengan berbagai sarana penunjang yang cukup memadai, tentu akan sangat disayangkan apabila Anda tidak mengunjungi taman ini ketika pergi ke kota Surabaya. Selain dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di Taman Prestasi Surabaya, Anda juga dapat menikmati keindahan Sungai Kalimas.

Semoga Artikel ini bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik dari kami lainnya tentang kampug Melo Labuan Bajo, hanya di website ini. Anda juga bisa membagikan artikel ini melalui akun media sosial anda jika dirasa bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment