Pusuk Sembalun, Taman Wisata Lombok yang Begitu Menawan

Lombok menjadi salah satu pulau di Indonesia yang menjadi surga bagi para penikmat keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Berbagai tempat wisata bermunculan dan dikembangkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Salah satu tempat wisata yang tengah hits dan populer adalah Taman Wisata Pusuk Sembalun.

Kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan wilayah dataran tinggi, yakni sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Maka dari itu, taman wisata yang satu ini menawarkan udara yang sangat segar dengan keindahan alam yang masih sangat rimbun. Nuansa yang dihadirkan di kawasan ini pun sangat alami dan permai.

Pusuk Sembalun sumber ig @arasy3scd
Pusuk Sembalun sumber ig @arasy3scd

Kawasan yang tinggi sangat identik dengan suhu udara yang begitu rendah dan sangat dingin. Bahkan, suhu udara di kawasan ini bisa mencapai 7 derajat celsius ketika suhu normal di musim kemarau. Adapun pada musim hujan, suhu udara bisa mencapai sekitar 20 derajat celcius.

Pesona Pusuk Sembalun Lombok

Pusuk Sembalun sendiri berasal dari Bahasa Sasak. Kata “Pusuk” berarti “Puncak”, sehingga Pusuk Sembalun berarti Puncak Sembalun. Di kawasan Pusuk Sembalun, wisatawan dapat menikmati keindahan Gunung Rinjani yang begitu mempesona dengan hutannya yang lebat dan nampak masih sangat alami. Penduduk setempat bersama pemerintah daerah pun akhirnya menyediakan area khusus untuk tempat pandang, sehingga wisatawan bisa menyaksikan pemandangan alam nan indah dengan cara sudut yang sempurna.

Keindahan alam di Taman Wisata Pusuk Sembalun ini memang sangat luar biasa. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan hamparan pegunungan yang diselimuti oleh pepohonan yang sangat rimbun. Selain itu, karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, di kawasan ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang begitu curam dan menakjubkan. Belum lagi perbukitan, lembah, peternakan, dan pegunungan. Semua unsur di kawasan ini sangat mendukung untuk menampilkan keindahan alam yang sangat mempesona.

Pusuk Sembalun sumber ig @ahmad.robby
Pusuk Sembalun sumber ig @ahmad.robby

Ketika berkunjung ke taman ini, Anda juga harus bersiap-siap untuk berhati-hati. Sebab, di kawasan ini terdapat cukup banyak monyet liar. Berbagai perlengkapan yang Anda bawa harus bisa Anda amankan dari gangguan monyet liar ini. Akan lebih baik jika Anda juga menyiapkan beberapa makanan untuk bisa diberikan kepada monyet, sehingga barang Anda akan aman dan tidak direbut.

Lokasi dan Rute Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun ini terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani di Jalan Wisata Gg. Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk mempermudahkan dalam perjalanan, Anda bisa mengecek lokasi google mapsnya dengan klik di sini.

Rute untuk bisa menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun ini, dari ibu kota Lombok atau Kota Mataram, Anda harus menuju Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu. Jarak yang harus Anda tempuh adalah sekitar 82,30. Maka dari itu, untuk menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun ini melalui Kota Mataram, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 10 menit. Untuk rute atau jalur terbaik untuk menuju Taman Wisata ini, Anda bisa memilih Jalan Mataram Raya – Labuan Lombok.

Jarak antara Taman Wisata Pusuk Sembalun dengan tempat wisata lainnya sekitar 15 kilometer, sehingga area ini sering menjadi spot yang tepat untuk bersantai. Namun karena keindahan alamnya yang sangat mempesona dan memukau, maka taman wisata ini menjadi semakin populer di kalangan para traveller.

Terdapat dua rute yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke kawasan taman wisata ini. Jika Anda berangkat dari Mataram, maka rute jalur timur memang lebih cepat dan lebih dekat. Waktu tempuh melalui rute ini adalah sekitar 2,5 jam perjalanan. Namun, rute ini tidak menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, hanya berupa terasering sawah saja.

Pusuk Sembalun sumber ig @ruminingrumi
Pusuk Sembalun sumber ig @ruminingrumi

Jika Anda berangkat melalui rute utara, jarak tempuhnya memang agak jauh. Namun, itu semua akan terbayarkan dengan adanya berbagai spot singgahan yang cukup menarik. Deretan pantai utara, rumah tradisional Bayan, Masjid kuno Bayan, serta desa cagar budaya bisa Anda jadikan tempat singgahan yang sangat menarik.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Taman Wisata Pusuk Sembalun

Untuk bisa mampir beristirahat atau memang bertujuan untuk menikmati liburan di taman ini, Anda cukup membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000 saja. Biaya retribusi ini akan dipergunakan untuk pengadaan fasilitas yang lebih lengkap, perawatan tempat wisata, serta penjagaan kebersihan. Dengan dana yang sangat terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan taman wisata yang sangat unik ini.

Meskipun Taman Wisata Pusuk Sembalun tergolong baru, namun kawasan taman wisata ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Berbagai fasilitas pun akhirnya semakin ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pengunjung.

Fasilitas di taman ini di antaranya adalah spot foto yang sangat menarik dan mempesona, area parkir yang luas, toilet umum, warung makan, serta adanya sejumlah petugas untuk menjaga keamanan serta kebersihan kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun. Yang paling populer dari taman wisata ini adalah spot fotonya yang sangat menawan dan mengesankan. Dengan menaiki berbagai bukit yang ada di Pusuk Sembalun, Anda akan mendapatkan sejumlah spot foto dengan background yang sangat mempesona dan instagramable. Selain itu, juga ada sejumlah properti yang disediakan untuk mempercantik hasil jepretan Anda.

Pusuk Sembalun sumber ig @kakikecil_
Pusuk Sembalun sumber ig @kakikecil_

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk mengisi liburan dengan berkunjung ke Pulau Lombok. Salah satu destinasi wisata terbaik yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Wisata Pusuk Sembalun. Selain itu, tempat wisata yang satu ini telah banyak dijadikan sebagai tempat singgahan ketika melakukan perjalanan menuju berbagai tempat wisata lainnya.

Demikian ulasan kami mengenai panorama keindahan alam Taman Wisata Pusuk Sembalun Pulau Lombok, NTB. Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda. Jika berkenan, jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, sebagai bentuk support kecil untuk kemajuan wisata Indonesia. Terima Kasih (GoTripIna)

Leave a Comment